7 Tips Menyeimbangkan Kehidupan dan Bisnis

Begitu banyak ajaran dari filsafat timur maupun barat yang menekankan manusia untuk mencari keseimbangan. Sebut saja ajaran dari negeri Tiongkok soal Yin dan Yang. Lambang lingkaran hitam dan putih yang seringkali muncul dalam film-film kungfu ini merepresentasikan soal kebaikan dan kejahatan yang niscaya selalu ada di muka bumi ini.

Ajaran lain yang juga dekat dengan kita adalah sikap orang hidup orang Jawa yang menekankan keharmonisan. Mereka percaya bahwa manusia harus menemukan keseimbangan dirinya dengan Sang Pencipta, dengan alam lingkungan, dan dengan manusia lainnya.

Lewis Howes, seorang kontributor di entrepreneur.com, juga menekankan keseimbangan ini dalam salah satu tulisannya soal bisnis. Menurutnya, hal penting yang perlu dilakukan oleh pengusaha untuk mencapai sukses adalah membentuk keseimbangan yang efektif antara kehidupan pribadi dan bisnis anda.

Ketika dia memulai bisnisnya, dia fokus sekali pada kerja yang dia buat. Dia makan, tidur, dan bernafas, semua dilakukan dengan menempelkan kata kerja pada dahinya. Pada karirnya sebagai seorang atlet, dia mengetahui bahwa nilai yang harus didewakan adalah kerja keras. Jadi dia mengatur pikirannya untuk membangun sesuatu yang sukses dan dia pikirkan selama dua puluh empat jam sehari, tujuh hari seminggu.

Baca Juga:

Seiring berjalannya waktu, kesehatannya justru memburuk. Hubungannya dengan orang lain juga menjadi kaku. Selain itu dia juga merasa cemas dan selalu terganggu. Dari situ dia menyadari bahwa bobotnya telah naik sebesar 30 pon, atau sekitar 15 kilogram. Dia lalu menyadari untuk segera melakukan sesuatu yang berbeda.

Maksud dia menuliskan ini adalah anda tidak perlu melakukan cara-cara keras seperti yang dia lakukan. Dia hanya meminta kita untuk memahami beberapa tips yang dia bagi ketika anda sedang membangun struktur bisnis anda. Dia membuktika sendiri bahwa dirinya lebih efektif dan produktif ketika telah mengambil waktu yang lebih untuk dirinya sendiri dan membangun keseimbangan antara bisnis dengan kehidupan pribadi.

Barangkali dibutuhkan beberapa penyesuaian agar mendapatkan resep yang tepat bagi anda, tetapi berikut ini hal-hal yang dibuktikan oleh Howes:

  1. Tetaplah sehat

Akan menjadi sangat sulit untuk menginspirasi dan menggerakkan orang lain ketika anda tidak berada dalam kondisi yang sehat. Tak peduli apapun jenis penjualan yang anda lakukan, ketika anda tidak menjaga tubuh anda sendiri, mereka sama sekali tak ada artinya. Berikan perhatian yang baik bagi kesehatan anda, bila perlu jadikan itu sebagai prioritas. Sederhana saja yang perlu anda lakukan: makan sehat, istirahat cukup, dan berolahraga teratur.

  1. Melakukan meditasi

Hal sederhana macam ini ternyata menimbulkan manfaat yang besar. Semenjak dirinya mulai berlatih untuk melakukan meditasi kembali secara teratur, kecemasan mulai berkurang, sementara kemampuan untuk fokus dan produktivitasnya membaik. Ditambah lagi, hal ini sangat menolong ketika anda sedang mengelola banyak hal.

Jangan mengkhawatirkan soal melakukan meditasi dengan cara yang benar atau tidak. Ada begitu banyak metode dalam meditasi sehingga anda dapat mencoba dan mengikuti metode yang paling membuat anda nyaman. Utamanya adalah rileks dan hening, beberapa orang dapat mencapainya dengan mengikuti dan fokus pada nafas mereka, sementara yang lainnya menggunakan panduan dalam bermeditasi. Jika anda memang sangat sibuk dan memiliki pikiran yang begitu cemas, Howes merekomendasikan kepada anda untuk memulainya dengan panduan lagu untuk memulai meditasi.

  1. Punya visi yang jelas

Hal ini sangat terlihat dalam permainan sepak bola. Sebuah tim sepak bola yang punya visi biasanya akan menyerang dengan aliran bola yang mulus dari belakang ke depan. Para pemain yang telah kompak ini tak akan kebingungan harus melakukan apa untuk melesatkan bola ini ke jaring lawan.

Masalah yang dihadapi saat ini adalah kebanyakan orang berada dalam ketidakjelasan. Mereka bergerak, berjuang, tetapi tidak dengan tujuan yang jelas. Untuk itu temukan visi dulu, baru kemudian pergilah untuk mendapatkannya.

Barangkali anda tidak jelas betul soal visi yang anda bangun. Jika memang demikian maka lebih baik tulislah hal-hal yang bagi anda terasa sempurna untuk anda pikirkan setiap hari. Ingatlah bahwa anda tidak harus memiliki sesuatu yang sempurna untuk memulainya. Teruslah berjalan pada jalan yang anda pilih untuk mewujudkan visi anda.

  1. Bangun kepekaan

Kepekaan yang perlu anda bangun ini bisa saja berdasarkan hal-hal rasional dan ilmiah berdasarkan kecenderungan dan pola bisnis yang ada, atau anda berupaya untuk mengasah intuisi bisnis anda.

Poin pentingnya adalah anda perlu mengetahui bahwa beberapa peluang yang ada di depan anda ini adalah hanyalah penggganggu yang perlu anda singkirkan. Ada banyak hal-hal baik dan peluang-peluang besar yang menunggu anda di jaman yang serba bergerak cepat ini. Untuk itu anda perlu untuk menjaga fokus pada apa yang anda jalankan dan katakan ?idak?pada hal-hal yang terlihat lebih baik padahal tidak juga.

  1. Tetaplah berpikiran positif

Berpikiran positif akan menggerakkan anda dalam meraih sukses dengan lebih baik. Orang lain barangkali bisa saja meremehkan anda, tetapi anda jangan pernah meremehkan diri anda sendiri. Ubahlah rasa itu dengan rasa syukur karena memiliki berbagai potensi yang ada dalam diri anda.

Meski sederhana, sebenarnya ini adalah isu yang sangat besar bagi sebagian besar dari kita. Namun ketika anda memiliki kekuatan yang besar untuk membebaskan diri anda dari lingkaran yang menghancurkan diri anda sendiri, pasti akan lebih baik.

Untuk itu mulailah untuk belajar bersyukur tiap kali anda ingin mengkritik diri anda sendiri. Ketika membuang waktu lebih banyak untuk mengkhawatirkan atau memprotes soal sesuatu yang sebenarnya bisa kita ubah atau tangani.

  1. Ambil jeda untuk beristirahat

Istilah yang paling tepat untuk digunakan adalah ?est and restore? anda perlu beristirahat untuk mendapatkan kembali apa yang selama ini telah anda keluarkan.

Tak jadi soal berapa besar anda mendorong diri anda, anda akan segera menemui tembok penghalang (hit a wall) ketika anda tidak memedulikan pikiran dan tubuh anda. Barangkali anda tertarik dan terinspirasi dengan frasa ?erja keras?yang dipraktikkan oleh para pebisnis besar, tapi tetap saja ada faktor pendukung lain untuk segera mencapai kesuksesan yang anda impikan.

Ada hal penting yang seringkali dianggap negasi dari kerja keras, yaitu beristirahat. Ini penting. Anda bisa saja mematikan telepon dan akses anda terhadap sosial dari media pada saat akhir pekan. Tubuh dan jiwa anda perlu untuk di-recharge, bukan hanya telepon pintar yang ada di genggaman anda. Berjalanlah ke alam untuk mendapatkan energi baru. Tidurlah, Membaca buku. Ambillah waktu luang anda dengan tidak menentukan tujuan apapun dalam pikiran anda. Hal-hal ini adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk bisa fokus pada waktu anda berupaya lagi.

  1. ?ill up your cup?/strong>

Ini adalah istilah dalam bahasa Inggris untuk melakukan sesuatu yang anda senangi. Untuk itu anda tentu membutuhkan waktu untuk bersenang-senang bersama teman, keluarga, ataupun kerabat dekat. Tidak baik bagi anda untuk terus-terusan menjadi ?urung elang?yang berjuang sendirian di angkasa. Turunlah untuk bersenang-senang bersama orang yang anda kasihi.

Ingatlah bahwa kita adalah manusia, bukan mesin kerja. Semakin anda mampu menyeimbangkan bisnis dan kehidupan anda, anda akan menjadi makin sukses.