10 Bisnis tanpa Modal

Modal adalah hal utama yang harus ada ketika anda memulai bisnis anda. Namun, bagaimana kita bisa memulai bisnis tanpa modal? Tentu yang dimaksud dengan modal di sini adalah dana yang besar, alat-alat produksi massal yang lengkap, bangunan pabrik, dan sebagainya. Sebenarnya dengan alat-alat komunikasi yang anda miliki dan gunakan sekarang, serta koneksi anda dengan rekan dan dunia internet, adalah dua modal yang cukup besar untuk memulai sebuah bisnis. Masih ragu-ragu? Simak 10 ide bisnis yang bisa anda mulai dengan modal yang sangat minim berikut ini!

Reseller Dropship

Ini adalah model bisnis yang sedang marak dilakukan. Yang perlu anda lakukan adalah menawarkan barang yang diproduksi orang lain kepada calon pelanggan. Ketika ada pelanggan yang hendak membeli dan memesan lewat online, nanti perusahaan yang melakukan fungsi dropship ini mengirimkan produk mereka kepada pelanggan dengan menggunakan nama dan alamat anda. Bisnis ini memang membutuhkan kepercayaan yang tinggi antara dropship dengan reseller. Keuntungan yang anda dapatkan sebagai reseller diperoleh dari selisih dari harga dari perusahaan dengan harga yang anda tawarkan kepada pelanggan.

Event Organizer

Sebuah event pameran, launching produk, konser, pertemuan, atau event-event lain di kota tempat anda tinggal pasti ada panitia yang mengatur. Seringkali pihak yang mengadakan event tersebut tidak selalu bisa menyediakan orang-orang dari dalam perusahaan mereka untuk mengatur acara tersebut. Mereka harus meminta jasa dari pihak luar agar acara yang mereka bangun dapat berjalan dengan lancar. Ini adalah peluang besar bagi anda yang berjiwa aktif, berpikiran detil, dan pandai berorganisasi. Modal yang perlu anda miliki untuk membangun bisnis ini bisa jadi sangat kecil, asal anda memiliki koneksi yang baik dan luas dengan perusahaan-perusahaan yang menyewakan alat-alat sound system, perusahaan katering, serta perusahaan lain yang terkait dengan acara. Dalam bisnis ini, modal kepercayaan dan hasil kerja yang profesional sangat menentukan keberhasilan anda.

Wedding Organizer

Hampir semua orang sepakat bahwa mengurus pernikahan adalah hal yang menghabiskan energi. Mereka harus mengunjungi kantor agama hingga catatan sipil untuk mengurus berkas-berkas sebagai syarat pernikahan. Belum lagi ketika memikirkan resepsi yang biasanya diadakan dengan mewah dan menyangkut orang banyak. Menggunakan gedung mana, katering apa, caranya bagaimana, undangan ke siapa saja, serta urusan dokumentasi akan melelahkan bagi calon pengantin. Bisnis wedding organizer ini sangat dibutuhkan untuk mengatur semuanya. Bagi anda yang memiliki konsep dan perencanaan yang detil, serta memiliki koneksi yang luas untuk mengatur semua acara pernikahan, barangkali bisnis ini bisa anda mulai dengan modal yang kecil.

Tour Guide

Menjelang diberlakukannya Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) di penghujung tahun 2015 ini, berbagai kalangan pengusaha bisnis mulai menyiapkan dirinya untuk bersaing dengan perusahaan lain yang berasal dari negara Asean lainnya. Salah satu kekayaan Indonesia yang rentan mendapat persaingan ketat adalah pariwisata. Kekayaan budaya dan alam Indonesia sangat bernilai tinggi bagi bisnis pariwisata. Akan makin banyak wisatawan lokal maupun mancanegara yang datang ke Indonesia. Ini adalah peluang bisnis bagi anda yang fasih (atau mau belajar) berbahasa asing dan memiliki keterampilan komunikasi yang baik. Tentu yang harus anda persiapkan adalah koneksi dengan biro-biro perjalanan, dan membekali diri dengan informasi yang lengkap mengenai tempat yang akan anda tawarkan dalam paket perjalanan anda.

Review Produk

Ketika hendak membeli barang elektronik atau gadget, seseorang biasanya akan mencari terlebih dahulu informasi mengenai produk yang akan dia beli tersebut. Biasanya informasi yang dibutuhkan adalah harga, spesifikasi, kelebihan, kekurangan, dan bagaimana posisi produk tersebut dibandingkan produk pesaingnya. Nah, bagi anda yang memiliki pengetahuan di bidang ini, menjadi penulis review produk adalah peluang bisnis yang lumayan baik. Anda perlu menghubungi bagian pengiklanan dari produk tersebut untuk menuliskan reviewnya. Barangkali mereka juga membutuhkan tulisan review dari anda untuk turut memasarkan produknya.

Desain Website

Apa yang membuat sebuah website menarik untuk dikunjungi? Barangkali jawabannya adalah konten website tersebut. Namun, apa yang membuat para pengakses merasa betah untuk berlama-lama di sebuah website dan menyapu bersih semua informasi di dalamnya? Salah satu yang menentukan adalah desain website yang rapi, menarik, dan mudah diakses oleh pengguna. Bagi anda yang memiliki kemampuan membangun desain website yang baik, membuka jasa pembauatan website adalah bisnis tanpa modal yang menarik. Anda cukup menyediakan komputer yang sudah anda miliki, serta koneksi internet yang cukup. Iklankan diri anda dalam media-media sosial yang anda miliki, juga dalam forum-forum yang terkait dengan itu.

Pengisi Konten Website

Betapa pentingnya fungsi ini bagi sebuah website. Pengunjung akan masuk dan mengakses website untuk apa? Tentu saja untuk mendapatkan informasi, hiburan, motivasi, dan sebagainya. Kini sudah begitu banyak perusahaan yang membangun website, tetapi membutuhkan orang yang mampu mengisi website tersebut dengan tema-tema spesifik yang menarik. Ini adalah peluang bagi anda yang memiliki kemampuan untuk mengolah kata dengan baik.

Twitter Buzzer

Anda yang memiliki akun twitter pasti pernah mendengar istilah ini. Menurut pengamat sosial media, Jeff Staple, buzzer adalah seseorang yang didengarkan opininya, dipercayai, dan membuat orang lain bereaksi setelahnya. Seorang twitter buzzer adalah pengguna twitter yang dapat memberikan pengaruh pada orang lain hanya melalui tweet yang ia tuliskan. Mereka menuliskan tweet yang berisi tentang informasi atau rekomendasi sebuah event atau produk dari penyewa jasa twitter buzzer tersebut. Para penyewa jasa twitter buzzer kebanyakan merupakan perusahaan besar atau pemilik usaha yang ingin usahanya lebih dikenal oleh banyak orang di dunia maya. Syarat utama yang perlu anda miliki adalah populer. Anda sudah siap dengan peluang besar ini?

Fashion Blogger

Fashion blogger adalah seorang blogger yang berfokus pada tema fashion pada bahasan blognya.Blogging adalah aktivitas populer, dan para fashion blogger memanfaatkan hal ini untuk berkreasi, berekspresi, serta membagikan kepada dunia mengenai gaya fashionnya melalui suatu blog pribadi. Kini fashion blogger telah menjadi profesi yang banyak diminati kalangan muda. Kolaborasi antarapassion, fashion, dan blog, ternyata dapat memberikan keberuntungan bagi para fashion blogger. Tawaran menjadiendorserdari online shop dan brand terkenal sudah menjadi santapan sehari-hari. Modalnya selain tubuh yang ideal, paras cantik, juga kamera yang cukup baik untuk memotret.

Guru Privat

Menjadi guru barangkali adalah cita-cita mulia. Akan tetapi, menjadi guru privat pada berbagai mata pelajaran atau bahkan keterampilan berbahasa atau bermusik, adalah cita-cita mulia yang baik jika dipadukan dengan semangat berbisnis. Jika kita adalah penjual jasa dan murid anda adalah pembeli, maka anda harus memberikan pelayanan yang terbaik bagi mereka. Beberapa tips penting yang perlu dipegang adalah menjaga penampilan, menyiapkan pelajaran, menanamkan sikap dan moral, memotivasi, dan yang paling penting: menjadi teman belajar. Berbagai penelitian menunjukkan murid lebih cepat memahami ketika mereka diperlakukan lebih sebagai teman daripada sebagai murid.

Bagaimana dengan anda? Apakah anda sudah memulai bisnis anda dengan modal yang kecil? Ada baiknya dibagi di sini supaya kita semua mengerti.