10 Cara Meningkatkan Pengunjung Website

Apakah anda sudah memiliki website? Apakah fungsi dari website yang anda miliki tersebut; untuk mendapatkan pemasukan dari iklan-iklan yang berdatangan atau untuk mengenalkan perusahaan anda kepada masyarakat pengguna internet? Apapun alasan yang anda tempatkan pada kedua fungsi tersebut, kita perlu memahami bahwa peningkatan pengunjung ke website kita adalah sebuah hal baik dan menguntungkan yang perlu kita perjuangkan. Lantas apa saja usaha-usaha yang harus kita lakukan agar website kita mengalami peningkatan pengunjung yang cukup signifikan? Mari kita simak beberapa ulasan di bawah.

Buatlah domain dan judul artikel yang seo friendly

Tujuannya jelas ketika orang mengetikkan kata di mesin pencarian, website dan judul artikel anda akan muncul pada bagian atas. Buatlah domain yang mudah dikenali oleh mesin pencari, serta judul dan konten yang memuat kata kunci yang tepat. Beberapa saran yang dapat anda lakukan untuk memenuhi itu adalah menulis konten yang relevan, memasukkan kesimpulan di awal, membuat link antar artikel yang saling berkaitan, dan menggunakan alt dan title di image. Memang terdengar agak rumit ketika anda membaca ini tetapi pada dasarnya anda ditantang untuk membuat konten yang relevan dengan kata kunci yang dicari oleh orang-orang di mesin pencarian.

Pilih hosting yang tepat

Hosting merupakan salah satu hal yang harus penting ketika anda membangun sebuah web. Hosting yang tepat akan memberikan kemudahan akses web kita oleh pengunjung. Maka kita harus jeli memilih web hosting yang baik agar citra website kita di mata pengunjung juga. Apa saja yang perlu dipertimbangkan dari penyedia hosting? Saat ini pilihan penyedia hosting banyak sekali, maka anda harus memerhatikan hal-hal yang ditawarkan seperti space, bandwith, harga, dan fitur. Karena pilihan yang bervariasi, maka anda harus kembali pada kebutuhan yang ada pada website anda. Tiap website memiliki kebutuhan yang berbeda dilihat dari konten, jumlah pengunjung, aplikasi, dan sebagainya. Masing-masing kebutuhan bisa jadi membutuhkan spesifikasi hosting yang berbeda pula.

Memasang visitor counter

Kita bisa juga memasang visitor counter. Apa fungsinya? Visitor counter akan memberikan statistik dari pengunjung atau visitor. Data statistik itu berupa berapa kali web kita dilihat, dari mana saja pengunjung berasal, berapa yang sedang membaca blog kita dan lain sebagainya. Namun ada fungsi lain yang tidak langsung seperti yang terbut diatas. Yaitu, untuk mengetahui seberapa berhasilkah usaha kita untuk melakukan promosi website. Dengan mengetahui statistik kunjungan, maka kita bisa menyusun strategi-strategi apa saja yang musti dilakukan nantinya. Dengan begitu usaha yang dilakukan pun menjadi lebih terarah. Jadi intinya supaya usaha kita untuk meningkatkan pengunjung website ini terukur dan dapat dianalisis.

Memasang plugin wajib

Plugin wajib ini bisa berupa all in one seo pack/yoast; yarpp; simple social buttons; dan pingler. Plugin ini diyakini sangat membantu dalam menjalankan website anda. Namun ada satu hal yang perlu anda pertimbangkan yaitu kapasitas server anda. Semakin banyak anda memasang plugin, maka semakin berat juga website akan mengakses fungsi-fungsi itu. Akibatnya, loading akan lebih lama bila koneksi juga tidak terlalu baik. Solusinya adalah dengan memilih plugin yang memiliki beberapa fungsi sekaligus supaya nanti tidak dipasang yang terlalu banyak.

Membuat Fanspage

Selain memperbaiki yang ada di dalam website anda, anda juga bisa menarik kunjungan dengan cara membuat Fanspage di Facebook. Cara membuat Fanspage ini sangat mudah, jauh lebih mudah daripada membangun sebuah website itu sendiri. Bagaimana agar Fanspage ini dapat dikunjungi oleh banyak orang sehingga dapat mengarah kepada website anda? Beberapa prinsipnya sama seperti yang sudah dikemukakan di atas ketika anda membuat website. Paling tidak buatlah nama Fanspage yang mudah relevan, mudah diingat, dan spesifik mengenai tema tertentu?ema pada website anda. Selain itu buatlah konten yang relevan dan bersifat humor untuk menarik pengunjung ke Fanspage, lalu ke website anda.

Baca juga: 5 Cara Meningkatkan Like di Facebook Fanspage

Berperan aktif di forum

Melalui akun-akun jejaring sosial anda, anda bisa mengikuti berbagai grup yang relevan dengan bahasan tema anda. Setelah anda bergabung dengan grup tersebut, pastikan anda berperan aktif di grup dan secara halus menggiring para pengunjung untuk mendatangi blog anda demi sebuah informasi penting yang harus mereka tahu. Peran aktif tersebut bisa anda lakukan dengan, misalnya, memposting suatu hal secara berkala. Tidak hanya posting, anda juga perlu mengelola dengan baik komentar-komentar yang ada di bawahnya. Pastikan juga anda mengomentari postingan orang lain dalam grup anda, tunjukkan bahwa anda respek. Selain itu, anda juga perlu untuk menekankan cara yang etis dalam mempromosikan website anda di forum.

Daftarkan website di mesin pencari (Google, Bing, Yahoo), RSS Feed burner, google webmaster tool.

Cara ini tentu saja paling mudah karena alamat website anda akan tercatat dengan baik di sana. Namun, apakah cara tersebut efektif? Bukankah search engine biasanya melakukan crawl pada semua website atau blog yang ada? Memang betul, tetapi pendaftaran pada mesin pencari diyakini mengoptimalkan indeks. Beberapa pakar SEO menyarankan untuk mendaftarkannya pada mesin pencari yang sudah kita tahu dan sering kita gunakan. Misalnya, yang paling terkenal dan banyak digunakan adalah Google. Pendaftaran website anda ke dalam Google merupakan langkah awal untuk melakukan SEO, yaitu memaksimalkan hasil indeks Google terhadap url blog/website maupun setiap halamannya.

Membuat backlink yang berkualitas

Backlink adalah tautan yang berada di situs lain dan mengarah ke situs kita. Hal ini penting dalam hal SEO, karena backlink akan membuka kesempatan situs Anda untuk berada di posisi atas dalam mesin pencari. Banyak mesin pencari, salah satunya Google, yang menjadikan backlink sebagai aspek dalam algoritmanya. Nah, jika website anda memiliki jumlah backlink yang berkualitas dan banyak maka website Anda akan lebih dipandang baik di mata Google. Lantas bagaimana caranya? Beberapa cara yang disarankan adalah dengan memasukkan artikel anda ke social bookmark yang memiliki ranking dan popularitas yang baik.

Tingkatkan frekuensi tulisan

Untuk tips yang terakhir ini sederhana sekali tetapi memegang peranan yang sangat penting. Coba kita bayangkan menjadi pengunjung website. Barangkali sebuah website itu menarik karena konten yang kita butuhkan ada di sana. Namun, apa yang bisa kita harapkan ketika website itu tidak atau jarang mengupdate isinya? Jelas kita akan membaca yang itu-itu saja, tidak ada kebaruan yang bisa kita dapatkan. Nah, dengan meningkatkan frekuensi tulisan, kita akan menawarkan hal-hal baru yang bisa membuat pengunjung banyak mendatangi website anda. Bila biasanya anda mengupdate isi website anda satu kali dalam seminggu, maka anda bisa meningkatkan pelan-pelan menjadi dua kali, tiga kali, hingga setiap hari. Maka ada banyak persiapan yang harus anda lakukan untuk mencari sumber-sumber tulisan yang menarik dan relevan untuk diposting pada website anda.

Nah, itu tadi 10 cara meningkatkan pengunjung website yang bisa kami sarankan kepada anda. Terdengar sederhana bukan? Kuncinya adalah anda melakukan hal-hal tersebut dengan konsisten. Tunjukkan kepada pengunjung bahwa website anda ini layak untuk dikunjungi setiap hari untuk memperoleh informasi yang mereka butuhkan.

Artikel Menarik

loading...

Bagaimana Pendapat Anda Tentang Artikel Diatas?