10 Bisnis Sampingan untuk Karyawan

Menjadi karyawan di sebuah perusahaan adalah sebuah keputusan yang banyak diambil oleh orang-orang setelah menyelesaikan pendidikan, mungkin anda adalah salah satunya. Biasanya karyawan bekerja pada perusahaan dengan sistem kerja teratur, jam teratur, dan dengan gaji yang pada umumnya ditentukan oleh pemilik perusahaan. Jika anda masih mempunyai waktu luang di sela-sela waktu kerja, ataupun setelah jam kerja selesai, anda sebenarnya memiliki peluang untuk menjalankan bisnis sampingan. Apa saja peluang yang bisa anda ambil?

Menjadi Reseller Dropship

Secara umum bisnis ini berarti penjual (pengecer) menerima pembayaran untuk pesanan, tetapi pembeli menerima produk langsung dari produsen. Modal yang kita keluarkan hampir tidak ada, terutama ketika kita menggunakan teknologi internet untuk memasarkan produk tersebut. Modal yang kita gunakan dapat dikatakan sudah kita miliki sehari-hari seperti kamera, gadget, dan koneksi internet. Keuntungan yang didapatkan oleh reseller berasal dari selisih antara yang dia bayar ke produsen dengan yang dia jual kepada pelanggan. Jadi, reseller adalah semacam perantara dari produsen dengan pelanggan.

Admin Media Sosial

Banyak penelitian yang mengungkapkan bahwa mengakses media sosial ketika berada dalam jam kerja berpotensi menurunkan kualitas kerja anda. Namun, bagaimana bila anda benar-benar memiliki waktu luang dalam sehari meskipun bekerja sebagai karyawan? Daripada hanya menjadi silent reader atau juga mengakses hiburan saja, anda bisa mencari penghasilan tambahan dengan menjadi admin dari media sosial tertentu. Tentu saja membuka-buka media sosial ketika jam kerja sangat tidak dianjurkan, tetapi menjadi admin media sosial bisa dilakukan ketika jam istirahan ataupun selepas kerja.

Penerjemah

Bagi anda yang memiliki kemampuan bahasa asing yang mumpuni, tidak ada salahnya mencoba peluang bisnis ini. Berbagai riset menunjukkan bahwa penguasaan bahasa adalah juga soal kebiasaan seseorang menggunakan bahasa tersebut. Menerjemahkan teks adalah salah satu cara untuk terus mengasah kemampuan bahasa asing yang anda miliki. Jadi ada dua keuntungan yang anda dapatkan ketika memutuskan untuk mengambil peluang ini: kemampuan bahasa yang semakin terlatih; dan uang honor terjemahan yang bisa jadi berbeda-beda tergantung banyaknya kata, tingkat kesulitan, dan kesepakatan dengan pemberi kerja.

Membuat Kue Kreasi

Barangkali membuat kue adalah hobi yang jarang dimiliki karyawan karena keterbatasan waktu yang mereka miliki. Namun, bisnis sampingan membuat kue kreasi adalah peluang yang bisa anda tekuni, terutama bagi anda yang sebenarnya memiliki kemampuan untuk membuat kue. Tentu yang perlu dimiliki adalah kreativitas dalam menciptakan bentuk atau hiasan kue sehingga produk anda betul-betul menarik dan spesifik. Pelanggan bisa dimulai dari teman-teman kantor, yang diharapkan akan menyebar dari mulut ke mulut. Atau anda juga bisa memasarkan kue kreasi anda dengan mengunggah fotonya di akun-akun media sosial yang anda miliki.

Investasi

Saat ini begitu banyak produk investasi yang bisa anda pilih sebagai bisnis sampingan. Investasi ini bisa dilakukan pada barang-barang berharga seperti emas, atau pada produk-produk perbankan seperti deposito, reksadana, dan sebagainya. Untuk anda yang memiliki dana dan berani untuk menghadapi risiko-risiko terburuk, anda bisa mulai menyisihkan gaji anda untuk membeli saham yang ditawarkan perusahaan-perusahaan terbuka. Bahwa benar, sebelum menginvestasikan uang anda pada produk-produk perbankan, anda harus terlebih dahulu melakukan riset pada masing-masing produk untuk mengetahui secara objektif kelebihan dan kekurangan dari produk tersebut. Namun demikian, tugas tersebut bisa menjadi lebih mudah karena ada perusahaan yang memang memberikan jasa pengaturan investasi anda.

Pengajar Privat

Setelah pulang dari kantor, apa yang bisa anda lakukan? Jika anda masih memiliki waktu luang, dan anda memiliki kemampuan yang spesifik, anda bisa mengambil peluang bisnis ini. Misalnya, anda memiliki kemampuan yang lebih pada bidang matematika atau bidang musik. Setelah pulang dari kantor anda bisa menawarkan kemampuan anda itu untuk mengajar orang lain (biasanya usia anak-anak) untuk memperbaiki pemahaman mengenai matematika, atau melatih kepekaan dan keterampilan mereka dalam bermusik. Selain kemampuan, tentu modal lain adalah kecintaan pada bidang tersebut serta adanya kemauan untuk berbagi pengetahuan.

Mengelola Desain Website

Halaman web kini dibutuhkan oleh hampir semua perusahaan yang ingin produknya diketahui oleh masyarakat secara luas. Masalahnya, tidak semua orang mengetahui bagaimana cara membuat halaman web yang menarik dan mudah diakses oleh pengunjung. Jika anda memiliki waktu luang di rumah setelah pulang kerja, anda bisa mempelajari pengetahuan ini. Modal yang anda butuhkan tentu saja komputer dan koneksi internet yang digunakan untuk mengunduh bahan-bahan pelajaran membangun halaman web.

Membangun Channel Youtube

Bisnis ini baru marak beberapa tahun belakangan ketika Youtube mulai banyak diakses oleh pengguna internet. Jika anda memiliki waktu luang sebagai karyawan anda bisa saja dengan segala kreativitas yang anda miliki menciptakan video-video yang menarik bersama rekan kerja anda, misalnya. Selain bisa digunakan untuk hiburan, anda juga bisa menawarkan channel milik anda tersebut kepada Youtube untuk mendapatkan pundi-pundi dari iklan yang numpang lewat dalam channel anda.

Menjadi Penulis

Peluang yang bisa anda dapatkan dari kemampuan menulis yang anda bangun kini terbuka sangat lebar. Ketika banyak halaman web dimunculkan, ada dua yang harus diperhatikan: keindahan desain web yang mudah diakses, dan konten web yang menarik serta bermanfaat untuk dibaca. Anda bisa mengambil peluang ini di jam istirahan, ataupun di rumah ketika anda sudah menyelesaikan tugas di kantor anda. Selain itu dari beberapa informasi yang didapatkan, ada nama-nama sejumlah karyawan di perusahaan maupun kantor pemerintahan yang berhasil menerbitkan novel karya mereka.

Membuka Usaha di Rumah

Dari berbagai informasi yang ada, peluang inilah yang paling banyak dilakukan oleh karyawan sebagai bisnis sampingan. Jenis bisnis apa sajakah yang bisa dilakukan di rumah? Ada berbagai macam peluang bisnis, mulai dari hal kecil membuka warung, membangun studio musik, hingga menyewakan peralatan-peralatan pesta. Hasil dari usaha rumahan ini tidak main-main, beberapa bahkan kemudian memutuskan untuk keluar dari pekerjaannya sebagai karyawan dan memutuskan untuk menekuni bisnis yang dulunya berstatus sebagai bisnis sampingan.

Sebenarnya masih begitu banyak peluang bisnis sampingan yang bisa dilakukan oleh karyawan. Bisnis sampingan tersebut bisa dilakukan dalam dunia online maupun offline. Beberapa hal yang memang harus diperhatikan adalah, pertama, bisnis sampingan membutuhkan manajemen waktu yang tepat. Jika anda karyawan, maka prioritas utama adalah pada pekerjaan yang menjadi tugas anda. Jangan sampai bisnis sampingan ini mengganggu kinerja anda di kantor. Jika kemudian bisnis sampingan ini menjadi besar, bahkan menghasilkan pundi-pundi yang jauh lebih besar dari yang anda dapatkan di kantor, membangun bisnis yang full-time adalah keputusan yang patut didukung. Kedua, bisnis sampingan biasanya sangat berkaitan dengan minat, bakat, dan kemampuan dari karyawan sendiri. Jadi, selain menjadi karyawan, anda bisa mengembangkan bakat dan kemampuan anda sesuai minat, yang tentu saja bisa menghadirkan materi untuk menambah kemapanan finansial. Jadi, sudah siapkah anda untuk memulai bisnis sampingan?