5 Marketplace Ini Selalu Jadi Favorit Penjual Online

Terdapat 3 istilah yang sering terdengar saat kita akan berbelanja online yakni, Online Shop (Olshop), E-Commerce, dan Marketplace. Lalu apa saja perbedaan dari ketiga istilah tersebut? Online Shop : Toko Online dengan sistem belanja yang mana pembeli bisa menanyakan seputar harga dan keterangan produk kepada sang penjual terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk membelinya.

Marketplace

Online Shop biasanya beroperasi di social media seperti twitter, facebook, line, whatsapp, instagram, dan lain sebaginya. E-Commerce : Tempat dimana pembeli tinggal memilih dan membeli barang yang diinginkan dengan meng-klik tombol “beli” di website tersebut dilanjutkan dengan melakukan transfer uang sesuai dengan nominal harga yang tertera.

Sumber:https://lenidisini.files.wordpress.com/

Sumber:https://lenidisini.files.wordpress.com/

E-commerce hanya menjual produk mereka sendiri sehingga tidak menyediakan lahan untuk para penjual lain. Marketplace : Website yang menfasilitasi penjual dan pembeli dengan kemudahan yang telah disediakan. Berbagai keuntungan yang disediakan oleh marketplace diantaranya adalah kemudahan bertransaksi, kemudahan berpromosi, dan lain-lain. Di Marketplace tidak ada sistem tanya jawab antara penjual dan pembeli karena pada website tersebut sudah disediakan cantuman deskripsi serta spesifikasi produk.

Baca Juga:

Marketplace adalah tempat yang paling banyak digunakan oleh sebagian orang karena disinilah terdapat berbagai macam produk dari beberapa pembeli dan tentunya ada berbagai macam harga bersaing yang bisa menjadi pilihan. Tentunya semakin banyak produk yang dijual akan menarik minat banyak pembeli. Bisa dibilang Marketplace adalah pasarnya marketing online. Sekarang ini, marketplace sudah menjamur. Namun ada beberapa marketplace yang sudah memiliki tempat tersendiri di kalangan masyarakat khususnya Indonesia. Inilah 5 Marketplace yang selalu jadi Favorit Penjual Online

1. Bukalapak

Marketplace yang satu ini bisa dibilang memiliki perkembangan yang amat pesat. Website yang resmi diluncurkan pada awal bulan Januari 2010 silam telah berhasil mengumpulkan lebih dari 190ribu seller. Jumlah tersebut merupakan jumlah penjual paling banyak diantara marketplace lain di Indonesia.

2. Lazada Indonesia

Diposisi kedua berhasil ditempati oleh Lazada Indonesia. Terkenal sebagai Amazon-nya Asia, Lazada sudah memiliki tempat tersendiri di hati masyarakat Indonesia. Marketplace ini merupakan jaringan toko online yang bermuara di Jerman dan mulai hadir di Indonesia pada tahun 2012. Walaupun masih berjalan beberapa tahun, nyatanya Lazada sudah berhasil menjadi Marketplace yang mampu menyediakan lengkap berbagai barang dan keperluan masyarakat.

3. Tokopedia

Versi beta Tokopedia pertama kali diperkenalkan ke public pada tanggal 17 Agustus 2009. Tokopedia memiliki lebih dari 20ribu merchant, ratusan ribu produk, dan juga sekitar 56ribu anggota yang telah terdaftar. Tentu saja angka tersebut terus meningkat seiring bertambahnya fasilitas yang disediakan oleh Marketplace ini.

4. OLX Indonesia

OLX merupakan marketplace yang telah hadir di lebih dari 106 negara ini berhasil menjadi penyedia jasa layanan jual beli online di Indonesia. OLX sendiri merupakan pasar iklan yang beroperasi pada tahun 2006 dan berhasil mengakuisisi Tokobagus.com. Setelahnya berniaga.com juga berhasil diakuisisi oleh OLX. Kedua platform marketplace tersebut kemudian disatukan menjadi OLX.co.id yang pertama kali dikenal public pada bulan Februari 2015.

5. Elevenia

Elevenia merupakan marketplace yang diluncurkan oleh perusahaan operator seluler XL (PT. XL Axiata Tbk) dengan menggandeng perusahaan digital bisnis asal Korea Selatan. Komposisi investasi antara XL dan perusahaan Korsel tersebut adalah 50:50. Elevenia masih bisa dibilang baru dalam bisnis marketplace, namun gencarnya promosi dan pilihan berbagai promosi menarik yang bisa didapat oleh penjual maupun pembeli membuatnya mudah diterima oleh masyarakat Indonesia.

Nah itu tadi marketplace favorit yang sering digunakan penjual online di Indonesia. Semoga dapat membatu anda dalam melakukan marketing online untuk produk anda.

Artikel Menarik

loading...

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Komentar Dengan Facebook

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *