6 Ide Bisnis Makanan Ringan Untuk Pemula

Memulai sebuah bisnis sendiri tentu bukan perkara mudah jika harus dibandingkan dengan masuk menjadi karyawan sebuah perusahaan yang telah berdiri milik orang lain. Jika ingin memulai bisnis sendiri selain harus menguasai prinsip managemen yang tepat juga yang paling penting menentukan jenis usaha atau barang/jasa apa yang kita hendak olah sebagai produk bisnis kita. Sebagai pemula kita tentu kita bisa memulai bisnis yang akan kita tekuni dengan beberapa hal yang mudah namun tetap menguntungkan. Usaha tersebut misalnya dengan berdagang.

 Ide Bisnis Makanan Ringan

Dalam berdagang kita tentu membutuhkan modal dan menentukan barang dagangan yang akan kita pasarkan serta perkiraan modal dan hasil yang akan kita dapatkan. Diawal bisnis tentu kita akan memulai dengan step yang mudah terlebih dahulu. Selain sebagai pegimbang kecilnya resiko juga melihat jumlah modal yang kita miliki. Sebagai bisnis dalam perdagangan kita harus mencari metode yang efektif untuk menjajakan barang dagangan kita. Salah satu cara yang sedang trend saat ini adalah dengan mendirikan konter-konter kecil dipinggir jalan. Hal ini melihat dengan strategisnya jika kita letaknya dipinggir jalan yang akan mempermudah setiap orang yang berlalu lalang akan melihat produk yang kita jual.

Sumber:https://www.maxmanroe.com/

Sumber:https://www.maxmanroe.com/

Konter-konter ini sebenarnya adalah model modifikasi dari gerobak kayu biasa yang dibuat sehingga terkadang penjualnya memiliki tempat didalamnya. Dengan demikian tampilan tempat anda menjajakan barang lebih menarik dan meng-catch mata calon konsumen anda. Setelah masalah tempat beres kita beralih pada barang yang akan kita jadikan barang dagangan. Tidak semua barang dapat kita jual dengan memanfaatkan konter-konter kecil seperti diatas. Salah satu pilihan jenis barang yang dapat kita gunakan adalah makanan ringan. Makanan ringan ini memiliki benefit sendiri jika dijual dipinggir jalan. Hal ini dikarenakan makanan ringan tidak membutuhkan tempat khusus yang luas untuk menikmatinya.

Berbeda dengan makanan berat seperti nasi yang membutuhkan meja dan kursi serta tenda untuk tempat makan konsumenya, makanan ringan ini dapat dinikmati sambil berjalan atau sistem take-away. Jika anda membutuhkan referensi jenis makanan ringan yang dapat dijadikan bisnis berdagang, berikut 6 contoh makanan ringan yang dapat digunakan sebagai peluang bisnis untuk pemula :

a. Tahu Kress

Tahu yang terbuat dari bahan dasar kedelai yang memnfaatkan sarinya ini dapat kita oleh menjadi bahan dasar makanan ringan. Jika sebelumnya tahu hanya dapat dimanfaatkan sebagai lauk pauk sehari-hari, saat ini tahu dapat kita olah sehingga dapat olah menjadi cemilan yang lezat. Tahu cress ini adalah cemilan dengan bahan dasar tahu yang dipotong kecil-kecil kemudian digoreng dengan api besar sehingga lebih terasa lebih crispy. Kita dapat menambahkan topping seperti bumbu balado, keju dan pedas sebagai pelengkap.

b. Singkong Keju

Singkong memang dikategorikan sebagai salah satu dari 5 bahan makanan pokok di Indonesia. Namun singkong juga dapat dijadikan bahan dasar dalam membuat makanan ringan. Singkong keju ini misalnya. Singkong ini diolah dengan cara pertama-tama merebus singkong. Kmudian setelah direbus singkong digoreng dan diberi topping keju diatasnya. Ini bisa menjadi alternatif cemilan yang enak dan mengenyangkan.

c. Keripik Buah

Tentu kita tidak asing lagi dengan cemilan yang satu ini. Ya, cemilan ini sudah menjadi tradisi masyarakat indonesia. Kita bisa menjadikannya sebagai bahan bisnis kita namun dengan modifikasi atau perubahan pada bahan. Di malang misalnya, para pengusaha keripik memanfaatkan apel sebagai bahan dasar keripik. Selain apel, juga bisa memanfaatkan salak dan nangka sebagai bahan keripik buah ini.

d. Jamur Crispy

Mungkin masih banyak yang asing dengan pemanfaatan jamur. Ini juga melihat dari sulitnya mencari jamur yang dapat dikonsumsi. Namun saat ini sudah banyak yang membudidayakan beberapa jenis jamur yang dapat diolah sebagai bahan makanan. Jamur dapat dimanfaatkan sebagai makanan ringan dengan cara diolah menjadi jamur crispy. Dapat dihidangkan dengan tambahan saus tomat ataupun bumbu balado pedas.

e. Kentang Goreng

Siapa yang tidak tahu dengan makanan ini. Kentang goreng memang sudah sering kita dengar eksistensinya dalam dunia percemilan. Rasanya, anda tidak meragunakanya bukan. Sudah banyak vendor besar yang menggunakan bahan dasar kentang sebagai makanan ringan. Jadi, tidak salah bukan anda mengikutinya sebagai bahan bisnis anda.

f. Sempol

Pasti anda heran dengan nama makanan ini. Makanan ini akhir-akhir ini banyak dijual oleh peadagang kecil. Sempol adalah sejenis makanan yang bahan dasarnya hampir sama dengan pentol bakso. Namunyang membedakannya adalah dengan bentuk penyajiannya yaitu dengan menusuknya melebar pada tusuk sate. Cara memasaknya dengan memasukannya pada kocokan telur kemudian digoreng. Rasanya tentu sangat lezat dan murah. Anda berniat mencoba ?

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *