8 Tips aman belanja online

Berkaca dari heboh diskon palsu di Harbolnas bulan ini, ternyata banyak hal yang perlu kita perhatikan agar kita aman dari belanja online. Karena berbelanja ditempat yang terpercaya pun kadang bisa merugikan sekali. Jika tidak waspada maka kita dapat membayar lebih mahal. Berikut tips-tips aman belanja online:

  • Pilih situs terpercaya yang mempunyai kantor jelas, telepon yang jelas dan mudah dihubungi sehingga ketika ada masalah kita akan mudah menghubungi. Anda bisa check review orang-orang terhadap toko online tertentu, misalnya Google “pengalaman belanja lazada” atau “review bukalapak”.
Hasil pencarian pengalaman belanja

Hasil pencarian pengalaman belanja

  • Pilihlah penjual yang mempunya rating yang tinggi dan review yang baik jika anda membeli di marketplace seperti Lazada dan bukalapak. Walaupun rating tinggi tidak menjamin tidak ada masalah, namun hal tersebut akan membantu anda terhindar dari masalah.
  • Pilih produk yang memiliki rating yang tinggi dan review yang bagus. Selain perlu memilih penjual terpercaya, kadangkala penting juga untuk tau pandangan orang-orang mengenai produk yang anda ingin beli, terumata untuk gadget yang banyak jenisnya.
  • Pilih situs online yang ketika membayar dengan kartu kredit dilakukan melalui protokol https, sehingga alamat websitenya ada https nya. Dengan alamat https artinya data kartu kredit yang anda kirim akan diacak sehingga menyulitkan orang untuk mencuri no kartu kredit anda.
  • Baca baik-baik kebijakan toko online tersebut, misalnya bagaimana kebijakan pengembalian barang atau garansi.
  • Jangan terlalu percaya diskon yang diberikan, cek harga di 2 toko online lainnya sehingga anda dapat membandingkan harga dari tiga toko berbeda. Terutama jika harga barangnya ratusan ribu.
Popok dijual 100 juta dan di diskon 99%- http://tekno.kompas.com

Popok dijual 100 juta dan di diskon 99%- http://tekno.kompas.com

  • Lengkapi komputer anda dengan anti virus terbaru sehingga lebih terproteksi dari virus dan malware yang dapat mencuri data anda, khususnya data keuangan anda.
  • Jangan membeli barang secara online dengan menggunakan wifi publik. Jika anda menggunakan wifi publik, maka hacker dapat terkoneksi ke komputer anda dan mungkin saja mengambil data-data penting anda, jika komputer anda tidak terproteksi dengan baik. Banyak pihak yang masih tidak mengetahui bahaya online lewat wifi publik, mungkin termasuk anda juga.

Kuncinya yang paling penting menurut saya adalah banyak-banyak research terutama untuk barang yang harganya mahal. Selalu compare harga dari 3 provider berbeda. Selamat belanja.

Baca Juga:

Artikel Menarik

loading...

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Komentar Dengan Facebook

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *