10 Motivator Top Indonesia

Tags:

Motivasi merupakan salah satu upaya menyemangati seseorang untuk tidak menyerah dalam hidupnya. Bentuk motivasi ini beragam  bisa melalui kata – kata ataupun video yang dipublikasikan secara global. Siapa sangka jika menjadi motivator juga merupakan peluang bisnis yang tak bisa dipandang sebelah mata.  Selain mampu sebagai mata pencaharian ternyata motivasi membawa banyak manfaat. Berikut beberapa manfaat motivasi yang bisa anda dapatkan:

  1. Dengan motivasi anda bisa menentukan tujuan hidup atau memecahkan sebuah permasalahan yang semula menemui titik buntu.
  2. Anda juga terdorong untuk melakukan sesuatu karena mendapatkan pergerak untuk melepaskan energy
  3. Anda juga bisa menyeleksi perbuatan yang hendak anda lakukan atau memilah mana yang baik dan yang buruk

Jenis Motivasi

Ternyata motivasi dibedakan kedalam beberapa jenis. Motivasi ini dibedakan karena setiap individu memiliki kepribadian yang berbeda – beda satu dengan lainnya. Motivasi dibutuhkan oleh siapapun tidak hanya anak didik namun juga karyawan bahkan pasangan hidup anda sendiri. Untuk mendapatkan motivasi yang tepat bagi diri anda kenali dulu jenis – jenisnya dibawah ini :

Sumber : assets-a1.kompasiana.com

  • Motivasi Ekstrinsik

Merupakan motivasi yang digunakan untuk menggerakan anda dalam memenuhi kebutuhan. Misalnya saja dalam memenuhi kebutuhan anda. motivasi ektrinsik bisa saja berujung pada hal – hal yang negative seperti ancaman maupun pemerasan. Tentu saja ini ditengarai oleh keinginan dalam memenuhi kebuthan anda.

Baca Juga:

  • Motivasi Intrinsik

Ialah motivasi yang timbul dari dorongan diri sendiri. artinya tanpa ada rangsangan dari luar anda mampu memotivasi diri anda untuk melakukan sesuatu. Untuk itulah penting bagi para orang tua untuk menanamkan sifat pantang menyerah sedini mungkin agar ia selalu berpikir positif dan percaya diri.

  • Motivasi Ketakutan

Dalam memotivasi tak melulu menggunakan bahasa yang  lembut atau ungkapan berupa nasihat manis saja. Motivasi bisa berupa ketakutan agar anda lebih berhati – hati dalam bertindak. Biarpun cukup ampuh namun jangan terlalu sering menggunakannya sebab mampu membuat anda mengalami gangguan kecemasan yang berlebihan.

  • Motivasi Sosial

Jenis motivasi ini mengutamakan kedekatan lingkungan anda seperti kerabat dan teman – teman sebagai pendorong anda untuk bergerak maju.  Motivasi social mampu membuat anak didik anda melakukan sesuatu hal dari yang dicontohkan oleh teman atau orang didekatnya yang ia kagumi atau hormati.

  • Motivasi Prestasi

Motivasi jenis ini berasal dari pencapaian tujuan yang dijadikannya penyemangat dalam melakukan sesuatu yang hendak diraih.  Biasanya seseorang yang menggunakan motivasi prestasi memiliki banyak sekali target ingin dicapai. Mereka selalu tertarik untuk melakukan tugas – tugas yang ingin dicapai.

  • Motivasi Investasi

Motivasi jenis ini ibarat kata seperti menginvestasikan diri – sendiri secara fisik dan emosional untuk menggapai yang diinginkan. Sebagai contoh jika anda ingin menjadi atlet renang maka tentu harus merelakan waktunya untuk berlatih renang. Umumnya mereka yang menggunakan motivasi jenis ini merupakan individu yang ingin meraih mimpi mereka.

  • Motivasi Sikap

Motivasi sikap terbentu dari perilaku anda yang positif. Dengan melakukan aktivitas yang baik maka anda juga membentuk pribadi semakin baik dan kuat. Anda mendapatkan dukungan dari sekitar serta cenderung berpikir positif dalam melakukan sesuatu.

Top 10 Motivator Indonesia

Pentingnya motivasi tak heran bila stasiun nasional juga menyelenggarakan program motivasi yang dibawakan motivator kenamaan Indonesia. Beberapa diantaranya mungkin juga anda kenal dan menjadi panutan hidup anda. Penasaran? Yuk simak top ten motivator Indonesia berikut ini :

Merry Riana

Merry Riana dikenal sebagai sosok yang gigih dan menjadi inspirasi bagi wanita yang hendak sukses dalam berbisnis dan menggapai impiannya.  Lahir di Jakarta pada 29 Mei 1980 silam membuatnya pernah melewati masa kerusuhan pada waktu tersebut.  Putri dari pasangan suami istri Ir. Suanto Sosrosaputro dan Lynda Sanian ini dulunya ingin melanjutkan kuliah jurusan teknik elektro di Universitas Trisakti sayang mimpinya harus kandas karena kerusuhan pada saat itu. Untuk menghindari kerusuhan tersebut Merry Riana dikirim ke Singapura seorang diri. Tanpa ada persiapan sebelumnya tak pelak jika ia sempat hidup luntang lantung di Singapura.

Pada tahun 1998 ia pun mencoba masuk ke Nanyang Technological University (NTU) untuk jurusan Electrical and Electronics Engineering (EEE). Untuk biaya kehidupan sehari – harinya ia meminjam dana beasiswa sebesar $40.000 dari bank pemerintah Singapura yang harus ia kembalikan saat lulus dan bekerja nanti. Uang tersebut bukanlah jumlah yang besar jika dibandingkan biaya rata – rata hidup di Singapura. Untuk berhemat Merry Riana kerap makan mie instan di pagi hari kemudian 2 lembar roti selai untuk makan siang dan mengikuti seminar demi makan malam gratis.

Tak ingin lambat laun terpuruk dalam kondisi keuangan yang memprihatinkan lantas ia mencoba mencari penghasilan sendiri. Ia pernah menjadi penjual bunga, penyebar brosur dan pamphlet hingga pelayan hotel. Ia juga pernah terjun di dunia bisnis seperti pembuatan skripsi, MLM, saham yang semuanya gagal yang membuatnya kehilangan banyak uang. Kesuksesannya mulai muncul saat membuka jasa keuangan bersama sang suami yakni Alva Tjenderasa. Ia juga menulis buku berjudul mimpi sejuta dollar yang juga laris manis dipasaran. Lewat buku ini pula kisah hidupnya difilmkan dan membawanya meniti karir sebagai motivator dan acap kali muncul di TV.

Tung Desem Waringin

Motivator kedua ialah Tung Desem Waringin yang juga penulis buku financial revolution yang mampu terjual hingga 10.511 pada hari pertama peluncurannya. Tak heran jika buku ini juga mendapatkan penghargaan dari MURI atas buku inspirasional pertama yang mampu terjual tinggi di hari pertama.  Ia lahir pada 22 Desember 1968 dan merupakan lulusan hokum UNS pada tahun 1992. Tung Desem Waringin pernah menjadi buah bibir dan fenomenal karena aksi bagi – bagi uang dan tiket seminar senilai Rp.100 juta di stadion sepak bola Baladika Kesatrian Serang. Aksinya ini merupakan salah satu strategi marketing untuk peluncuran buku keduanya berjudul marketing revolution.

Sejak kecil ia dihadapkan pada masa sulit saat perusahaan orang tuanya terpaksa gulung tikar. Kejadian inipula yang membawanya tertarik dengan dunia marketing. Setelah lulus kuliah iapun bekerja di BCA sebagai  Management Development Program. Kemudian ia memegang BCA cabang Surabaya yang membawahi 22 cabang pembantu setelah menyelesaikan masa trainingnya. Pada tahun 2001 ia memilih bersolo karir sebagai pembicara dibeberapa media.

Pernah suatu ketika ayahnya sakit dan harus dibawa ke rumah sakit di Singapura untuk dirawat intensif. Gajinya sebagai pemimpin cabang BCA habis untuk pengobatan sang ayah, itupun belum cukup untuk membayar  tagihan rumah sakit. Ia pernah mengatakan gaji sebulannya di bank tidaklah cukup untuk membayar biaya pengobatan sang ayah selama satu hari saja. Ia pun merasa frustasi karena tak mampu membantu banyak untuk orang yang ia sayangi. Untuk menyemangati dirinya ia lantas membeli DVD motivasi Anthony Robbins. Setelah mendengarkan kaset motivasi tersebut, pola pikirnya mulai berubah dan menjadi lebih positif. Inilah yang melatar belakangi Tung Desem Waringin untuk menjadi motivator yang dapat menyemangati orang lain.

Bong Chandra

Sebelum menjadi motivator Bong Chandra lebih dikenal sebagai pebisnis sukses. Sejak kerusuhan 1998 bisnis kue orang tuanya pun ikut bangkrut dan membuat Bong Chandra bekerja keras sejak belia. Ia pernah berjualan parfum, VCD hingga pakaian saat duduk dibangku SMA. Ia pun tak main – main dalam berjualan bahkan pernah membuka lapak sendiri di pasar Taman Puring, Jakarta. Alhasil ia pun sukses sebagai pebisnis handal di usia belia dengan menjadi seorang pebisnis dibidang real estate dan pencucian mobil. Bisnis pencucian mobilnya dibangung di kota Bandung, Buah batu hingga serpong yang memiliki karyawan hingga 100 orang.

Ia pun memegang perusahaan property yang nilainya bahkan mencapai Rp.180 miliar sejak Januari 2017. Tak berhenti disitu saja ia kerap diundang menjadi pembicara dalam seminar baik dari kalangan mahasiswa, dokter, ahli hokum, ibu rumah tangga, CEO dan masih banyak lagi lainnya. ia juga menerbitkan buku berjudul Unlimited Wealth yang laris manis dipasaran. Sekiranya sudah lebih dari 15.000 orang telah mendengarkan motivasinya secara langsung. Anda juga bisa mengunjungi websitenya di www.bongchandra.com untuk melihat aktivitas Bong Candra selama ini.

 Andrie Wongso

Lahir pada Desember tanggal 6 di tahun 1954, tak ada yang mengira jika  Andrie Wongso akan menjadi motivator yang mampu menginspirasi banyak orang. Anak kedua dari tiga bersaudara ini merupakan bagian dari keluarga kecil yang hidup miskin di kota Malang. Saat usianya masih 11 tahun ia pun terpaksa berhenti dari sekolah dasar. Ia berhenti untuk bekerja sebagai penjual kue di toko – toko maupun pasar. Pada saat umunya menginjak 22 tahun  Andrie Wongso nekat merantau ke Jakarta dan bekerja sebagai salesman sabun hingga pelayan toko.

Karir  Andrie Wongso ini cukup unik sebab ia pernah menjadi bintang film dan menandatangani kontrak selama tiga tahun dengan Eterna Film Hongkong. Setelah kontraknya berakhir ia memilih untuk kembali ke Indonesia dan mulai membuka bisnis kartu ucapan dengan merk Harvest. Ia lalu mendirikan AW publishing dan AW motivation traning. Inilah awal ia mulai menjadi pembicara dan diundang ke berbagai seminar mulai dari kalangan universitas hingga perusahaan. Tak heran jika kepopulerannya membuat  Andrie Wongso sering nongkrong di majalah maupun tabloid bahkan di TV nasional.

Ippho Santosa

Satu lagi motivator kebanggan tanah air yakni Ippho Santosa yang lahir di Riau, 30 Desember 1977 silam. Sebenarnya tanpa menjadi seorang motivator Ippho Santosa tetap saja sukses. Ia pernah bekerja di Sinar Mas Group, Genting Highland hingga perusahaan Filipina. Ia juga pernah menjabat sebagai penerjemah di Universitas Internasional Batam dan ILO. Ia dikenal dengan belasan bukunya yang berhasil mencetak angka penjualan tinggi seperti Muhammad sebagai pedagang, hanya 2 menit, Moeslim Millionaire dan masih banyak lagi lainnya.

Ippho Santosa juga memiliki bisnis yang dibangun sendiri seperti beberapa waralaba, Khalifa Daycare, TK, Kadijah Sliming dan beberapa bentuk investasi lainnya. tak hanya sukses sebagai pembicara di dalam negeri Ippho Santosa juga sering diundang untuk mengisi seminar internasional.

James Gwee

James Gwee merupakan lulusan IT di salah satu universitas Singapura. Mula – mula ia membuka sebuah kursus computer bersama dengan teman – temannya yang membawa karir James Gwee ke jalan pembicara. Ia juga membuka beberapa waralaba di Singapura dan Indonesia. Merasa kerasan tinggal di Indonesia ia pun menjual saham tempat kursus komputernya dan mulai membuka jasa konsultasi sendiri. Seiring berjalannya waktu ia mulai membuka workshop sendiri di era 90-an. Ia dikenal sebagai pembicara yang kocak dan mampu membius pendengarnya untuk selalu memperhatikan motivasi yang ia bawa. Tak heran jika ia juga pernah memenangkan predikat r Indonesia’s Favourite Trainer. Hingga kini telah lebih dari 1 juta orang mengikuti seminarnya dan buku serta CD workshopnyapun laris dipasaran.

Christian Adrianto

Inilah salah satu motivator kebanggaan Indonesia yakni Christian Adrianto. Ia pernah dipercaya untuk memberikan motivasi ke lebih dari 100 perusahaan dan pernah mengisi acara motivasi di 7 televisi nasional. Karirnya sebagai motivator telah berjalan kurang lebih 10 tahun sejak 2004. Ia juga merupakan penulis buku best selling berjudul Miracle of Happiness.  Pria yang lahir pada 23 Mei 1982 ini merupakan anak kedua dari 4 bersaudara. Saat SMP ia pun hidup berpindah – pindah bahkan pada tahun 2008 pernah tinggal dengan teman sekosnya. Hidup Christian Adrianto dulu tak semulus saat ini sebab ia pernah mengalami kesulitan keuangan.

Lucunya ia ternyata pernah diajak sang kaka untuk mengikuti seminar Tung Dasem Waringin pada Juli 2008 lalu. Dari seminar ini ia terinspirasi dengan sosok Tung Darsem Waringin dan membuatnya termotivasi menjadi seorang trainer dan motivator. Tak disangka keputusannya ini ternyata benar – benar terkabul, bahkan ia pernah bekerja sama dengan Tung Darsem Waringin di beberapa kesempatan acara. Ia juga pernah mengisi acara motivasi di luar negeri seperti Sydney,Hangzhou, Shanghai, China dan Ho Chi Minh.

 Hermawan Kartajaya

Hermawan Kartajaya dikenal sebagai founder dari markplusinc.com. ia juga memiliki banyak buku yang terjual laris dipasaran seperti Hermawan on Marketing, Hermawan Kartajaya on Differentiation, Metrosexuals in Venus dan masih banyak lagi lainnya. kesuksesannya dalam memberikan motivasi mampu menyabet penghargaan 50 Gurus Who Have Shaped The Future of Marketing oleh The Chartered Institute of Marketing dari Inggris. Pria kelahiran Surabaya, 18 November 1947 ini menjabat Presiden dari Markplus&Co.  Markplus&Co merupakan perusahaan konsultan manajemen di Asia yang berdiri sejak 1990.

Ia merupakan mahasiswa teknik elektro di ITS namun tak sampai lulus sampai sarjana. Pada tahun 2010 ia mendapatkan gelar Doctor Honoris Causa  yang merupakan anugerah pertama sepanjang sejarah bagi ITS yang diberikan kepadanya atas pencapaian ilmu pemasaran dunia.  Hermawan Kartajaya adalah orang pertama yang berhasil membangun model pemasaran internasionalnya sendiri.

Krishnamurti

Tokoh motivator kenamaan selanjutnya ialah Krishnamurti yang juga pernah mendapatkan penghargaan sebagai The Most Favourite Speaker di “Indonesia Hypnosis Summit” 2011 s/d 2013.  Jika sat melamar pekerjaan anda cenderung melampirkan CV dan ijazah namun tidak untuk Krishnamurti. Ia malah memberikan proposal yang berisi tentang apa yang akan dilakukannya jika diterima di perusahaan tersebut. Krishnamurti sudah menjadi karyawan selama 12 tahun sehingga kerap mengisi beberapa acara perusahaan.  Ia juga pernah menulis buku berjudul Meditasi di Sydney, 200 Pertanyaan yang Menyembuhkan,  NLP ala Backpacker (Pohon Cahaya) dan masih banyak lagi lainnya.

Yohanes G. Pauly

Ia merupakan motivator yang dikenal dengan pembawaan fun dan topic yang dibawakannya selalu mengena dihati pendengar. Anda akan didorong untuk lebih action ketimbang ngomong doang. Ia pernah mendapatkan peringkat satu dari 1,000 business coach pada ajang ActionCOACH. Karir bisnisnya yang pertama ialah menjadi seorang salesman door to door ketika usianya masih 11 tahun. Kini ia merupakan CEO dari Gratyo ActionCOACH Indonesia. Ia pernah menyabet penghargaan “The Best Quality Improvement Coaching Company Of The Year” dari Indonesian Entrepreneur & Education Awards. Untuk urusan memotivasi orang maka bisa dibilang Yohanes G. Pauly adalah ahlinya apalagi jika menyangkut bisnis.

 

 

 

 

 

Loading...

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?

Komentar Dengan Facebook

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *