15 Cara Memasarkan Real Estate Secara Online

Meningkatnya popularitas dari marketing online atau pemasaran secara online bukanlah tanpa alasan. Aktivitas ini dapat membantu Anda membesarkan merk Anda, memperluas jaringan Anda, serta meningkatkan penjualan Anda. Adanya pemasaran secara online menghemat waktu, tenaga, serta biaya, baik bagi penjual maupun pembeli.

Popularitas pemasaran online ini juga berlaku bagi pemasaran real estate. Bagi kebanyakan orang, rumah adalah aset terbesar yang mereka miliki sehingga mereka selalu menginginkan yang terbaik. Oleh karena itu, mereka akan mencari informasi sebanyak-banyaknya mengenai properti yang mereka inginkan. Salah satu cara yang paling populer adalah lewat internet. Sayangnya, di lain pihak, tidak semua agen real estate menguasai marketing online. Kabar ini dapat menjadi peluang yang dapat Anda tangkap jika berminat untuk memasarkan real estate secara online. Oleh karena itu, tidak ada salahnya mencermati langkah-langkah di bawah ini untuk meningkatkan performa dan efektivitas Anda dalam memasarkan real estate secara online.

1. Membuat halaman web sendiri

Membuat halaman web sendiri merupakan hal pertama yang dapat Anda lakukan. Bagaimanapun, orang akan melihat bahwa Anda adalah agen yang bonafid, dilihat dari keseriusan Anda untuk mendirikan situs web sendiri. Memiliki web sendiri juga membantu Anda untuk memiliki kontrol secara mutlak atas brand yang Anda bangun. Toh sekarang memiliki web sendiri juga tidak membutuhkan biaya yang mahal. Namun, jika Anda ingin yang gratis, Anda dapat mempertimbangkan platform WordPress misalnya.

2. Sertakan informasi bisnis di web Anda

Informasi ini penting untuk Anda tampilkan supaya pengunjung web Anda dapat dengan jelas memahami tujuan dan isi dari web Anda. Informasi yang Anda tampilkan bisa juga memuat mengenai siapa Anda dan apa yang dapat Anda lakukan untuk membantu konsumen mendapatkan peluang terbaik mereka dalam melakukan pembelian properti.

3. Isilah biodata Anda secara detail

Karena pemasaran ini dilakukan secara online, maka Anda tidak bertemu dengan konsumen Anda. Padahal mereka ingin mengenal Anda supaya mereka yakin akan kapabilitas Anda. Oleh karena itu, isilah biodata Anda secara mendetail agar konsumen dapat mengenal Anda dan kepercayaan mereka atas Anda dapat bertumbuh. Beri penekanan pada informasi mengenai tujuan atau goal Anda, sertifikasi, kesuksesan atau prestasi yang Anda raih dan informasi penting lain yang sekiranya dapat meningkatkan kesan positif atas Anda.

4. Informasikan kontak Anda

Hal ini sangat penting untuk Anda lakukan supaya konsumen tahu bagaimana cara untuk dapat berhubungan dengan Anda. Oleh karena itu sebaiknya Anda juga memiliki perangkat telekomunikasi yang akan memudahkan orang lain untuk menghubungi Anda. Lebih baik lagi jika Anda juga menggunakan aplikasi chatting yang banyak digunakan orang seperti BBM, Line, WA, dan sebagainya sehingga ada semakin banyak cara yang dapat digunakan oleh konsumen untuk menghubungi Anda.

5. Buat tulisan mengenai kabar terkini serta trend

Semakin banyak Anda membuat tulisan mengenai kabar terkini dan trend dalam real estate dan mempublikasikannya di web Anda maka kredibilitas Anda akan semakin diperhitungkan. Jadi carilah apa informasi terkini dalam dunia yang Anda geluti dan bagikan opini Anda sebagai seorang profesional di bidang tersebut. Konsumen senang akan hal-hal seperti ini.

6. Buat tulisan ?vergreen?r

Selain menulis mengenai topik terkini dan tren, buat pula tulisan ?vergreen? Tulisan ?vergreen?adalah tulisan yang tidak sensitif waktu, dalam bahasa terkini mungkin adalah tidak akan pernah basi. Anda dapat menulis mengenai hal-hal yang bersifat edukatif (biasanya dalam judul diawali dengan kata ?agaimana cara untukR) atau artikel-artikel lain yang akan terus relevan di tahun-tahun mendatang.

7. Tulis topik lain yang juga menarik

Promosi real estate kebanyakan bernada sama, memasarkan produk yang mirip-mirip, dengan spesifikasi yang mirip-mirip, dan kebanyakan konsumen bosan untuk mencermati ini. Oleh karena itu, buat pula topik tulisan lain yang menarik dalam web Anda, misalnya saran-saran atau tips yang berguna bagi konsumen dari Anda sebagai penjual yang ahli di bidang ini. Selain meningkatkan kepercayaan orang atas kapabilitas Anda, hal ini juga membuat Anda terlihat berbeda dari agen marketing lainnya. Anda juga dapat mempertimbangkan untuk memasukkan beberapa topik mengenai kehidupan pribadi Anda seperti misalnya hobi, atau hal yang Anda senangi (di luar real estate) untuk membangun kedekatan dan suasana yang akrab dengan konsumen.

8. Mengasuh konten Q&A

Luangkan waktu menjawab berbagai pertanyaan yang masuk ke web Anda. Dengan begini konsumen akan semakin mendapat banyak informasi yang mereka butuhkan. Toh hal tersebut akan sangat menguntungkan Anda sebab dapat menjadi pancingan bagi calon konsumen Anda. Konsumen akan melihat dari jawaban Anda bahwa Anda adalah orang yang peduli dan murah hati terhadap kebutuhan dari konsumen.

9. Social sharing buttons

Jangan lupa untuk menyertakan social sharing buttons sehingga pengunjung Anda dapat membagikan (sekaligus mempromosikan) konten Anda yang menarik di Facebook, Twitter, dan media sosial lainnya.

10. Daftarkan site map Anda ke Google

Google menggunakan site map Anda untuk mempelajari informasi yang terkandung dalam halaman-halaman di web Anda. Ketika Google sudah mengetahui tentang web Anda, maka web Anda dapat dengan mudah dicari lewat Google.

11. Desainlah web Anda dengan grafis yang menarik

Grafis yang cantik akan membuat web Anda semakin menarik di mata konsumen. Oleh sebab itu kerahkan keterampilan mendesain Anda dalam membuat tampilan web, atau jika Anda tidak ahli atau tidak memiliki cukup waktu untuk ini Anda dapat menyewa vendor atau orang untuk melakukannya bagi Anda. Percayalah, hal ini worthed untuk dilakukan.

12. Promosikan web Anda dengan gencar

Promosikan web Anda lewat akun-akun yang Anda miliki di media sosial seperti di Facebook, Twitter, Instagram, bahkan di web Anda lainnya jika Anda punya. Anda juga bisa rutin memberikan komentar atas tulisan di web-web lain sekaligus mencantumkan link web Anda.

13. Buat akun khusus di media sosial, seperti Facebook, Twitter, dan sebagainya

Dengan membuat akun ini Anda dapat semakin mempromosikan usaha Anda, sehingga Anda dapat menjaring sebanyak mungkin konsumen secara online. Jangan lupa untuk memromosikan akun ini lewat akun Facebook dan Twitter personal Anda.

14. Informasikan postingan terbaru di web Anda lewat akun media sosial Anda

Jangan lupa untuk selalu menginformasikan tulisan terbaru di web Anda di akun media sosial Anda. Dengan begitu konsumen akan selalu mendapatkan informasi terbaru mengenai tulisan-tulisan Anda yang mungkin sedang sangat mereka butuhkan.

15. Gunakan foto yang bagus

Salah satu cara utama untuk mempromosikan properti yang Anda jual adalah lewat foto-foto yang Anda pasang di web serta akun media sosial Anda. Di Facebook misalnya, dapat Anda gunakan sebagai background foto akun Anda. Oleh karena itu, selalu pasang foto yang baik. Foto yang baik adalah yang mampu memberikan gambaran yang jelas akan apa yang Anda tawarkan.

Inilah hal-hal dasar yang dapat Anda lakukan jika Anda akan mulai memasarkan real estate secara online. Sebenarnya ada lebih banyak lagi pengembangan yang dapat dilakukan, mengingat perkembangan teknologi informasi juga terus berkembang dengan pesat. Namun itu dapat Anda lakukan kelak seiring berjalannya waktu serta usaha Anda. Anda tertarik?