5 Peluang Bisnis Untukmu, Mahasiswa!

Sebagai mahasiswa, kamu pasti punya banyak kebutuhan yang harus dipenuhi. Setiap bulannya kamu harus bayar sewa kos, makan, nongkrong, hingga fotokopi bahan-bahan pelajaran yang harus kamu mengerti. Kiriman dari orangtua sih mungkin akan mencukupi kebutuhan kita, tapi apakah itu saja cukup? Kalau kamu ingin memiliki uang saku tambahan sekaligus mengembangkan diri, kamu harus mencoba usaha bisnis! Peluang bisnis untuk mahasiswa itu banyak di depan mata. Nah, ini lima peluang bisnis yang bisa kamu jalani sebagai mahasiswa:

  1. Berjualan secara Online

Siapa di sini yang tak punya smartphone atau laptop untuk mengakses Internet? Kedua barangtadi adalah modal awal yang sangat cukup untuk menjalankan bisnis ini. Kamu bisa berjualan apapun (asal legal) di Internet. Mulai dari kaos oblong, kemeja, gaun, flat shoes, sepatu lari, kamera dan perangkatnya, hingga apapun barang-barang yang menjadi hobi kamu. Syukur-syukur kalau barang yang kamu jual itu punya pembeli yang sangat spesifik, selain barangnya sedang tren di lingkungan kita. Lalu bagaimana kita menjual? Caranya sangat sederhana, ada begitu banyak toko online yang memungkinkan kita untuk memiliki akun penjual. Kita tinggal bikin akun, memotret barang dagangan kita, lalu kita pajang di sana. Jangan lupa, berikan pelayanan yang terbaik untuk pembeli kita ya 🙂

  1. business-tipsMenjadi Guru Privat

Kalau kita berani dan mampu, kita bisa mencoba peluang untuk menjadi guru privat bagi anak-anak SD sampai SMA. Mata pelajaran yang kita ajar tentu mata pelajaran yang kita tahu dan kuasai, minimal kita pahami waktu masih sekolah dulu. Buat kamu yang mengambil ilmu alam di kuliah kamu, akan ada banyak peluang mengajar misalnya mata pelajaran Matematika, Fisika, Kimia, hingga Biologi. Sedangkan buat kamu yang mengambil ilmu sosial dan bahasa, ada banyak sekali peluang mengajar bahasa Inggris untuk anak sekolah. Profesi ini sangat cocok untuk dilakukan oleh mahasiswa, lho! Bagaimana tidak? Kamu bisa mengajar, sekaligus mendalami ilmu yang kamu ajari. Jadi, siapkah dirimu untuk ambil peluang ini?

Baca Juga:

  1. Cetak Kaos Oblong

Peluang bisnis ini populer sekali di kalangan mahasiswa. Selain karena kebutuhan akan kaos oblong selalu tinggi, mahasiswa juga terkenal kreatif dan jago bikin desain kaos. Jadi, selain kita membuatkan jasa sablon, kita musti juga menawarkan kemampuan lain kita yang harganya mahal: membuat desain kaos yang akan kita sablon. Bahan bakunya tergolong mudah ditemui di kota-kota besar. Kita hanya butuh kaos polos dan alat sablon untuk menjalankan bisnis ini. Kita bisa tawarkan lewat selebaran atau kita tinggal unggah desain dan iklan jasa kita. Buatlah desain semenarik mungkin dengan harga yang kompetitif, lalu kita tunggu pesanan yang akan mengalir deras!

  1. Fotografer atau Videografer Lepas

Di jaman digital ini, hampir tiap kegiatan rasanya selalu butuh diabadikan. Selain karena bisa disimpan dengan bentuk digital yang mudah, setiap lembaga, organisasi, atau perusahaan selalu butuh dokumentasi untuk keperluan pelaporan manajamen kerja mereka. Dengan bermodal kamera DSLR yang kini dijual bak kacang dengan kualitas yang oke punya, kita bisa memberanikan diri untuk menawarkan jasa fotografi kita. Selain foto, kita bisa menawarkan diri untuk membuat produk-produk dokumentasi audio visual. Modalnya cukup handycam, atau kita bisa juga menyewa alat-alat di persewaan kamera profesional untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. Dalam bisnis ini, kreativitas kita dalam mengambil momen dan sudut gambar akan selalu dibutuhkan. Buat kamu yang merasa sangat kreatif, peluang bisnis ini patut dicoba.

  1. Menjadi Tour Guide

Kamu pasti tahu, selain meningkatkan pengetahuan kita akan ilmu yang kita dalami, kita juga butuh peningkatan kualitas diri melalui berkomunikasi dan berhubungan dengan orang lain. Menjadi tour guide adalah salah satu peluang yang keren banget untuk bisa kita lakukan. Selain melatih diri untuk mengenal potensi budaya dan pariwisata lokal tempat kita tinggal, kita bisa jalan-jalan, meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kita, hingga bisa dapat kenalan orang asing yang banyak! Modalnya tentu saja keberanian dan percaya diri, kemampuan berbahasa Inggris yang lancar, dan pastinya pengetahuan kita akan potensi budaya dan pariwisata lokal yang dimiliki daerah kita. Jadi, tunggu apa lagi?

Nah, itu tadi lima usaha bisnis yang bisa kita coba sebagai mahasiswa. Tentu masih ada banyak sekali peluang bisnis di depan mata yang bisa kita ambil. Sebelum mengambil peluang bisnis, ada baiknya kita pastikan dulu kita bisa mengatur waktu antara berbisnis dengan kuliah. Bagaimanapun juga, kita punya tanggungjawab untuk menyelesaikan kuliah tepat waktu agar tidak membebani keuangan orangtua di rumah. Selain itu kita juga musti menunjukkan bahwa anak muda sekarang punya kualitas bisnis yang oke meskipun didukung dengan modal yang terbatas. Jadi, mari keluar dari rasa amanmu dan memulai berbisnis!