10 Bisnis Rumahan yang Perlu Anda Tahu

Barangkali kita sering mendengar banyak orang yang mengeluh karena ingin memulai bisnis tetapi terhambat oleh keterbatasan modal berupa tempat. Padahal kalau kita berani untuk memulai, rumah adalah modal yang sangat besar untuk memulai sebuah usaha bisnis. Kita bisa mengawali dengan yang namanya bisnis rumahan sebagai batu loncatan kita untuk membuka peluang-peluang bisnis yang lain. Bisnis rumahan ini tidak harus selalu berarti hanya dikerjakan di rumah. Maksudnya adalah membangun bisnis yang berbasis rumah, hal-hal yang dekat dengan keseharian dari kita yang akan membangun bisnis. Apa saja ide usaha bisnis rumahan yang bisa kami sampaikan? Simak ide berikut ini.

Membuka Sanggar Belajar

Ada berapa anak usia sekolah di lingkungan tempat tinggal anda? Jika jumlahnya cukup banyak, anda b isa membuka peluang ini di rumah anda. Dari segi materi pengajaran, tentu untuk anda yang tidak berprofesi sebagai guru sekolah dasar atau menengah memang harus memelajari lagi apa yang sedang mereka pelajari. Sebaiknya riset terlebih dahulu mengenai metode seperti apa yang tepat untuk dilakukan kepada anak-anak tersebut. Metode pengajaran terbukti memengaruhi seberapa banyak murid menangkap apa yang disampaikan oleh pengajar. Dari tempat, sediakan saja sebuah ruang yang ditata dengan kursi dan meja untuk belajar anak-anak. Jangan lupa siapkan papan tulis sebagai bahan ajar.

Jasa Children Day Care

Jika tadi mengenai anak usia sekolah, kini mengenai jasa penitipan anak dari pagi sampai sore. Ada berapa jumlah anak-anak kecil di lingkungan anda? Peluang ini muncul karena ada dua hal. Pertama, karena biasanya kedua orangtua masih bekerja dari pagi hingga sore hari. Kedua, muncul tren bahwa mereka tidaklagi selalu bisa memercayai jasa baby sitter untuk mengasuh anak mereka yang masih bayi. Anda bisa menangkap peluang tersebut dengan membuka tempat children day care. Selain bertanggungjawab soal makanan dan keamanan dalam bermain, jasa ini juga berfungsi untuk mengenalkan anak pada dunia sosial sejak dini.

Agen Pengiriman Barang

Aktivitas bisnis online makin meningkat tajam belakangan ini. Bahkan diperkirakan transaksi pada akhir tahun 2015 ini mencapai Rp312 triliun. Tidak hanya transaksi online yang meningkat, lalu lintas pengiriman barang pun juga makin meningkat. Hal ini bisa menjadi peluang anda untuk menjadi agen pengiriman barang. Saat ini ada beberapa perusahaan ekspedisi pengiriman barang yang cukup laris dan sering digunakan untuk mengirimkan barang. Kebutuhan akan jasa ini akan selalu meningkat selama bisnis online masih terus meningkat.

Kuliner Kreasi

Bagi anda yang memiliki daya kreativitas yang berlebih, serta memiliki kemampuan untuk memproduksi makanan jadi, bisnis kuliner kreasi adalah peluang yang menarik untuk dilakukan di rumah anda. Anda bisa mencari inspirasi akan bisnis ini di internet maupun media lainnya. Saat ini makanan tidak hanya soal rasa, tapi juga soal presentasi bentuk yang unik, menarik, dan tentu saja indah. Bisnis ini ketika ditekuni bisa saja mendatangkan keuntungan yang cukup besar. Modal utamanya adalah anda menghadirkan inovasi pada produk kuliner anda. Bila perlu potretlah hasilnya dan informasikan melalui media online.

Kerajinan Tangan

Sama seperti bisnis sebelumnya, kerajinan tangan juga menjadi peluang bisnis yang luar biasa besar untuk anda yang memiliki kreativitas segudang. Kerajinan tangan ini belum tentu lalu semua dikerjakan menggunakan tangan, bisa saja menggunakan bantuan mesin jahit yang biasanya dimiliki di rumah-rumah. Selain mengangkat inovasi yang selama ini belum ada, ada baiknya kerajinan tangan yang anda buat ini memiliki konsep dan nilai lokal yang khas. Sebarkan hasil kerajinan tangan anda di media sosial lengkap dengan nilai lokalitasnya. Ini menjadi daya tarik pembeli dari daerah lain atau bahkan negara lain.

Jasa Laundry

Jasa pencucian dan penyeterikaan baju ini mulai banyak ditemukan di sekitar perumahan-perumahan. Apa artinya? Artinya, meskipun di rumah ada mesin cuci dan setrika, jasa ini masih terus dibutuhkan. Pasalnya tidak semua orang memiliki waktu yang cukup untuk mencuci, menseterika, dan menyimpan pakaiannya dengan rapi di lemari. Belum juga ditambah bila musim hujan datang dan membuat cucian mereka sulit mengering. Modal utamanya tentu saja mesin cuci, setrika, dan pewangi pakaian. Karena terkait soal jasa, maka strategi utamanya tentu saja memberikan pelayanan yang terbaik kepada pelanggan anda.

Salon dan Jasa Rias

Peluang bisnis ini biasanya dilakukan oleh para perempuan daripada laki-laki. Tentu bukan tanpa sebab, perempuan memang lebih banyak dituntut untuk berdandan dalam acara-acara formal dan upacara adat tertentu. Bagi anda yang memahami tentang dunia kecantikan atau mampu untuk merias dengan baik, peluang ini adalah peluang yang baik. Anda perlu menyediakan kursi rias dan kaca untuk membantu pelanggan. Sertakan pula jasa untuk mendatangi langsung rumah pelanggan supaya dia tidak perlu datang ke salon untuk merias bagian tubuhnya.

Katering

Berbeda dengan kuliner tadi, jasa katering juga masih menjadi peluang yang besar untuk bisnis rumahan. Modal dasar untuk bisnis ini sudah dimiliki oleh semua rumah tangga, seperti kompor dan alat masak. Anda perlu menyediakan makanan dengan varian rasa yang luas, mulai dari lokal hingga kebarat-baratan. Tentu rasanya disesuaikan dengan selera calon pelanggan anda yang berada di sekitar rumah. Untuk kerjasama, anda bisa menjalin kerja sama dengan beberapa perusahaan event organizer atau wedding organizer.

Membangun Toko Online

Tidak mudah untuk membangun website yang digunakan untuk mendisplay barang-barang dagangan anda. Namun kini ada beberapa website yang memfasilitasi anda untuk membuat akun di dalamnya, lalu anda bisa menjual apapun barang-barang yang dapat anda jual, tentu yang sesuai dengan ketentuan website-website tersebut. Model bisnisnya bisa bermacam-macam, anda bisa menjual barang produksi anda sendiri, barang bekas, ataupun menggunakan model reseller dropship yang menjualkan barang milik orang lain.

Jasa Percetakan

Industri percetakan besar mungkin saja mengalami penurunan tren akibat hadirnya e-book serta kampanye mengenai paperless. Namun, dalam skala kecil, konsumen akan masih terus membutuhkan jasa percetakan. Entah itu mencetak buku, booklet, undangan, bungkus makanan, flyer, poster, dan sebagainya. Modal utama tentu saja memiliki printer khusus yang dapat digunakan untuk mencetak ukuran besar dalam jumlah yang besar juga. Kualitas cetakan dan harga yang bersaing akan menjadi kunci utama dalam keberlangsungan bisnis ini.

Itu tadi ide mengenai 10 bisnis rumahan yang bisa anda mulai. Anda bisa memulai dengan hal yang dekat dengan diri anda. Pastikan juga anda memiliki pasar yang bisa digarap. Jangan lupa untuk selalu menggunakan teknologi internet, baik untuk riset, mencari informasi, ataupun untuk memasarkan produk dan jasa anda. Seringkali meskipun berada di dalam daerah yang sama, orang akan terlebih dahulu menemukan tempat usaha di internet, baru mereka akan mendatangi langsung untuk melakukan transaksi. Anda punya ide lain yang bisa dibagi di sini?