5 Sikap Hidup Jutawan yang Perlu Kita Tiru

Dalam banyak kasus kita pasti pernah menemukan bahwa keberuntungan bukanlah yang membuat seseorang menjadi kaya dan memiliki uang yang banyak. Namun kita sering melihat cerita-cerita sukses bahwa orang yang memiliki banyak uang tersebut memang mereka-mereka yang menunjukkan tingkat kedisiplinan yang tinggi, serta mereka yang memiliki tujuan yang jelas dan kemauan super keras untuk mewujudkannya.

Kabar baiknya adalah, meskipun anda tidak memiliki kemampuan-kemampuan itu, sangat dimungkinkan bagi anda memperolehnya dengan beberapa tips yang akan kami bagikan. Langkah pertama yang perlu anda lakukan adalah menganalisis bagiamana para jutawan tersebut menyikapi karir mereka dan memulai mengadopsinya dalam pikiran, perbuatan, dan tindakan profesional anda.

Agar dapat segera memulainya, berikut kami bagikan 5 sikap hidup jutawan yang perlu kita tiru untuk memperoleh kesuksesan kita dalam karir:

  1. Bentuklah pikiran terbuka dan imajinasi yang aktif

Kita tentu pernah mendengar ungkapan yang kira-kira begini bunyinya: dengan logika, kita bisa melangkah satu atau dua langkah ke depan; tapi dengan imajinasi, kita bisa melangkah ke manapun. Tentu saja ungkapan ini bukanlah sebuah dalil absolut yang tidak bisa dibantah, artinya memang ada saat-saat di mana kita harus menjadi rasional dengan memandang apa yang kita miliki sekarang untuk melaju ke depan. Namun ada kalanya juga kita harus memeras otak untuk berimajinasi, mencari inovasi untuk kita terapkan pada bisnis kita, dan mendapatkan ide baru untuk tetap terlihat di antara pesaing bisnis yang lain. Pikiran yang tertutup hanyalah akan mendatangkan ketakutan, keraguan, dan ketidakpercayaan.

Baca Juga:

  1. Membangun kesadaran untuk sukses

Biasanya para pekerja ini memiliki satu kelemahan utama, yaitu mereka merasa sangat familiar dengan kata ?mpossible?alias ketidakmungkinan. Artinya, mereka menutup diri terhadap kemungkinan-kemungkinan yang sebetulnya dapat mereka capai dengan usaha yang bisa mereka lakukan. Mereka cenderung berpikiran bahwa semua yang mereka lakukan ini tidak akan mendapatkan hasil.

Sebaliknya, sikap hidup para jutawan ini justru memikirkan tentang ?em>possibilities? tentang peluang-peluang yang bisa mereka ambil dalam kondisi sempit sekalipun. Mereka memfokuskan diri pada solusi, bukan lagi pada masalah. Dengan fokus pada solusi, mereka meyakinkan diri bahwa itu akan membawa hasil yang baik. Dan lebih berat lagi, mereka juga fokus pada masalah-masalah yang tidak bisa diselesaikan kebanyakan orang.

  1. Hasrat mereka untuk meraih sukses tak bisa tertandingi

Para jutawan ini dikabarkan memang memegang keyakinan yang kuat bahwa ?em>desire?atau hasrat untuk sukses adalah awal yang sangat baik untuk semua pancapaian yang akan mereka lakukan. Dengan hasrat yang besar itu mereka bertujuan untuk membuat mimpi mereka terlepas dari rintangan dan segala hal yang justru membuat kehidupan menjadi mundur.

Orientasi mereka untuk sukses dapat dipahami sebagai tanda bahwa mereka adalah tuan untuk nasib mereka sendiri. Mereka telah berhasil memaksa diri untuk mengubah pandangan destruktif menjadi konstruktif. Selain itu mereka juga tak kenal lelah untuk selalu bergerak maju daripada diam di tempat tanpa ada hasil signifikan.

  1. Mereka memiliki cara untuk memengaruhi orang lain

Sikap yang ini barangkali sering disebut sebagai karakter bawaan orang, tapi sebetulnya bisa dipelajari. Seorang yang sukses biasanya memang memiliki kemampuan untuk memengaruhi dan membuat orang lain bisa bergerak sesuai dengan yang diharapkan. Mereka menunjukkan antusiasme ketika bertemu dengan orang lain. Antusiasme ini sangat penting dalam menjalin hubungan karena menunjukkan ketertarikan mereka ketika mereka bekerja. Energi positif yang mereka meiliki biasanya menular dan membuat produktivitas kerja, baik diri sendiri maupun orang lain, menjadi melonjak. Karakter bawaan atau kemampuan untuk memengaruhi orang lain ini tentu dikombinasikan dengan pengetahuan yang mendalam mengenai bisnis yang mereka jalani. Hal ini membuat orang lain ingin berada di sekitar mereka dan bekerja dengan lebih termotivasi.

  1. Mereka tetap optimis ketika menghadapi kesulitan

Para jutawan ini tidak akan balik kanan ketika menghadapi berbagai macam kesulitan. Mereka menyadari bahwa setiap orang bisa saja berbuat salah, setiap pemimpin bisa saja tersandung dan lalu jatuh berantakan. Ketika hal ini suatu saat terjadi dalam bisnis mereka, mereka segera membentuk ulang formasi mereka dan memperbaharui diri mereka dalam kecepatan yang baru, determinasi yang tinggi, dan kepercayaan diri. Dunia usaha global tentu saja lama kelamaan akan menghancurkan setiap orang secara perlahan. Hal yang membuat para jutawan ini digaji tinggi adalah kemampuan mereka untuk menyelesaikan setiap masalah.

Mengetahui mengenai lima sikap hidup para jutawan ini tidak lalu secara otomatis membuat karir anda melonjak hingga langit ketujuh, apalagi langsung merasakan kesuksesan seperti yang kita harapkan ketika pertama kali membangun karir. Tidak cukup juga ketika mengetahui bahwa para jutawan ini memiliki pikiran terbuka dan mampu memengaruhi orang lain.

Anda perlu bekerja benar-benar keras untuk membangun lima sikap hidup ini, tidak hanya selama 8-5 di kantor saja, tetapi harus dijalani di semua aspek kehidupan anda. Hal ini adalah dasar bahwa anda perlu berlatih secara konsisten sehingga dapat mencapai level sukses terbaik dan dapat meningkatkan karir anda.