10 Cara Meningkatkan Produktivitas Kerja

Karyawan dengan budaya kerja yang produktif adalah hal yang sangat didambakan oleh para pemilik perusahaan. Bagi anda yang seorang karyawan, tentu anda juga menjadi merasa sangat berarti ketika seharian ini anda bisa melakukan kinerja yang produktif. Terutama bagi anda yang seorang pengusaha, produktivitas kerja dari diri anda ini akan sangat menentukan seberapa besar kesuksesan yang akan anda peroleh. Nah, kali ini kami akan membagi 10 cara meningkatkan produktivitas kerja yang barangkali perlu anda ketahui.

Fokus, fokus, dan fokus

Tidak diragukan lagi, fokus adalah kunci paling utama pada diri kita untuk meningkatkan produktivitas. Pertama-tama kita perlu fokus pada tujuan kita. Tujuan tersebut perlu ditulis dengan spesifik, sehingga sangat memunculkan gambaran yang jelas dalam benak kita. Tujuan yang kuat dan menantang akan membuat kita mengerahkan kita agar fokus untuk mencapai tujuan tersebut. Fokus juga berarti tidak mengerjakan hal lain ketika kita sedang mengerjakan satu pekerjaan. Kita barangkali sudah mengenal istilah multi-tasking, yang berarti mengerjakan banyak hal dalam satu waktu. Hal ini memang mungkin bisa kita lakukan. Namun penelitian menyebutkan otak kita tidak diciptakan untuk seperti itu. Ketika kita melakukan multi-tasking, kita akan kehilangan intensitas dan dengan demikian kualitas pekerjaan kita. Dan kita pastinya sepakat, produktivitas bukan melulu soal kuantitas, tapi soal kualitas juga.

Bangun lebih pagi

Ingat pesan dari orang-orang tua ketika menyuruh anaknya bangun lebih pagi? Mereka bilang,?angan sampai rejekimu keduluan dimakan ayam..?Rupanya hal itu memang ada benarnya, karena berbagai penelitian membuktikan bahwa bangun lebih pagi membuat tubuh lebih sehat dan menciptakan mood yang baik seharian. Meskipun hanya bangun satu jam lebih awal dari jam bangun biasanya, kita akan merasa bahwa hari kita akan menjadi lebih panjang ketika bangun pagi. Selain itu ketika bangun pagi hari, kita akan mendapatkan kondisi otak yang tenang dan fokus, sehingga dapat digunakan untuk memecahkan masalah-masalah penting. Jadi, tidak diragukan lagi, bangun pagi adalah salah satu cara efektif untuk meningkatkan produktivitas kerja anda seharian.

Tentukan prioritas

Sekeras apapun anda bekerja, anda tetap tidak bisa mengerjakan banyak sekali pekerjaan dalam satu waktu. Maka anda perlu berpikir untuk membuat daftar pekerjaan-pekerjaan yang harus anda selesaikan dalam satu hari, lalu urutkan daftar tersebut berdasarkan prioritas. Beberapa pakar manajemen menyarankan anda untuk mengerjakan tugas-tugas yang lebih berat dan lebih penting di awal hingga tengah dalam sepekan. Mengapa? Karena dengan demikian anda bisa memberi sedikit kelonggaran pikiran dan waktu pada tengah hingga akhir pekan. Mengerjakan tugas yang berat di awal-awal pekan akan memberi anda waktu untuk sedikit rileks dan memikirkan untuk membuat inovasi dalam pekerjaan anda.

Memberikan deadline

Bagai seorang wartawan yang menulis berita dengan dikejar deadline, begitu juga yang perlu kita lakukan pada daftar pekerjaan kita. Bedanya, deadline tulisan wartawan ditentukan oleh redaktur, sedangkan kita bisa mengatur sendiri deadline pekerjaan kita sesuai dengan waktu yang diberikan oleh atasan. Atau bila anda pengusaha, anda menjadi raja untuk bisa menentukan deadline urusan-urusan yang harus anda rampungkan. Setelah menentukan prioritas tadi, jangan sampai hal-hal penting memakan waktu terlalu banyak sampai pekerjaan yang kurang penting tidak kebagian waktu. Fokus boleh, tentukan prioritas boleh, tapi jangan sampai lupa waktu. Bagaimanapun, pekerjaan yang kita tempatkan pada prioritas bawah, adalah juga pekerjaan yang punya nilai sama dengan yang ada di prioritas atas. Lagipula, kalau kita hanya bisa memberikan pekerjaan terbaik pada yang ada di prioritas atas, apa kemudian fungsi dari manajemen kerja? Maka, menentukan deadline pada tiap pekerjaan adalah tuntunan bagi kita untuk tetap bisa mengerjakan semua pekerjaan.

Ambil jeda waktu

Tubuh dan pikiran kita bukan mesin yang bisa dihajar seharian tanpa harus sedikit ?ernafas?untuk mempertahankan kualitas kerja. Maka berikan jeda waktu sedikit saja, jangan terlalu lama, ketika anda telah menyelesaikan satu pekerjaan dan akan beranjak ke pekerjaan yang lain. Barangkali anda bisa mengambil waktu istirahat 10 menit setelah dua jam bekerja. Lakukan hal-hal kecil saja seperti meregangkan sendi, berjalan santai di dalam ruangan sambil membuat kopi, dan sebagainya. Terutama bagi anda yang harus memandang layar monitor komputer seharian ketika bekerja, anda harus memberi jeda pada mata anda agar tidak mengalami kerusakan yang tentu saja tidak anda harapkan. Pandanglah objek yang jauh dan fokuskan pada objek itu agar mata anda tidak merasa terlalu lelah.

Menghadiahi diri sendiri

Setelah kita selesai mengerjakan satu atau beberapa pekerjaan penting, ada baiknya kita menghadiahi diri sendiri pada suatu waktu. Hal ini diyakini mampu memunculkan motivasi yang besar ketika bekerja. Tentu saja ini bukan pemborosan atau aksi foya-foya seperti yang dilakukan oleh banyak kalangan muda. Anda bisa menghadiahi diri anda dengan, misalnya, rileks di sebuah kafe setelah bergelut habis-habisan dengan pekerjaan yang berat. Pesan saja sebuah kopi yang nikmat, serta kudapan yang berselera bersama teman-teman. Atau hadiahi diri anda dengan barang yang memunculkan motivasi baru, seperti membeli sepatu lari. Dengan hadiah itu, selain memotivasi anda untuk bekerja lebih keras, juga akan memotivasi anda untuk membentuk kebiasaan hidup yang lebih baik dengan berolahrga misalnya.

Evaluasi diri sendiri

Setiap pekerjaan perlu kita refleksikan, perlu kita evaluasi kembali. Jangan pernah menggantungkan evaluasi pekerjaan tersebut pada atasan anda, anda perlu memiliki inisiatif dalam diri anda untuk melakukan evaluasi atas kinerja anda tersebut. Hal ini akan menunjukkan bahwa anda memiliki standar terbaik untuk diri anda sendiri. Hal-hal yang perlu dievaluasi dalam pekerjaan anda itu, misalnya, kualitas pekerjaan, kontak dengan bagian lain, waktu mengerjakan, hambatan, hal yang bisa ditingkat, dan sebagainya. Dengan melakukan evaluasi atas pekerjaan tersebut kita bisa dengan jelas meningkatkan kualitas dan produktivitas kerja kita ke depan. Ada hal-hal yang bisa kita tingkatkan efektivitasnya dengan melakukan evaluasi pada tiap pekerjaan tersebut.

Merapikan meja kerja

Ada penelitian yang membuktikan bahwa lingkungan kerja yang rapi dan bersih akan meningkatkan produktivitas kerja dari karyawannya. Hal ini bisa dibayangkan sangat jelas dalam benak kita. Coba bayangkan, bagaimana kita bisa bekerja dengan produktif ketika ditemani tumpukan berkas yang berserakan di meja kita? Bagaimana kita bisa bekerja dengan produktif ketika kita harus mencari-cari berkas di antara tumpukan berkas yang jarang kita sentuh? Jadi rapikan meja kerja anda sekarang juga. Segera sortir berkas-berkas yang tidak dibutuhkan untuk dipindahkan ke kardus. Tata dengan rapi berkas yang dibutuhkan, peralatan tulis, dan semua yang anda gunakan sehari-hari dalam pekerjaan anda.

Hindari sosial media

Sosial media adalah sarana yang sangat baik bagi anda untuk menjalin hubungan dengan teman lama, menambah jaringan kerja profesional, serta membuka peluang kerja sama bila anda seorang pengusaha. Namun, jangan pernah membuka sosial media ketika anda sedang fokus mengerjakan tugas dan pekerjaan anda. Selain karena berarti anda melakukan multi-tasking, berbagai penelitian menyebutkan kalau terlalu sering membuka sosial media akan menyebabkan kecanduan, tidak fokus, dan kecemasan berlebih. Tentu saja hal ini bersifat kontraproduktif dengan tujuan anda memperbaiki produktivitas kerja.

Menambah pengetahuan anda

Jangan lupa untuk mengupdate pengetahuan anda mengenai banyak hal, terutama yang berkaitan dengan kinerja anda. Pengetahuan kini bisa didapat dari mana saja. Anda bisa bertanya dan mengobrol dengan rekan kerja yang lebih berpengalaman, anda bisa membaca buku, dan yang paling mudah, anda bisa mencari pengetahuan tersebut di internet. Ketika anda memiliki pengetahuan yang luas, anda akan memiliki waktu yang lebih singkat ketika melakukan pekerjaan. Keefektifan menggunakan waktu ini tentu saja membuat produktivitas kerja anda akan meningkat. Hanya saja, pastikan anda tidak malah membaca-baca saja ketika sedang mengerjakan pekerjaan anda.

Nah, itu tadi sepuluh tips untuk meningkatkan produktivitas kerja anda. Pada intinya, anda perlu untuk membuat prioritas, deadline, dan berusaha sekeras mungkin untuk mencapai deadline tersebut. Memang tidak mudah untuk memulainya, tetapi ketika anda telah terbiasa, hal ini akan lebih mudah untuk dijalani.