10 Ciri-Ciri Orang Sukses

Kesuksesan seringkali dimaknai sebagai kelimpahan harta, tumpukan emas batangan, mobil-mobil yang terparkir rapi di halaman rumah megah yang asri. Apakah memang benar demikian? Barangkali yang ada di pemahaman sebagian besar dari kita adalah demikian. Namun kita juga perlu memaknai bahwa kesuksesan sebenarnya dimulai dari sifat dan sikap hidup kita sejak sekarang. Dengan kata lain, memang ada ciri-ciri orang sukses dalam kehidupan mereka. Apa saja ciri-ciri tersebut? Mari kita simak.

Ciri-ciri orang sukses

Memiliki impian yang besar

Ada kutipan bijak yang sangat menarik: “If people aren’t laughing at your dreams, your dreams are not big enough.” Kira-kira kutipan itu ingin mengatakan bahwa ketika orang-orang tidak menertawakan mimpi anda, maka mimpi anda itu tidak cukup besar. Tidak seperti jenis-jenis investasi yang mengandung risiko, memiliki impian sama sekali tidak mengandung risiko. Oleh sebab itu bermimpilah setinggi-tingginnya, sebesar-besarnya, hingga orang yang mendengarkan mimpi anda itu sampai berpikiran bahwa tidak mungkin akan terjadi. Apa artinya impian besar? Impian besar yang terus menerus dihidupi dalam sikap hidup anda perlahan akan membawa anda kepada gerbang kesuksesan yang tidak ada batasnya. Tanpa sadar, impian-impian kecil anda akan terwujud satu per satu dalam rangka mewujudkan impian besar tersebut.

Mau bekerja keras dan cerdas

Sering orang berkata, “Work smart, not work hard.” Anda perlu menyadari bahwa kutipan tersebut mengandung pilihan. Pertanyaannya, mengapa kita harus memilih kalau kita bisa melakukan keduanya dan mengharapkan hasil yang luar biasa? Bekerja secara keras dan cerdas adalah ciri mutlak yang akan sukses di masa depan mereka. Orang akan sering berpikir, dengan usaha yang kecil akan menghasilkan hasil yang besar. Bagaimana kalau usaha tersebut kita besarkan, lalu akan menghasilkan hal yang jauh lebih besar lagi? Itulah mengapa kerja keras dan kerja cerdas saja tidak cukup, keduanya memang perlu dikombinasikan. Ketahuilah cara kerja yang paling efektif untuk menuju kesuksesan anda, kemudian bekerja keraslah pada usaha itu hingga anda merasa terbiasa dengan pola ini.

Jarang mengeluh

Berbagai penelitian menyimpulkan bahwa sebuah keluh kesah yang disampaikan seorang kepada orang lain barangkali memang meringankan beban mereka. Namun tahukah anda bila kita sering sekali mengeluh, beban yang kita hadapi tersebut justru akan semakin berat? Di sisi lain keluhan dapat membawa aura negatif bagi yang mendengarkan. Hal itulah yang membuat orang lain tidak nyaman mendengarkan keluhan Anda. Karena itu, sebelum mengeluh, pikirkan terlebih dulu apakah hal yang ingin Anda keluhkan itu membutuhkan solusi atau tidak. Orang yang akan sukses biasanya terlihat tegar ketika sedang mengalami hal yang berat dalam hidupnya. Anda yang akan sukses biasanya memgan mampu mengelola beban hidupnya tanpa harus banyak mengumbar keluhan sana sini.

Optimis dalam melihat hambatan

Dengan optimis, berarti anda selalu memiliki harapan untuk tetap maju dan bertahan sesulit apapun keadaannya. Anda bisa menanamkan kebiasaan optimis dengan cara mendisplinkan diri untuk hanya memikirkan dan membicarakan apa yang anda inginkan, dan menjauhkan pikiran serta perkataan dari apa yang tidak anda inginkan. Anda bisa menjadi orang yang optimis, dengan terus menerus memikirkan aksi-aksi apa yang bisa segera dilakukan, agar semua target penting bisa tercapai. Semakin sibuk anda mengejar target, semakin berenergi dan antusias anda. Jadi bisa dikatakan bahwa sikap optimis itu adalah bahan bakar yang menggerakkan anda untuk konsisten meraih target yang anda tetapkan.

Berkomunikasi dengan baik

Menurut berbagai survei, sekitar 85% persen dari kesuksesan dalam hidup berkaitan secara langsung dengan kemampuan berkomunikasi dan keterampilan membina hubungan. Hal ini bisa berarti anda sangat menghormati lawan bicara anda dengan bertutur kata yang sopan, kontak mata, tersenyum, tidak ragu memuji, memberikan motivasi, dan sebagainya. Bahwasanya berhubungan dengan orang adalah sebuah investasi bagi kesuksesan anda kelak. Bagaimanapun juga orang sukses biasanya memang memiliki hubungan kerjasama yang baik dengan pihak lain. Dia tidak benar-benar berdiri sendiri, artinya dia berhasil membangun lingkungan yang mendukung untuk mengembangkan kesuksesan dirinya.

Tidak pernah berhenti belajar

Ada pepatah mengatakan ‘Stop learning, stop growing.’ Ya, ketika anda berhenti untuk belajar, anda telah berhenti bertumbuh. Menyedihkan bukan? Ciri-ciri yang satu ini biasanya ada pada diri orang yang akan sukses. Anda tidak akan pernah berhenti belajar, selalu tidak ada kata puas dalam menambah khazanah pengetahuan anda mengenai banyak hal, terutama apa yang menjadi pekerjaan atau bisnis anda saat ini. Lantas bagaimana ciri ini dapat diwujudkan dalam kehidupan sehari-hari? Anda bisa melakukan banyak sekali hal untuk dapat terus belajar, misalnya: membaca buku, membaca situs-situs internet tertentu, berdialog dengan orang yang lebih mengetahui, serta mencatat segala macam pengetahuan baru yang anda dapatkan. Orang-orang yang akan sukses biasanya memiliki pengetahuan yang cukup banyak dan minat yang besar untuk terus menambahkan itu semua. Contoh buku yang dapat anda baca untuk meningkatkan pengetahuan adalah Buku Self Improvement 101, karya John C. Maxwell seperti dibawah ini.

Memutuskan untuk bahagia

Pernahkah anda melihat buruh gendong di pasar yang sedang bercanda dengan temannya sampai terbahak-bahak? Mereka terlihat bahagia di tengah badan yang letih menopang barang dagaan hingga berpuluh-puluh kilogram tiap harinya. Maka kita tentu sepakat ketika ada yang mengatakan bahagia adalah pilihan, dan orang yang akan sukses biasanya selalu memutuskan untuk bahagia dengan keadaannya. Uang yang banyak, bisnis yang tumbuh pesat di mana-mana, serta kumpulan mobil dan rumah bukanlah jaminan seseorang akan berbahagia. Lalu apa artinya bahagia bagi kesuksesan seseorang? Bahagia adalah keputusan yang tidak perlu anda ragukan. Ketika bahagia, tubuh kita akan menjadi lebih sehat, pikiran kita akan menjadi lebih jernih, aura kita akan memancarkan kehangatan yang menyenangkan bagi orang di sekitar kita. Maka tidak heran ketika orang berkata: syarat orang yang akan sukses adalah mampu memutuskan untuk bahagia.

Totalitas menghadapi tantangan

Hampir bisa dipastikan anda jarang mendengar cerita ada orang sukses yang mengerjakan segala sesuatunya dengan setengah-setengah. Apapun pekerjaan yang anda lakukan tidak akan pernah berarti apa-apa jika hanya dikerjakan setengah hati. Totalitas sangat diperlukan manakala kita mengerjakan suatu pekerjaan atau tugas. Sering kali kita terjebak dalam rutinitas belaka. Bekerja hanya seadanya, dengan memenuhi ?ukun dan syarat?dan setelah itu selesai. Padahal dengan totalitas itu kita bisa mengerahkan seluruh energi dan perhatian pada satu hal sehingga betul-betul menghasilkan sesuatu yang sangat berguna bagi diri kita. Ada nasihat juga yang mengatakan, ?alau anda diminta memberi 6, berilah mereka 10.?Tentu maksud dari nasihat ini adalah jangan hanya memberikan apa yang diharapkan oleh orang, anda harus mampu menunjukkan totalitas anda dengan memberi lebih dari yang mereka harapkan.

Proporsional dan tahu batasan

Meskipun kita bekerja dengan menerapkan semangat totalitas, kita tidak bisa secara serampangan mengerjakan segala sesuatu dengan totalitas. Selain hal itu tidak akan mungkin bisa terjadi, konsekuensi yang akan anda hadapi barangkali adalah kehabisan waktu. Orang yang akan sukses biasanya memiliki ciri proporsional dan tahu batasan. Artinya, dia mengerti kapan harus benar-benar totalitas pada suatu pekerjaan, kapan dia bisa memberi batasan dalam bertotalitas tersebut, dan harus dibagaimanakan urusan-urusan yang harus dia kerjakan tersebut. Memang orang yang akan sukses biasanya memiliki impian yang besar dan tujuan-tujuan kecil untuk mencapai impian itu. Nah, tujuan itulah yang akan membuat mereka menjadi proporsional dan tahu batasan.

Memiliki investasi

Berbagai kalangan menilai, orang yang akan sukses biasanya memiliki investasi, baik dalam hubungan, pengetahuan, maupun secara finansial. Nah, untuk yang terakhir ini memang tidak selalu mudah, tetapi minmal mereka memiliki pengetahuan untuk dengan tepat menentukan tujuan investasi mereka, investasi apa yang dipilih, dan bagaimana mereka menjalankan strategi investasi tersebut. Barangkali anda memiliki tujuan yang pendek dengan melakukan investasi deposito (baca: Begini Cara Menghitung Bunga Deposito), atau tujuan menengah hingga jangka panjang dengan investasi emas (baca: Mengapa Anda Harus Melirik Investasi Emas Batangan?), hingga properti (baca: 10 Tips Investasi Properti). Apa artinya investasi bagi kesuksesan? Artinya orang yang akan sukses sudah bisa berpikir jauh ke depan, bagaimana dia akan menyiasati hidup, paling tidak dari perkembangan sistem ekonomi di mana dia tinggal.

Nah, itu tadi beberapa ciri orang sukses yang bisa kami bagikan. Apakah ciri-ciri tersebut ada di dalam diri anda? Bersyukurlah apabila anda memiliki semua ciri-ciri tersebut. Beruntung juga ketika anda memiliki beberapa dari ciri-ciri yang sudah kami sebutkan dalam artikel ini. Bagi anda yang belum memiliki ciri-ciri di atas, berbesarlah hati dan latih diri anda untuk tetap jadi optimis. Pertama-tama memang berat, tapi tentukan tujuan anda dengan jelas, maka semua ciri-ciri orang yang akan sukses itu segera akan anda genapi.