9 Tips Menumbuhkan Bisnis

Berbagai tips mengenai bisnis sudah anda temukan di dalam website ini. Anda tentu sudah memulai bisnis anda bukan? Atau barangkali anda masih dalam tahap merencanakan bisnis dengan matang supaya tujuan keuangan anda bisa tercapai dengan semestinya.

Baca: Membuat Business Plan

Lewat artikel ini kami akan membagikan informasi kepada anda yang sudah memulai bisnis anda. Pada hakikatnya bisnis yang anda jalankan ini tidak boleh berhenti tanpa berkembangan, bisnis harus tetap tumbuh untuk mendatangkan berbagai macam kebaikan bagi anda.

Untuk bisa meraih sukses dalam bisnis hari-hari ini, anda perlu untuk memiliki planning yang baik sekaligus fleksibel ketika menghadapi hal-hal yang tak terduga. Selain itu anda juga perlu memiliki kemampuan mengorganisasi yang baik. Banyak orang memulai bisnis dengan berpikir bahwa mereka akan menyalakan komputer atau akan membuka pintu kantor (atau rumah) dan uang akan datang kepada mereka. Padahal seperti yang kita tahu, mendapatkan uang dari bisnis tidak semudah dari yang kita bayangkan. Anda bisa menghindari ini dalam perjalanan bisnis anda dengan menyisihkan waktu anda untuk merencanakan pertumbuhan bisnis melalui langkah yang perlu anda ambil. Apa saja langkah tersebut? Selamat membaca uraian berikut ini.

Baca Juga:

  1. Bangunlah keteraturan

Untuk mencapai kesuksesan dalam bisnis, anda perlu menjadikan diri anda teratur terlebih dahulu. Teratur di sini bukan sekadar bangun pagi dan menjalankan rutinitas saja, tetapi lebih kepada bagaimana anda mengatur dengan rinci hal yang akan anda lakukan setiap harinya. Pengorganisasian seperti ini akan membantu anda untuk menyelesaikan tugas dan mampu mengontrol setiap langkah yang sudah selesai anda lakukan. Cara yang baik untuk membangun keteraturan ini adalah dengan membuat to-do list; daftar pekerjaan yang perlu anda lakukan. Setiap anda selesai melakukannya, berilah tanda centang. Cara demikian akan memastikan bahwa anda tidak akan melupakan apapun hal yang perlu anda kerjakan. Setiap kali anda menyelesaikan to-do list dalam satu hari, yakinkan diri anda bahwa ini adalah jalan yang tepat untuk meraih sukses dalam bisnis anda.

  1. Merekam hal-hal detail

Dalam dunia media massa, informasi yang detail adalah salah satu yang membuat sebuah perusahaan media massa dipandang secara kredibel oleh audiens. Berbagai macam hal dilakukan untuk memperoleh detail itu. Harian Kompas, misalnya, memiliki bagian sendiri untuk mengarsipkan berita baik dari harian itu sendiri maupun dari harian lain. Data itu kelak digunakan untuk dicantumkan dalam berita supaya kedetailan itu menjadi nilai plus dibanding dengan media lainnya.

Begitu pula dalam perjalanan sebuah bisnis. Semua bisnis yang telah sukses kita yakini memiliki rekaman yang mendetil soal apa saja yang mereka lakukan. Dengan tetap menjaga kedetailan yang ada, anda akan tahu pada bagian mana sebuah bisnis mencapai keuntungan yang tinggi. Sebaliknya, anda juga akan tahu pada bagian mana anda harus bekerja lebih keras untuk menghadapi halangan bisnis anda. Hanya dengan mengetahui catatan ini dengan detail, anda akan mendapatkan waktu yang cukup untuk membangun strategi bisnis yang mengantarkan anda menjadi orang besar dengan bisnis yang terus saja bertumbuh.

  1. Analisislah perjalanan kompetisi bisnsis anda

Kompetisi seringkali dianggap tidak baik karena mendorong orang untuk mengambil jalan pintas untuk bisa memenangkannya. Namun kita coba melihat dari sisi positifnya, bahwasanya memang kompetisi atau persaingan ini memang mendatangkan hasil yang luar bisa. Untuk menjadi sukses anda tak boleh takut untuk belajar dan bertanya kepada kompetitor anda. Barangkali kompetitor anda memang memiliki sejumlah strategi yang baik untuk anda terapkan dalam bisnis anda. Anda tidak perlu mencontoh semuanya, tapi jadikan itu sebagai inspirasi, jadi dorongan untuk memanen kekayaan dengan lebih banyak.

  1. Pahami risiko dan ganjaran

Salah satu kunci untuk menjadi sukses adalah menghitung dengan tepat risiko yang perlu anda hadapi untuk membantu bisnis anda tetap tumbuh. Jangan sampai salah hitung risiko, karena nyali besar menjadi tak berarti ketika anda lalai dalam menghitung risiko bisnis ini. Pertanyaan untuk mengawali pemahaman ini adalah ?pa sisi negatifnya??Ketika anda bisa menjawab pertanyaan ini, maka sebenarnya anda telah tahu apa hal terburuk dari beberapa skenario yang anda ciptakan. Pengetahuan anda soal ini akan membawa anda kepada penghitungan risiko yang tepat. Penghitungan ini akan menghasilkan manfaat yang luar biasa dalam bisnis yang anda tekuni.

  1. Berpikirlah kreatif

Ada petuah dari orang besar mengatakan ?ogika akan membawa anda pada satu langkah di depan. Sedangkan imajinasi akan membuat anda pergi ke mana-mana.?Pesan ini tak bermaksud untuk mengesampingkan logika dalam hidup, tetapi mengajak kita untuk menggunakan imajinasi untuk membuat hidup kita segar.

Begitu juga dalam bisnis, anda perlu menggunakan imajinasi paling liar yang anda miliki untuk bisa mengerjakan sesuatu dengan kreatif. Anda perlu mencari berbagai macam cara untuk meningkatkan bisnis anda membuat perusahaan anda bisa berdiri di atas kompetisi yang ada. Sadarilah bahwa diri anda tidak mungkin mengetahui segalanya. Maka bukalah pikiran anda terhadap semua ide baru yang datang, lantas pilihlah mana yang bisa anda gunakan untuk menumbuhkan bisnis anda.

  1. Tetaplah fokus

Ada pepatah dari dunia barat yang mengatakan ?ome was not built in a day.?Rome ini adalah sebuah kota di negara Vatikan yang megah dan merupakan salah satu yang dianggap sebagai sebuah budaya tinggi yang diciptakan oleh manusia. Tempat megah tersebut tidak dibangun dalam satu hari. Lantas apa kaitannya dengan pertumbuhan bisnis?

Anda tidak akan secara otomatis menghasilkan uang setelah anda selesai membangun sebuah bisnis. Artinya anda harus melakukan hal lain juga untuk membuat bisnis anda bertumbuh. Misalnya anda harus membuat orang lain mengetahui siapa diri anda. Maka dari itu tetaplah fokus pada tujuan jangka pendek hingga menengah anda dan berikan jeda pada waktu yang tepat.

Baca: Membangun Personal Brand

  1. Persiapkan ?engorbanan?diri anda

Kita tentu masih ingat kata-kata ?idup adalah perjuangan, dan setiap perjuangan butuh pengorbanan.?Untuk meraih sesuatu dalam hidup kita, memang selalu ada sesuatu yang kita korbankan, misalnya, kenyamanan, waktu istirahat, waktu bermain, dan sebagainya.

Membangun sebuah bisnis bukan perkara mudah, memang diperlukan kerja keras dan kepercayaan diri yang tinggi. Namun setelah anda ?embuka pintu?bisnis anda, sebenarnya pekerjaan berat baru akan dimulai. Dalam banyak kasus, anda memang harus mengalokasikan waktu lebih banyak daripada ketika anda bekerja pada orang lain alias menjadi pegawai. Pada kenyataannya memang anda perlu menyiapkan pengorbanan beberapa hal dalam hidup anda, termasuk misalnya waktu untuk keluarga dan teman. Namun jangan lupa, setelah anda sudah mulai menemukan ritme bisnis anda, cobalah untuk mulai membangun keseimbangan antara hidup dan bisnis anda.

Baca: 7 Tips Menyeimbangkan Kehidupan dan Bisnis

  1. Sediakan pelayanan yang baik

Seorang maestro fotografer di Indonesia pernah berkata bahwa jika anda ingin membeli kamera, pilihlah merek yang sudah terkenal di Indonesia maupun luar negeri. Mengapa? Menurutnya kualitas kamera tersebut pasti sudah bagus. Perusahaan kamera akan mempertaruhkan nama baiknya kalau mereka meluncurkan barang yang buruk di pasaran.

Masalahnya, bisnis bukan soal mutu dan kualitas barang saja, tetapi ada hal lain yang tak kalah penting: pelayanan pelanggan. Banyak perusahaan besar yang lupa untuk menekankan betapa pentingnya bagian customer service dari perusahaan mereka. Bagian ini tidak hanya perlu mendengar apa saja keluhan konsumen, tetapi menanggapi mereka dan memberikan edukasi yang baik. Ketika anda memberikan pelayanan yang baik kepada pelanggan anda, mereka akan kembali kepada anda suatu saat ketika anda membutuhkan produk yang anda tawarkan.

  1. Jadilah konsisten

Ada cara yang unik untuk menghancurkan sebuah batu, yaitu dengan menaruhnya di bawah genting. Ketika air hujan yang berupa tetesan itu menetes dari genting dan secara terus menerus mengenai batu, batu itu akan hancur. Itulah konsistensi.

Konsistensi adalah kunci penting untuk menuai kekayaan dari bisnis anda. Ketika anda secara konsisten tetap melakukan hal yang diperlukan, meskipun kecil, anda akan mencapai kesuksesan dari sana suatu hari nanti. Konsistensi kita dalam berperilaku juga akan menghasilkan kebiasaan positif yang akan mendatangkan kekayaan jangka panjang dari bisnis yang kita jalani. Selain itu, kita bisa menginspirasi orang lain. Bukankah hidup itu memang untuk saling berbagi?

Sembilan tips menumbuhkan bisnis telah kami sampaikan kepada anda. Memang harus diakui membangun dan menjalankan bisnis yang sukses memang bisa menguntungkan sekaligus menantang. Kesuksesan yang akan anda raih itu mensyaratkan fokus, disiplin, dan ketekunan yang tinggi. Bagaimanapun, kesuksesan memang tidak datang dalam semalam, anda harus berjuang dalam waktu lama untuk menghadapi orang lain dan lingkungan anda.