8 Trik Jitu Memikat Hati Konsumen

Memiliki konsumen yang banyak dan berkesinambungan tentu saja menjadi impian setiap pengusaha, baik bagi pengusaha yang telah berjalan lama apalagi bagi pengusaha yang baru berjalan. Terpikatnya hati konsumen menjadi sangat penting karena bergantung pada penjualan dan penjualan tersebut tentu akan berimplikasi terhadap keberlangsungan perusahaan karena keuntungan yang didapat.

Sebenarnya, menarik minat konsumen bisa dibilang gampang-gampang susah. Mungkin keberuntungan Anda juga bergantung pada hal tersebut. Namun, sebagai pengusaha tentu saja tidak bisa hanya bergantung pada keberuntungan semata, melainkan semuanya harus serba terecana dan dapat dijalankan sesuai rencana tersebut hingga akhirnya mendapat keuntungan dan memajukan perusahaan. Nah, bagaimana caranya? Berikut beberapa tips yang bisa Anda jadikan referensi agar produk Anda bisa menarik dimata pelanggan.

Mulai dari kemasan.¬†Kemas produk Anda dengan baik. Dari mulai tempat yang ditata dengan rapi dan bersih, kemasan untuk produk yang juga baik hingga desain yang menarik. Karena kesan pertama juga penting. Ketika melihat kemasan yang cantik, pelanggan juga akan tertarik untuk mencoba apa yang ada didalamnya. Dan jika memang semenyenangkan seperti yang terlihat maka tidak ada alasan bagi konsumen untuk membelinya lagi. So, kemaslah produk Anda sebaik mungkin untuk menciptakan kesan yang sebaik mungkin. ūüėČ

Memberi reward. Banyak perusahaan yang menawarkan bonus fantastis di awal untuk menarik pelanggan. Namun setelah bonus itu habis, pelanggan juga ikut lenyap. Carilah pendekatan lain dengan cara memberi hadiah berupa potongan harga atau bonus pada pelanggan setia Anda. Walau tidak besar, pemberian hadiah semacam ini akan menyenangkan pelanggan dan membuat mereka kembali pada Anda.

Mengucapkan terima kasih. Seorang pelanggan sangat senang diperlakukan ramah. Ketahuilah bahwa setiap pelanggan yang datang harus diperlakukan seperti seorang raja atau ratu. Untuk itu, coba perlakukan mereka dengan ramah dan layani dengan baik. Salah satu cara yang bisa Anda lakukan adalah mengucapkan terima kasih usai melakukan transaksi di toko. Pelanggan yang diperlakukan ramah biasanya akan merasa senang dan setia pada Anda.

Mendengarkan keluhan mereka. Mendapatkan kritikan dan saran dari para pelanggan merupakan hal yang biasa. Namun, Anda tak boleh tersinggung pada apa yang dikatakan mereka. Anda harus bisa mendengarkan segala keluhan mereka. Kritik dan saran dari mereka bisa memperbaiki usaha yang dijalani.

Empati. Berempati dengan pelanggan menunjukkan Anda respek dan perhatian pada mereka. Sikap empati akan membuat hubungan bisnis dan kepercayaan pelanggan meningkat.

Mengucapkan terima kasih. Bayangkan jika Anda berbelanja di toko lalu setelah melakukan pembayaran si kasir langsung berpaling pada pelanggan lain tanpa mengucapkan terima kasih pada Anda? Mungkin Anda tersinggung, kesal dan malas berbelanja di toko itu lagi. Hal ini mempengaruhi kelancaran bisnis Anda. Jika tak ingin pelanggan lari, maka Anda harus selalu mengucapkan terima kasih. Pelayanan yang baik dan ramah pada pelanggan membuat mereka senang dan setia pada kita.

Dengar dan pelajari. Mendapat saran atau kritik dari pelanggan adalah hal biasa. Anda tidak boleh tersinggung dan harus mau mendengarkan keluhan mereka. Siapa tahu saran atau kritik tersebut membangun dan bisa memperbaiki usaha Anda.

Cintai pelanggan Anda. Kadang kita terlalu fokus pada keuntungan dan melupakan kepuasan pelanggan. Perlakukan mereka seperti teman. Jika Anda sudah mencintai pelanggan, maka secara tidak langsung Anda akan memberi pelayanan yang baik pula. Dari sana makin banyak pelanggan yang puas dengan pelayanan Anda. Otomatis keuntungan yang Anda raup juga semakin banyak. Melihat senyum pelanggan membeli produk kita adalah kepuasan tersendiri. Oleh karena itu jagalah hubungan dengan pelanggan Anda. Terus bersikap ramah dan bersabar niscaya sukses dan panjang umur usaha anda.

|

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *