10 Tips Bisnis Oriflame

Anda berminat untuk menjadimember/consultantbaru Oriflame? Atau masih ragu-ragu? Atau Anda hanya ingin mengetahui terlebih dahulu bagaimana berbisnis Oriflame? Jangan khawatir, artikel ini akan mengupas bagaimana cara berbisnis Oriflame, mulai dari langkah yang paling awal. Mari kita simak bersama-sama.

Tips SATU: Mengenal Oriflame

Sebelum kita memulai langkahnya, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu apa itu Oriflame. Oriflame adalah produsen produk kecantikan yang berbasis di Swedia. Produk yang ditawarkan Oriflame adalah produk kosmetik dan perawatan kulit yang alami dan berkualitas tinggi. Saat ini, Oriflame adalah perusahaan kosmetik dengan perkembangan tercepat di dunia. Kantor penjualannya tersebar di 59 negara, dan merupakan pemimpin pasar di lebih dari 30 negara. Jaringan penjualannya terdiri dari 1,8 jutaconsultantmandiri yang memasarkan rangkaian lengkap perawatan kulit, kosmetik, dan wewangian eksklusif berkualitas tinggi.

Bagaimana dengan di Indonesia? Oriflame didirikan sejak tahun 1986 dan hingga kini telah berjaya selama 21 tahun. Ada lebih dari 12 cabang dan ribuanconsultantyang tersebar luas di seluruh Indonesia. Saat ini, Oriflame merupakan perusahaan kosmetik dengan sistem penjualan mandiri nomor 1 di Indonesia.

Lihatlah berbagai fakta berikut yang kami ambil dari Oriflame Indonesia:

??mset sekitar 918 juta dalam penjualan tahunan

??emiliki 1,8 jutaSales Consultants

??emberi lapangan kerja bagi 5.600 karyawan

??emproduksi 800 produk

??emiliki 94 juta katalog dalam 35 bahasa!

Impresif bukan? Pertumbuhan bisnis Oriflame sangat baik dan masih sangat terbuka lebar untuk terus dikembangkan. Oleh karena itu, bergabung dalam bisnis yang sudah besar seperti ini sangat menguntungkan bagi Anda.

Tips DUA: Daftarkan Diri Anda

Setelah mengenal apa itu Oriflame, hal kedua yang dapat Anda lakukan adalah: bergabung dengan Oriflame. Caranya mudah, Anda tinggal mendaftarkan diri Anda ke kantor cabang Oriflame yang ada di kota Anda, atau menghubungiconsultantOriflame yang sudah Anda kenal, atau Anda langsung saja masuk dan bergabung dalam jaringan Oriflame yang sudah ada.

Salah satu jaringan bisnis Oriflame yang sudah terkenal adalah dBC Network. dBC Network adalah jaringan bisnis Oriflame yang dilakukan secara online, atau bisa disebut sebagai MLM Oriflame online. Jika Anda mendaftarkan diri di dBC Network Anda akan mendapatkan pelatihan secaraonline, ataue-training. Selanjutnya Anda tinggal menjalankan bisnis Oriflame ini secaraonline. Sangat praktis!

Tapi jika Anda mendaftar di kantor cabang, ada keuntungan lain yang juga Anda peroleh. Dengan membayar Rp 49.000,00 Anda akan memperolehstarter kit, yakni peralatan yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis Oriflame, seperti katalog, contoh produk, dan lain sebagainya. Sehingga, Anda tidak hanya membawa katalog, tetapi juga bisa membawa berbagai sampel dari produk-produk Oriflame.

Tips TIGA: Mengikuti Pelatihan

Pelatihan ini difasilitasi oleh Oriflame, khusus untuk Anda yang sudah bergabung menjadiconsultant. Setelah Anda mendaftar, Anda tinggal mengikuti jadwal pelatihan yang sudah ditentukan oleh pihak Oriflame. Pelatihan ini sangat bermanfaat untuk bisnis yang akan Anda jalankan, sebab melalui pelatihan ini Anda akan memperoleh berbagai pengetahuan dan keterampilan mengenai bagaimana menjalankan bisnis Oriflame dengan baik. Pelatihan ini jika Anda rutin ikuti dengan tekun akan membantu Anda meraih kesuksesan dalam memasarkan produk-produk Oriflame.

Tips EMPAT: Berbelanja 100 BP

Setelah Anda bergabung dan membayar biaya pendaftaran Rp 49.000,00, kini Anda harus melakukan pembelanjaan sebesar 100 BP. Apa itu BP? BP adalah tutup poin. Berikut penjelasannya:

Hargamemberuntuk 1 BP = 5800 + PPN 10% = 6380

Hargamemberuntuk 100 BP = 6380 x 100 BP

Berarti, belanja 100 BP itu sekitar Rp 638.000,00

Merasa bahwa Rp 638.000,00 adalah jumlah yang tidak sedikit? Lanjutkan membaca tips-tips berikutnya di bawah ini untuk mencapai 100 BP.

Tips LIMA: Strategi Memenuhi 100 BP

Anda tidak perlu mengada-ada untuk berbelanja sebesar itu. Alihkan saja kebutuhan belanja bulanan Anda dengan membeli produk Oriflame, sepertishampoo, sabun, sabun muka, pasta gigi,hand and body lotion, dan produk perawatan lain ke produk Oriflame.

Jadikan produk Oriflame sebagai kado. Mulailah mengecek tanggal-tanggal penting atau kejadian-kejadian penting di sekitar Anda. Mungkin tetangga Anda atau teman sekantor Anda baru saja melahirkan? Anda dapat membeli produk-produk bayi di Oriflame dan membungkusnya menjadi kado bagi teman atau tetangga Anda tersebut. Atau mungkin teman atau saudara Anda ada yang akan menikah? Belikan mereka paket-paket perawatan pribadi di Oriflame. Atau mungkin ibu atau mertua Anda akan berulang tahun? Produk parfum,body cream, dandeodorantdengan aroma yang berkelas akan menjadi kado yang sempurna untuknya.

Keuntungannya? Anda akan mendapat langsung keuntungan 30% dari harga yang dibayarkan ke Oriflame, atau 23% dari harga katalog. Setiap pembayaran yang Anda lakukan memiliki nilai point tertentu, jadi pastikan Anda memenuhi point 100 BP.

Tips ENAM: Pastikan Orang Lain Tahu Bahwa Anda AdalahMember/ConsultantOriflame

Sebagian darimemberbaru Oriflame merasa canggung bagaimana cara untuk berjualan pertama kali. Tak usah bingung. Dengan melakukan tips LIMA di atas, Anda sekaligus mempromosikan diri bahwa Anda adalahmembersekaligusconsultant. Dengan mengetahui Anda adalahconsultant,suatu saat mereka ingin membeli produk Oriflame, mereka akan mencari Anda.

Cara lain agar orang-orang tahu bahwa AndamemberOriflame adalah dengan mengganti foto profil Anda baik di media sosial seperti Facebook, maupun di WA, Line, BBM, dan media pertemanan lain dengan foto produk Oriflame, atau produk-produk yang sedang dipromosikan saat ini, entah karena baru, atau sedang di-discount.

Cara-cara ini merupakan pesan yang sangat halus sehingga Anda yang mungkin masih canggung untuk berjualan secara langsung dapat merasa nyaman. Orang lain juga akan merasa nyaman dengan cara promosi yang halus seperti ini, karena mereka tidak secara langsung Anda sodori produk-produk dan harus membuat keputusan saat itu juga.

Tips TUJUH: Gunakan Produk Oriflame 100%

Anda masih merasa belum terlalu terampil berjualan? Tidak masalah. Seperti yang sudah disampaikan di awal, Anda dapat mengalihkan kebutuhan perawatan tubuh pribadi dan keluarga ke produk-produk Oriflame, seperti kebutuhan alat-alat mandi berupa sabun,shower gel, shower cream, body scrub, shampoo, conditionerdan pasta gigi, hingga produk perawatan sepertideodorant, hand and body lotionsertabody cream. Alihkan juga kosmetik Anda ke Oriflame, mulai darifoundation, bedak,eyeshadow, blush on, lipstickdan produk kecantikan lainnya. Tanpa Anda sadari, kebutuhan belanja Anda akan mencapai 100 BP per bulannya.

Keuntungan menggunakan produk-produk Oriflame, selain Anda mendapat manfaat secara langsung dari produk-produk Oriflame, Anda juga memiliki pengalaman pribadi yang dapat Anda bagikan pada konsumen Anda. Sehingga, konsumen dapat lebih mantap karena mendapat keterangan yang sebenarnya dari Anda yang sudah mencoba sendiri produk Oriflame.

Tips DELAPAN: Optimalkan Penggunaan Katalog

Oriflamememberikan perhatian yang sangat besar pada katalog produknya. Mengapa? Sebab katalog produk selain digunakan sebagai sumber informasi mengenai produk, juga digunakan sebagai etalase untuk memajang berbagai produk yang dipasarkan. Tampilannya yang cantik akan menarik minat konsumen untuk membeli dan menggunakan produk Oriflame.

Informasi produk di katalog juga memudahkanconsultantdalammemberikan penjelasan kepada konsumen mengenai deskripsi produk, manfaat, serta cara menggunakan produk-produk Oriflame. Selain itu, dengan memanfaatkan katalog Oriflame, Anda tidak perlu berjualan layaknya seorang tukang obat. Pergunakan saja waktu-waktu saat Anda berkumpul bersama orang lain seperti arisan, pertemuan PKK, saat Anda menunggu anak Anda pulang sekolah, saat Anda di kampus, saat berkumpul bersama keluarga besar, reuni dan sebagainya. Anda tinggal membawa dan menyebarkan katalog yang Anda miliki untuk mereka baca. Lewat katalog, konsumen akan memperoleh informasi mengenai produk-produk Oriflame. Hanya saja, pastikan bahwa mereka akan menghubungi Anda ketika tertarik pada produk yang ada di katalog.

Tips SEMBILAN: Mencapai Kualifikasi Welcome Program

Di awal tadi sudah disampaikan bahwa sebagaimemberAnda mendapat keuntungan 30% dari harga yang dibayarkan ke Oriflame, atau 23% dari harga katalog. Ternyata bukan itu saja. Selain mendapat keuntungan langsung, Anda yang meraih target 100 BP juga mendapat keuntungan untuk mendapatkan produk Welcome Program. Caranya adalah, setelah memenuhi target 100 BP, untuk mendapat produk Welcome Program Anda harus melakukan order BP di bulan berikutnya minimun Rp 200.000,00. Anda akan mendapat produk GRATIS karena pencapaian kualifikasi Welcome Program ini senilai Rp 100.000,00 (WP1), Rp 125.000,00 (WP2), dan Rp 150.000,00 (WP3). Mudah dan sangat menguntungkan bukan?

Tips SEPULUH: Ajak Teman Anda(Recruit)untuk Bergabung

Dengan mengajak teman Anda untuk bergabung dalam Oriflame, Anda akan dibebaskan dari target order 100 BP. Tugas Anda selanjutnya tidak sulit, Anda hanya harus mengajari teman Anda bagaimana menjual dan mencapai target order 100 BP dalam satu periode katalog.

Nah, bagaimana? Anda berminat? Semoga artikel ini bermanfaat dan bisa menjadi panduan dalam Anda memulai bisnis Oriflame. Sukses untuk Anda!

Artikel Terkait