10 Usaha Sampingan Yang Cocok Bagi Karyawan

Menjadi karyawan memang menjadi kebanggaan tersendiri bagi seseorang. Memiliki gaji tetap, kegiatan rutin, jaminan kesehatan, dan tunjangan, membuat banyak orang tertarik untuk menjadi karyawan. Namun konsekuensi yang harus anda terima adalah waktu kerja yang padat, yakni mulai pukul 08.00–16.00 WIB. Bahkan bisa saja lebih jika ada pekerjaan lainnya yang belum rampung. Hal inilah yang terkadang membuat banyak karyawan tidak mau berfikir untuk melakukan bisnis sampingan lainnya.

Usaha Sampingan Bagi Karyawan

Padahal jika anda jeli, dengan waktu yang singkat pun anda masih bisa membuka usaha sampingan. Namun, untuk menentukan usaha sampingan, pastikan usaha anda tidak akan menggangu pekerjaan anda sebagai karyawan sehingga antara pekerjaan dan usaha anda bisa bejalan dengan baik. Berikut beberapa usaha sampingan yang cocok bagi karyawan:

Sumber:http://www.qerja.com/

Sumber:http://www.qerja.com/

1. Membuat Blog Atau Web Developer

Di era yang serba digital ini, keberadaan web atau blog memang sangat penting. Web bisa berfungsi sebagai bisnis, sehigga banyak yang tertarik membuatnya. Namun tidak sedikit pula yang ternyata tidak mengetahui cara pembuatan web. Jika anda memiliki keahlian dalam pembuatan web, kegiatan ini bisa menjadi usaha sampingan yang menggiurkan. Harga jasa untuk membuat blog sangat beragam, yakni berkisar antara Rp 500.000,- hingga Rp 100 juta per website.

2. Jasa Desain Grafis

Bagi anda yang memiliki ketrampilan dalam desine grafis atau anda seorang karyawan di perusahaan percetakan atau desine, tidak ada salahnya menjual desine anda secara online. Seperti kartu nama, logo, poster, dan sebagainya. Dengan sistem ini anda masih bisa memanfaatkan ketrampilan dan waktu anda diluar kantor.

3. Freelance Writer

Jika anda yang hobi menulis, menjadi freelance wrtiter atau penulis lepas juga bisa jadi pilihan yang tepat. Apalagi sekarang ini sudah semakin banyak situs marketplace yang menyediakan lowongan khusus freelance. Anda hanya perlu menyisihkan 1-2 jam untuk menulis artikel yang akan dimuat.

4. Jual Pulsa Elektrik

Memiliki usaha sampingan dengan menjual pulsa elektrik adalah salah satu pilihan yang tepat. Sebab semua orang pasti membutuhkan pulsa. Tidak hanya tetangga dan saudara saja yang akan membelinya. Teman-teman anda di kantor pun pasti akan merasa terbantu jika anda menjual pulsa, sebab mereka tidak perlu keluar kantor untuk membelinya. Keuntungan lainnya yang bisa didapat adalah, anda bisa dimana saja dan kapan saja dihubungi untuk mengisi pulsa. Pembayarannya pun juga mudah, bisa melalui sms banking atau internet banking ke rekening anda.

5. Bisnis Online Shop

Bisnis online shop memberikan peluang usaha yang cocok bagi siapa saja, tak terkecuali seorang karyawan. Sistem penjualan, pembayaran, dan pengiriman barang yang mudah menjadikan bisnis ini semakin dilirik oleh banyak orang. Cukup menggunakan smartphone anda bisa memasarkan berbagai jenis produk ke semua orang dimana saja, dan kapan saja. Bahkan, jika anda tidak memiliki modal besar, anda bisa mencoba dengan menjadi reseller.

6. Jasa Penerjemah

Memiliki kemampuan dalam berbagai bahasa juga harus dimanfaatkan secara baik. Salah satunya dengan menjadi jasa penerjemah. Usaha ini sangat fleksibel, dan dapat anda kerjakan dimana saja.

7. Agen Tiket

Pesawat pembelian tiket dan penjualan tiket pesawat sekarang sudah semakin mudah. Sebab maskapai penerbangan di bandara sudah tidak menjual tiket lagi. Penjualan tiket sudah dilepas kepada agen-agen resmi. Bahkan anda juga bisa menjual tiket hanya dengan sebuah smartphone dimana saja, dan kapan saja.

8. Menjual Foto Secara Online

Bagi yang memiliki kamera dan keahlian dalam fotografi, usaha ini wajib di coba. Sebab, di website mulai banyak beberapa situs yang melayani jual beli foto. Seperti Istockphoto.com dan StockFresh.com.

9. Les Privat

Jika anda memiliki ketrampilan dalam bidang pendidikan seperti matematika, sains atau yang lainnya ada baiknya anda mencoba menjadi guru privat. Dengan waktu hanya 1-1,5 jam setiap harinya, aktivitas ini tidak akan mengganggu pekerjaan anda sebagai karyawan. Bahkan jika usaha ini telah berkembang, anda juga bisa membuka tempat bimbingan belajar sendiri dengan mempekerjakan beberapa guru pengajar.

10. Instruktur Senam

Menjadi instruktur seman juga cocok bagi anda yang bekerja sebagai karyawan. Anda cukup melakukannya setiap satu minggu sekali dengan memberikan beberapa sesi. Selain mendapatkan tambahan penghasilan, anda juga bisa sekalian berolah raga, sehingga kesehatan anda dapat terjaga dan aktifitas anda di minggu selanjutnya dapat semakin fresh.

| updated

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *