Agar Aplikasi Kartu Kredit Anda Goal

Mungkin Anda mendengar dari rekan kerja Anda, betapa menguntungkannya memiliki kartu kredit hingga akhirnya Anda ingin memilikinya juga. Namun tentu saja, untuk mendapat kartu kredit tidak bisa semudah membalikkan telapak tangan. Seperti yang kita ketahui, bank memiliki sistem dimana orang yang hendak mengajukan kredit (termasuk kartu kredit) akan diperiksa mengenai kemampuannya dalam membayar kredit tersebut atau sering kita dengar sebagai 5C. Hal tersebut adalah sistem umum yang sering dijumpai. Akan berbeda jika ternyata bank memiliki sistem lain yang benar-benar berbeda atau mungkin ada beberapa tambahan dalam sistem yang umum tersebut. Semuanya tergantung pada bank dimana Anda menjadi nasabah.

Sebagai pengingat, sistem 5C dalam kredit tersebut adalah :

Character adalah data tentang kepribadian dari calon pelanggan seperti sifat-sifat pribadi, kebiasaan-kebiasaannya, cara hidup, keadaan dan latar belakang keluarga maupun hobinya. Character ini untuk mengetahui apakah nantinya calon nasabah ini jujur berusaha untuk memenuhi kewajibannya dengan kata lain ini merupakan willingness to pay.

Capacity merupakan kemampuan calon nasabah dalam mengelola usahanya yang dapat dilihat dari pendidikannya, pengalaman mengelola usaha (business record) nya, sejarah perusahaan yang pernah dikelola (pernah mengalami masa sulit apa tidak, bagaimana mengatasi kesulitan). Capacity ini merupakan ukuran dari ability to play atau kemampuan dalam membayar.

Capital adalah kondisi kekayaan yang dimiliki oleh perusahaan yang dikelolanya. Hal ini bisa dilihat dari neraca, laporan rugi-laba, struktur permodalan, ratio-ratio keuntungan yang diperoleh seperti return on equity, return on investment. Dari kondisi di atas bisa dinilai apakah layak calon pelanggan diberi pembiayaan, dan beberapa besar plafon pembiayaan yang layak diberikan.

Collateral adalah jaminan yang mungkin bisa disita apabila ternyata calon pelanggan benar-benar tidak bisa memenuhi kewajibannya. Collateral ini diperhitungkan paling akhir, artinya bilamana masih ada suatu kesangsian dalam pertimbangan-pertimbangan yang lain, maka bisa menilai harta yang mungkin bisa dijadikan jaminan.

Condition, pembiayaan yang diberikan juga perlu mempertimbangkan kondisi ekonomi yang dikaitkan dengan prospek usaha calon nasabah. Ada suatu usaha yang sangat tergantung dari kondisi perekonomian, oleh karena itu perlu mengaitkan kondisi ekonomi dengan usaha calon pelanggan.

Nah, agar aplikasi kartu kredit Anda dapat goal atau bahkan segera goal, berikut beberapa tips yang bisa Anda ikuti.

Jika sebelumnya Anda bukan merupakan seorang nasabah pada satu bank, Anda bisa mencari informasi bank mana yang mungkin persyaratannya lebih gampang dibanding dengan bank lain. Atau mungkin Anda memiliki rekanan yang kebetulan bekerja di bank tersebut, akan menguntungkan karena Anda tidak akan canggung meminta informasi sebanyak mungkin, misalnya.

Atau, Anda bisa mencoba pada bank dimana Anda digaji oleh perusahaan (rekening payroll). Dengan mengajukan kartu kredit pada bank tempat Anda menerima gaji, maka akan memberikan sedikit gambaran tentang bagaimana Anda mengelola keuangan Anda per-bulannya dengan melihat pada catatan debit-kredit tabungan Anda. Jika memang track record Anda bagus, tentu akan lebih membuat bank percaya pada kemampuan Anda membayar nantinya dan bank-pun akan menjadi senang hati untuk menerima permohonan kartu kredit Anda.

Jika sudah diterima, jangan lupa untuk selalu berhati-hati ketika menggunakan kartu kredit tersebut. Gunakan dengan sebaik dan sebijak mungkin. Anda bisa menggunakannya dengan batasan sesuai dengan kemampuan Anda. Apalagi jika Anda pengguna baru kartu kredit. Jangan sampai Anda menggunakan kartu kredit melebihi batas limit yang ditentukan.

Yang namanya hutang, semua jenis hutang tentu harus dibayar tepat waktu dan jumlahnya. Ketika Anda tidak melakukan pembayaran dengan baik dan sesuai dengan peraturan peminjam tentu Anda akan terkena denda dan ‘hukuman’ lain. Hukuman tersebut bisa saja kartu kredit yang Anda miliki ditutup dan itu menjadi catatan buruk perjalanan kredit Anda. Dan hal tersebut mungkin berakibat pada pengajuan kredit Anda selanjutnya yang mungkin menghambat.

So, persiapkan 5C menurut Anda sendiri sebelum mengajukannya pada bank. Good luck!

|

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *