10 Tips Bisnis Baju Online

Sejak beberapa tahun lalu bisnis baju online sudah marak dan menjadi salah satu lahan bisnis yang memiliki transaksi paling banyak. Ragam baju yang makin banyak, serta kemudahan mengakses teknologi internet dalam genggaman membuat bisnis ini bertumbuh pesat bak tanaman di musim penghujan. Masalahnya, para pemain bisnis ini sudah begitu banyak. Dari pengamatan yang dilakukan, bisnis ini dilakukan mulai dari remaja, dewasa, hingga paruh baya. Artinya, ada begitu banyak orang yang bermain dalam bisnis ini. Bagaimana anda bisa berkembang dalam bisnis baju online yang seperti ini? Kami punya beberapa tips yang mungkin bisa anda jadikan inspirasi.

Desain Website Menarik

Tips ini khusus untuk anda yang berbisnis baju online dengan menggunakan website sendiri. Namun, meskipun anda tidak menggunakan website, ada baiknya juga mengambil poin penting dari tips yang satu ini. Website yang menarik akan membuat calon pelanggan betah untuk browsing baju-baju yang menjadi komoditas anda. Beberapa hal yang membuat website menjadi menarik adalah letak foto, ukuran gambar, kategorisasi baju yang jelas, kemudahan dalam mencari informasi, dan sebagainya. Semakin lama calon pelanggan mengakses website anda, semakin banyak mereka mengenal produk-produk anda, semakin besar pula kemungkinan calon pelanggan akan melakukan transaksi.

Lengkapi Informasi Ukuran Panjang dan Lebar Pakaian

Ada penjual yang menginformasikan barang dagangannya hanya dengan ukuran S, M, L, XL, dan seterusnya. Padahal kita sendiri pasti pernah menemukan perbedaan ukuran dengan label yang sama tapi berbeda merk. Ukuran M pada merek X bisa jadi sama dengan ukuran L pada merek Y. Jika suatu saat baju yang dibeli oleh pelanggan itu tidak pas, tentu butuh waktu untuk retur dan mengirim kembali. Nah, untuk menghindari ketidakseragaman ini anda perlu mengukur bagian-bagiannya dengan detail lalu turut menginformasikannya kepada pelanggan. Hal yang perlu diukur misal panjang kaos, lingkar dada, panjang celana, diameter pipa celana, diameter perut, dan sebagainya. Informasi yang jelas akan makin memantapkan calon pelanggan untuk bertransaksi dengan anda.

Mintalah Testimonial dari Pelanggan

Dalam bisnis online, testimoni dari pelanggan adalah hal yang cukup penting. Meskipun nanti akan ada pihak yang curiga dan menuduh bahwa testimoni-testimoni yang baik itu bisa jadi adalah buatan penjual sendiri, anda sebaiknya tetap mencantumkan. Asas kepercayaan dalam bisnis online memang sangat besar, bahkan bisa jadi lebih besar dari bisnis secara offline. Rekomendasi dari orang lain sebagai konsumen adalah hal yang sangat menguatkan calon pembeli untuk bertransaksi dengan anda.

Warna yang Beragam

Tampaknya memang sangat sederhana, yaitu sediakan pilihan warna yang beragam kepada pelanggan. Pilihan warna yang beragam ini akan memperbesar keputusan pelanggan untuk membeli baju dari lapak online anda. Mengapa demikian? Karena seperti yang kita tahu, selera orang itu begitu beragam. Ada yang merasa cocok untuk mengenakan kemeja atau dress berwarna merah, atau merah tua, ada juga yang lebih ingin menunjukkan kesegaran diri dan hidupnya dengan pakaian yang berwarna cerah. Selain soal selera pelanggan, bisa jadi ada pelanggan yang memborong sebuah produk yang sama, tetapi dengan warna yang berbeda-beda. Jadi, meskipun sederhana, soal warna ini jangan pernah disepelekan.

Kualitas Sablon/ Bordir yang Sempurna

Tips ini terdengar sangat teknis, karena bicara mengenai kualitas sablon atau bordir yang ada dalam baju anda. Setiap produsen atau penjual bisa saja mengklaim bahwa kualitas sablon ataupun bordir dalam baju yang mereka jual adalah kualitas yang terbaik. Namun sebenarnya bagaimana cara mengukur kualitas sablon tersebut? Pertama, amati apakah sablon tersebut menempel sempurna di kaos. Pertama kali yang perlu anda sajikan adalah kerapian. Kedua, pelanggan tentu kecewa ketika kaos yang didambakannya datang ke rumah, dan ketika dia membuka pembungkus kadonya, sablonan tersebut sudah saling menempel. Kualitas sablon ini sungguh menjadi modal utama bagi anda yang hendak memulai bisnis ini.

Desain yang Elegan

Pilihlah desain-desain yang elegan dan berkelas untuk dijual dalam baju online anda. Mengapa demikian? Pilihan desain tersebut sebenarnya menunjukkan siapakah konsumen yang sedang anda tuju, apa latar belakang ekonomi mereka, dari kalangan mana mereka berasal, dan sebagainya. Survei menunjukkan ada saat ini jumlah pengakses internet di Indonesia sekitar 80 juta orang, atau mencapai lebih dari 30% jumlah masyarakat. Rata-rata profil 80 juta orang tersebut adalah mereka yang termasuk kelas menengah dan tinggal di perkotaan. Itulah mengapa desain yang elegan dan membuat konsumen menjadi ?ahal?adalah sebuah keharusan dalam bisnis online anda.

Ide Desain Sesuai Mode Terkini

Sebagai pelaku bisnis online, kita harus menyesuaikan produk kita dengan apa yang sedang menjadi tren di pasaran. Kita tidak bisa selalu berfokus pada satu bentuk mode desain yang menjadi ciri khas kita, terkadang menyesuaikan dengan kondisi pasar itu perlu untuk turut mengambil peluang yang sedang diciptakan oleh pasar. Misalnya, anda sejak beberapa tahun lalu menjual produk kaos dengan kata-kata yang unik. Ketika saat ini kegiatan alam bebas (mendaki gunung) menjadi hal yang populer dan digemari oleh anak muda, anda bisa membuat desain kata-kata dan gambar yang menyimbolkan kegiatan bebas tersebut.

Membidik Pasar yang Spesifik

Pasar yang luas memang akan mendatangkan kesempatan yang lebih besar untuk mengambil keuntungan, karena siapa saja dapat membeli produk baju anda sesuai dengan selera anda masing-masing. Namun, ada kalanya kita juga perlu menggarap pasar yang spesifik. Masih mengambil contoh tentang kegiatan pendakian, jika produk kegiatan alam bebas masih menjadi primadona selama beberapa waktu ini, ada baiknya anda turut menggarap pasar tersebut dengan menjual kaos bertema alam bebas, celana PDL, jaket gunung, dan sebagainya. Libatkan diri anda dalam diskusi di dunia virtual untuk memasarkan produk anda.

Memasarkan Lewat Berbagai Media Sosial

Saran ini adalah lanjutan dari saran sebelumnya. Kini begitu banyak akun media sosial yang bisa anda manfaatkan untuk memasarkan produk anda. Akun-akun tersebut misalnya Facebook, Twitter, Instagram, Path, dan lain-lain. Temukan forum-forum penjualan ataupun diskusi di dalamnya. Jika anda memiliki akun di situs tempat berjualan online, sertakan juga link tersebut di dalam akun media sosial anda. Tentu saja untuk menjaga respek calon pelanggan kepada anda, ada kaidah kesopanan yang harus dilakukan ketika memasarkan produk anda.

Melakukan Edukasi ke Calon Pelanggan

Saran terakhir ini yang berdasarkan pengamatan kami belum sering disinggung oleh para pelaku bisnis baju online. Sebagian di antara mereka hanya menjual saja tanpa melakukan edukasi. Padahal edukasi itu penting agar calon pembeli dapat memutuskan sendiri dengan baik, produk apa yang sesuai dengan kebutuhan mereka. Terkait dengan baju, misalnya, anda bisa memberikan pemahaman mengenai kombinasi warna yang dapat digunakan, karakteristik jenis-jenis kain, dan sebagainya.

Nah, mana saran yang sudah anda lakukan? Atau anda memiliki saran lain yang dapat dibagi kepada pembaca di sini? Silakan tulis saran baik anda di kolom komentar.

Artikel Terkait