10 Tips Bisnis Tiket Pesawat

Apa peluang bisnis yang sudah anda coba untuk tekuni? Properti? Atau industri kreatif? Kali ini kami akan membagikan 10 tips bisnis tiket pesawat yang memang sedang sangat diminati oleh para pelaku bisnis. Bagaimana bisa? Karena memang industri penerbangan di Indonesia kini sedang berkembang dengan pesat. Bahkan ada informasi yanga menyebutkan bahwa Indonesia menempati posisi kesembilan pasar terbesar dalam penerbangan domestik. Pertumbuhan pasar yang menggiurkan ini tentu harus kita sambut dengan keputusan-keputusan yang tepat dalam mengembangkan bisnis tiket pesawat.

Menurut data yang ada, Industri penerbangan di Indonesia dianggap sangat menjanjikan. International Air Transport Association (IATA) memperkirakan, pada periode 2010-2014 laju pertumbuhan penerbangan Indonesia dapat menggapai 10% per tahun. Pertumbuhan sebesar 10% ini adalah angka yang relatif besar untuk skala bisnis di Indonesia. Peluang sebesar ini terlalu besar untuk tidak anda lirik menjadi peluang bisnis anda.

Untuk membuat usaha tiket pesawat ini, pertama-tama Anda harus memenuhi dua syarat penting, yakni mengantongi izin Perseroan Terbatas (PT). Kedua, Anda harus mempunyai sertifikat keanggotaan Asita (Asosiasi Pariwisata Indonesia). Kalau Anda sudah memenuhi 2 syarat tersebut, maka ?tatus?Anda sebagai agen maskapai pesawat terbang sudah disetujui. Dengan kata lain, Anda pun sudah bisa berjualan tiket pesawat. Biasanya, Anda bisa menjual tiket dari seluruh maskapai. Setelah itu pihak maskapai akan memberikan 2 jenis tiket yang bisa dijual, yaitu tiket fisik dan tiket non-fisik atau yang biasa disebute-ticket.

Untuk e-ticket, sebagai pihak agen Anda harus melakukan deposit minimal Rp 5 juta. Deposit tersebut langsung dikurangi dengan nominal pembelian tiket yang dilakukan. Kalau pembelian tiket fisik, jaminan yang harus diberikan sebesar Rp 500.000 per tiket. Minimal pembeliannya 10 tiket dengan catatan, jaminan tersebut bisa Anda ambil kembali dengan cara mengembalikan tiket fisik yang sudah anda ambil.

Lantas, apa saja yang tips yang perlu anda ketahui sebelum terjun dalam bisnis ini? Mari kita simak.

Memulai secara personal

Anda hanya perlu menyiapkan komputer, akses internet dan printer untuk mencetak. Selain tiga hal itu sifatnya optional. Tentu saja dengan tambahan sebuah System Reservasi Online 24 jam yang akan kamu lakukan. Sayangnya tidak semua maskapai memperbolehkan kita memasuki sistem reservasi online mereka, sisanya mengharuskan kita mempunyai atau membuat sendiri sistem reservasi online. Namun, cara ini mengharuskan kita untuk mengurus izin mendirikan travel secara resmi. Hal ini tentunya membutuhkan biaya yang besar.

Bergabung sebagai sub-agen dari perusahaan perjalanan

Bila anda ingin mendaftar menjadi sub-agen, pastikan biro tiket anda berkualitas. Saat ini banyak yang menawarkan untuk menjual tiket online dengan hanya memberikan biaya pendaftaran sekitar Rp 100.000 hingga Rp 300.000. dengan keuntungan komisi penjualan tiket dan anggota baru yang anda bawa. Saya ingatkan ini bukanlah untuk anda, ini mungkin cocok untuk seorang internet marketing. Karena hampir 90% tidak pernah terjadi penjualan tiket dan yang diharapkan cuma yang berasal dari anggota baru yang mendaftar di bawah jaringan anda. Jadi menjual tiket online seperti ini bukanlah usaha yang nyata dan hanya MLM afiliasi terselubung panjualan tiket.

Cek harga tiket secara berkala

Anda perlu melakukan pemeriksaan tiket secara berkala. Minimal anda perlu untuk mengecek harga tiket pesawat tersebut sekali sehari atau dua hari. Dengan melakukan pemeriksaan ini anda akan memahami kecenderungan harga tiket yang akan naik atau turun ketika, misalnya, mendekati hari-hari libur. Dengan memerhatikan secara seksama, anda juga akan mengerti berapa rata-rata kenaikan harga tiket. Hal ini akan menaikkan kredibilitas anda sebagai pengusaha tiket pesawat karena bila suatu saat calon pelanggan membutuhkan informasi dengan cepat, anda bisa langsung memberinya informasi yang sudah anda kuasai tersebut.

Merekrut karyawan

Beberapa pengusaha yang membagikan tips ini menyarankan untuk merekrut karyawan dengan jumlah yang ideal. Ada dua fungsi vital yang harus ada dalam bisnis ini: reservasi dan operasional usaha. Untuk reservasi biasanya dibutuhkan dua orang karena berhubungan langsung dengan calon pembeli yang akan menjadi pelanggan anda. Sedangkan untuk operasional usaha cukup satu orang saja. Jadi tiga orang karyawan adalah jumlah yang ideal untuk menjalankan bisnis ini. Dengan catatan, bisnis tiket yang anda bangun ini sudah mencapai kondisi yang mapan untuk mampu menggaji ketiga karyawan tersebut.

Membekali diri dan karyawan dengan ?onnecting?/strong>

Anda harus membekali pegawai Anda mengenai masalah ?onnecting? ?onnecting?adalah istilah di bidang penerbangan yang berkaitan dengan jadwal penerbangan, maskapai yang digunakan, waktu keberangkatan dan sebagainya. Intinya, ?onnecting?ini adalah semua informasi yang dibutuhkan oleh pelanggan mengenai maskapai pesawat dan jam keberangkatan yang akan mereka pilih. Pengusaan akan hal ini membuat pelanggan merasa mendapatkan informasi yang baik dari pengusaha dan karyawan yang memiliki pengetahuan yang memadai.

Memasang iklan

Mengenai pemasaran, strategi yang paling efektif adalah menggunakan iklan, khususnya di Yellow Pages. Iklan ini cakupannya sangat luas. Biayanya berkisar Rp 900 ribu sampai Rp 1,4 juta dengan ukuran kolom 10 x 10 cm. Selain itu Anda juga bisa menyebarkan brosur ke daerah yang potensial. Selain itu, untuk menambah daya tarik calon konsumen, sistem diskon juga bisa digunakan dengan kisaran 2-3 persen saja. Soalnya rata-rata agen hanya mendapat keuntungan 7 persen dari harga dasar. Sedangkan harga tiket pesawat tersebut terdiri dari harga dasar + asuransi + ppn + surcharge (biaya bbm yang dibebankan penumpang). Tapi jangan pernah meremehkan keuntungannya, walaupun terlihat kecil, namun tetap menjanjikan.

Mengikuti komunitas

Sebagai pelaku bisnis, anda perlu memiliki jaringan yang luas dengan rekan sesama pebisnis anda. Maka ada baiknya anda bergabung dengan komunitas perjalanan baik online maupun offline, yang biasanya diwujudkan dengan kopi darat di suatu tempat. Melalui komunitas tersebut anda bisa mendapatkan banyak jaringan sekaligus informasi yang anda butuhkan. Jika anda berada dalam komunitas online, pastikan anda turut aktif dalam diskusi. Anda bisa menjawab setiap pertanyaan, memberikan informasi, atau justru bertanya kepada rekan-rekan di dalam komunitas tersebut.

Memberikan edukasi kepada pelanggan

Hal ini yang jarang dilakukan oleh para pengusaha bisnis tiket online. Sebenarnya kalau kita mau berpikir lebih jauh, kita bisa memberikan pelayanan yang lebih jauh dengan tidak hanya menjual tiket tetapi juga memberikan jasa edukasi seperti ini. Buatlah pelanggan anda mendapatkan pengalaman dan pengetahuan baru mengenai bisnis ini dengan nyaman, jangan sampai mereka merasa digurui oleh pelayanan anda yang ini. Beberapa pakar menyebutkan bahwa menyentuh pelanggan sebagai rekan, bukan hanya sebagai konsumen, akan membuat anda dinilai sebagai pengusaha yang memiliki jiwa entrepreneur yang matang.

Mengetahui kelebihan dan kekurangan maskapai

Apa fungsi dari pengetahuan anda ini? Tentu saja ini bagian dari edukasi kepada pelanggan anda. Akan ada saat ketika pelanggan membutuhkan pertimbangan dan informasi mengenai maskapai penerbangan yang akan mereka pilih untuk perjalanan mereka. Anda sebagai pemilik bisnis tiket pesawat akan memiliki nilai lebih ketika bisa menjelaskan panjang lebar kepada pelanggan mengenai kelebihan dan kekurangan tiap maskapai penerbangan dengan objektif. Untuk itu anda harus rajin-rajin mencari informasi dari mengobrol dengan banyak pengguna maskapai, memerhatikan promo dan terobosan dari maskapai, hingga memantau komplain-komplain yang disampaikan pelanggan terkait dengan pelayanan dari maskapai tersebut.

Kuasai informasi promo penerbangan

Mengapa hal ini menjadi penting? Karena saat ini maskapai penerbangan sedang gencar memberikan promo-promo yang terbatas untuk meningkatkan ketertarikan pelanggan kepada maskapai mereka. Anda sebagai pengusaha tiket pesawat harus menjadi orang nomor satu atau nomor dua yang mengetahui informasi ini terlebih dahulu, lalu segera anda tawarkan kepada para pelanggan anda. Pelayanan yang seperti ini tentu saja akan dipandang positif bagi para pelanggan.

Nah, itu tadi tips bisnis tiket pesawat yang kami bagikan kepada anda yang mau memulai bisnis ini. Masih ada banyak tips yang bisa anda lakukan untuk mengembangkan bisnis ini, tapi setidaknya anda bisa memulai dengan keyakinan bahwa industri penerbangan masih akan membaik beberapa tahun ke depan. Semoga tips ini menyiapkan anda untuk bisnis tersebut.

Artikel Terkait