5 Bisnis Menyambut Lebaran

Ketika membicarakan tentang kebutuhan maka kegiatan konsumtif manusia masuk dalam salah satu kriterianya. Percaya atau tidak hampir keseluruhan kebutuhan manusia diisi dengan mengkonsumsi barang dan jasa sebagai cara pemenuhannya. Hal ini tentu harus sebanding dengan pemasukan yang kita miliki. Anda pasti pernah menemukan seseorang yang kebutuhannya dilihat berdasarkan trend yang sedang hit pada masanya.

Bisnis Lebaran

Ya, saat ini orang-orang kurang perhatian terhadap kebutuhannya melainkan lebih banyak menginginkan penyetaraan terhadap kebutuhan orang lain yang sedang booming. Hal ini tentu bisa menimbulkan akibat positif dan negatif. Hal positifnya misalnya memunculkan banyak peluang usaha yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan manusia lainnya. Namun peluang usaha yang saat ini merebak tentu memunculkan banyak persaingan yang mengharuskan kita mencari inovasi yang membuat usaha kita lebih menguntungkan.

Sumber: http://cdn.bisnisukm.com/

Sumber: http://cdn.bisnisukm.com/

Nah, cara yang biasa digunakan untuk menarik keuntungan lebih dalam persaingan adalah dengan memanfaatkan moment penting yang terjadi disekitar kita. Moment penting inilah yang memunculkan “usaha dadakan” dari para pencari peluang. Mungkin kalian penasaran apa sih sebenarnya usaha dadakan ? Maksud dari usaha dadakan adalah usaha yang ditekuni oleh para pencari peluang dengan memanfaatkan moment tertentu yang jarang terjadi yang ada disekitarnya. Usaha dadakan yang akhir-akhir ini baru saja booming adalah usaha yang munculnya juga mendadak yaitu pada hari raya idul fitri yang baru saja berlalu dua pekan lalu. Moment lebaran biasanya dimanfaatkan oleh para pencari peluang untuk mencari rezeki lebih.

Saat lebaran orang-orang akan berbondong untuk memiliki barang-barang baru sebagai perayaan hari kemenangan, salah satu contohnya adalah kebutuhan baju baru. Namun sebelum masuk kedalam moment lebaran kita tidak boleh melupakan bulan ramadhan yang juga dapat kita manfaatkan untuk mencari rezeki lebih. Berikut ini adalah peluang “usaha kaget” yang dapat dijalankan selama bulan puasa dan saat menyambut lebaran :

1. Pakaian

Bisnis jual pakaian adalah salah satu yang paling benefit jika kita mendirikan bisnis dadakan saat puasa atau menjelang lebaran. Ini terlihat dari konsumsi pakaian sebagai persiapan hari kemenangan adalah kebutuhan penting yang paling dicari oleh kebanyakan orang. Kebutuhan mode pakaian yang sangat beragam dan berubah setiap tahunnya akan menambah peluang bisnis bagi peminatnya. Sebagai pelengkap, kita juga bisa menyediakan pelengkap aksesoris pemadu pakaian seperti jilbab, sepatu, sendal dan masih banyak lagi. Kebanyakan pedagang akan menjual dengan harga 2x lipat dari harga selain menjelang lebaran. Jika dalam toko kita bisa menyediakan beragam kebutuhan, tentu pembeli akan semakin tertarik, bukan?

2. Suguhan khas lebaran

Lebaran tentu tidak lepas dari suguhan khas lebaran. Suguhan ini akan kita sediakan di meja sebagai suguhan bagi sanak saudara dan para tamu yang bersilaturahmi kerumah kita. Hal ini banyak dipandang sebagai peluang oleh para pedagang yang awalnya tidak menjual dagangan ini namun beralih menjualnya menjelang lebaran karena melihat anime masayarakat yang banyak membelinya.

3. Takjil dan serba-serbi buka puasa

Sebelum memasuki hari lebaran tentu kita harus menjalani bulan ramdhan dengan berpuasa wajib satu bulan penuh lamanya. Biasanya kesempatan ini dimanfaatkan oleh para pedagang untuk menjual berbagai takjil ataupun serba-serbi khas berbuka puasa. Usaha ini pasti akan sangat menguntungkan. Anda berminat mencoba ?

4. Penyewaan kendaraan pribadi atau paket perjalanan

Lebaran selalu dikaitkan dengan tradisi pulang ke kampung halaman alias mudik. Dari sini kita bisa melirik usaha jasa perjalanan atau rental kedaraan. Sebagai permulaan, anda bisa memulai dengan menyewakan beberapa unit kendaraan untuk perjalanan antar kota maupun dalam kota. 5. Tekstil Bisnis ini lebih menekankan pada usaha kecil yang dapat melayani pembuatan baju. Hal ini melihat adanya kalangan yang terkadang lebih prefer dengan pakaian jahitan dengan desain sendiri dari pada membeli jadi. Biasanya bisnis penjahitan ini bisa kebanjiran orderan begitu mulai memasuki hari bulan puasa. Itulah beberapa bisnis dadakan yang bisa dicoba sebagai persiapan menyambut lebaran. Bagaimana, apakah anda berminat mencoba bisnis dadakan ini ?

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *