5 Tips Marketing Ekspor via Internet

Pada artikel sebelumnya kita pernah membahas 10 Tips Bisnis Ekspor yang bisa anda aplikasikan secara langsung atau anda jadikan referensi terlebih dahulu. Kali ini anda akan mendapatkan informasi terkait dengan artikel tersebut. Informasi ini khusus karena menyangkut bidang pekerjaan yang fokus dan vital dalam penjualan barang ke pasar di luar negeri. Tahapan pekerjaan tersebut adalah marketing.

Baca: 10 Tips Bisnis Ekspor

Dengan perkembangan teknologi, hampir semua lini bisnis kita dijalankan secara digital atau bahkan online. Tak terkecuali pekerjaan marketing ini. Marketing suatu produk bisa dijalankan secara online supaya lebih efektif dan efisien. Efektif berarti meningkatkan pengetahuan publik/calon konsumen mengenai produk ini, yang nantinya berdampak juga pada peningkatan hasil penjualan. Efisien berarti pekerjaan ini dilakukan secara hemat waktu, tenaga, dan biaya. Marketing untuk bisnis ekspor tentu lebih berguna lagi lantaran kita harus mampu menjangkau pasar yang lebih luas.

Namun, layaknya pekerjaan yang berhubungan dengan Internet lainnya, ada tips-tips khusus yang berbeda ketika pekerjaan tersebut dilakukan secara offline. Mari kita pelajari apa saja tips yang kami bagikan ini:

Membangun website

Boleh dikatakan, membangun website adalah langkah pertama marketing via Internet. Website ini nantinya digunakan sebagai tempat bagi calon pembeli untuk mendapatkan segala hal informasi mengenai kita sebagai eksportir dan selengkap-lengkapnya spesifikasi produk. Katakanlah, produk ekspor tersebut apa saja, berapa kapasitas produksi yang kita mampu, kualitas, harga, dan sebagainya. Jadi, website bisa digunakan untuk semacam etalase toko, bahkan katalog produk. Tentu website ini memiliki kelebihan dibanding katalog produk karena kita bisa memperbarui produk ataupun informasi yang terkait dengan produk tersebut secara relatif cepat.

Tidak hanya itu saja, website adalah juga jalan masuk bagi calon pembeli untuk berkomunikasi dengan kita sebagai eksportir. Ada baiknya kita mendesain website ini sehingga dapat digunakan untuk berkomunikasi langsung, baik dalam bentuk chat ataupun surat elektronik.

Para pakar menyarankan kita perlu mengetahui terlebih dahulu karakter pasar yang kita tuju, salah satunya untuk menentukan desain seperti apa yang akan kita gunakan dalam website. Ketika pasar kita sebagian besar adalah negara-negara Eropa, mereka menyarankan untuk mendesain website dengan sederhana dan formal. Sedangkan ketika pasar kita ada di Amerika Serikat, misalnya, desain website yang lebih menjual di sana adalah yang dengan model kreatif, tidak seperti desain kebanyakan, dan harus terlihat berbeda. Soal bahasa, tentu saja kita perlu mengisi website tersebut dengan bahasa Inggris sebagai bahasa internasional.

Memperhatikan konsep ?em>search engine friendly?/strong>

Anda tentu memahami mengapa kita perlu membuat website yang demikian. Ketika anda mencari sesuatu, entah itu informasi atau barang, apa yang anda lakukan: mencari informasi ke website tertentu atau mencari dengan menggunakan search engine (Google, Yahoo!, dsb.)? Menurut penelitian yang ada, sebagian besar (68%) pengguna memilih untuk menggunakan mesin pencari seperti yang disebut di atas. Maka sangat bisa dipahami mengapa tips ini diletakkan pada posisi kedua.

Untuk membuat konten yang masuk dalam persyaratan ?em>search engine friendly?ini anda bisa mencarinya di mesin pencarian, ada begitu banyak informasi yang tertuang di dalamnya. Hal ini perlu sekali untuk anda perhatikan, karena sebagian besar masih saja berkutat pada desain website dan kemudahan akses bagi pengguna website tersebut. Kedua hal tersebut seharusnya sudah selesai di awal, lalu yang lebih penting dari itu adalah menggunakan strategi SEO (Search Engine Optimization).

Baca: 10 Cara Meningkatkan Pengunjung Website

Memperhatikan kata kunci yang banyak digunakan

Setelah kita memperhatikan konsep sebelumnya, kini saatnya memikirkan nama domain yang baik untuk website perusahaan ekspor kita. Nama domain yang baik itu yang seperti apa? Ada begitu banyak kriteria yang bisa kita jabarkan, tapi setidaknya ada satu yang penting: sesuai dengan kata kunci yang dicari oleh calon pembeli di mesin pencarian.

Untuk mengetahui nama-nama tersebut maka kita harus mengerti terlebih dahulu, kira-kira apa kata kunci umum yang akan mereka ketikkan ketika akan mencari soal produk A, misalnya. Hal ini tampaknya mudah jika dilakukan di Indonesia, karena kita tidak banyak menggunakan istilah untuk satu barang tertentu. Namun kita perlu lebih banyak mengeluarkan usaha ketika kita menggunakannya untuk marketing ekspor. Mengapa? Karena ada istilah-istilah yang berbeda di dalam bahasa Inggris, padahal merujuk pada satu benda atau maksud yang sama. Negara-negara juga menggunakannya dengan berbeda, maka kita memang perlu benar-benar mengerti apa yang biasanya digunakan di wilayah tempat kita akan menjual produk kita.

Selain nama domain, kata kunci tersebut bisa anda letakkan pada judul ataupun isi artikel yang menjelaskan segala hal tentang produk anda tersebut. Pastikan anda melakukannya dengan cara dan strategi yang tepat sehingga bisa berhasil memasuki bagian atas mesin pencarian kerja tanpa harus membuat calon pembeli risih karena pengulangan.

Promosi Online

Selain dibantu dengan teknik SEO dan menguasai kata kunci dengan tepat, kita sebagai pengusaha ekspor tetap harus mempromosikan produk kita secara online. Para pengusaha ekspor menyimpulkan paling tidak ada tiga cara yang dilakukan untuk mempromosikan produk kita.

Pertama, bergabung dengan paltform jual beli berskala internasionl, misalnya Alibaba.com, Globalsources.com dan eBay.com. Selain itu bergabunglah dengan platform nasional sebuah negara tempat kita menjual produk kita. Barangkali kita akan menemukan persaingan yang ketat karena akan ada penjual semacam ada dengan jumlah banyak, bahkan juga dari Indonesia sendiri. Namun jangan khawatir karena dari situlah diyakini kita akan bertemu dengan calon pembeli yang kredibel.

Kedua, memiliki akun sosial media yang populer. Barangkali anda bisa menggunakan sosial media umum seperti Facebook, misalnya. Di sana ada begitu banyak grup bisnis yang spesifik membahas bidang tertentu. Atau anda juga bisa membuat halaman penggemar (fanspage) dengan nama perusahaan anda. Namun yang disarankan oleh para pebisnis adalah LinkedIn.com karena merupakan sosial media yang dimiliki para eksekutif dan pebisnis dunia. Anda tinggal bergabung ke dalam kelompok yang diprediksi ramah dengan produk kita.

Baca: 5 Cara Meningkatkan Like di Fanspage Facebook

Ketiga, kita bisa mempromosikan website kita melalui Google Adwords. Fungsi ini sangat bermanfaat ketika kita terbatas untuk memahami kata kunci tertentu. Ada banyak jenis lain, yang biasanya memang berbayar karena untuk kepentingan bisnis. Jangan ragu mengeluarkan sejumlah dana untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.

Memahami prosedur ekspor

Jelas ini adalah dasar dari semua aktivitas ekspor anda. Ketika anda sudah berhasil melakukan marketing dengan baik, ada begitu banyak pembeli potensial yang bekerja sama dengan anda, produk anda tetap tidak akan sampai tujuan kalau anda tidak memelajari prosedur dan dokumen yang dibutuhkan dalam bisnis ekspor. Jika sudah demikian, kredibilitas anda memang dipertaruhkan. Soal lain yang perlu dipahami adalah pembayaran. Kita tentu harus waspada karena bagaimanapun penipuan masih ada di sana sini.

Nah, itu tadi 5 tips marketing ekspor via internet yang bisa kami bagikan untuk anda. Apakah anda sudah memulainya? Jangan ragu untuk menggunakan jasa penyedia hosting dan website yang berkualitas, misalnya Odihost. Selamat berupaya!