10 Bisnis Makanan Unik

Saat ini makanan yang lezat saja tidak cukup. Untuk memulai bisnis makanan, anda juga perlu untuk menciptakan inovasi-inovasi dalam bentuk, hiasan, tempat untuk menikmati, serta yang jarang dipikirkan oleh orang: narasi bagaimana makanan tesebut dibentuk. Adanya narasi yang ada di balik makanan membuat pelanggan merasa tidak hanya mengonsumsi makanan, tetapi juga turut mengonsumsi ide-ide menarik yang diwujudkan lewat makanan yang dia santap tersebut. Kali ini kami akan membagi 10 bisnis makanan unik yang bisa anda coba.

Keripik Daun Singkong

Ide ini diawali dengan makanan yang relatif mudah untuk dibuat, yaitu keripik. Biasanya bahan makanan yang diolah menjadi kripik adalah singkong. Caranya cukup sederhana, singkong diiris tipis-tipis, direndam dalam air yang sudah diberi bumbu, lalu digoreng. Kemudahan tersebut juga dapat anda rasakan ketika mencoba membuat keripik daun singkong. Daun singkong biasanya hanya diolah dengan cara direbus saja ataupun menjadi sayur berkuah. Kini banyak cerita pengusaha keripik daun singkong yang dibuat dengan cara yang sama. Omzetnya sehari bisa mencapai Rp1 juta. Anda tertarik?

Keripik Daun Bayam

Setelah daun singkong sukses dibikin keripik dan selalu habis dibeli oleh tengkulak maupun wisatawan, inovasi selalu berkembang ke daun-daun lain. Daun bayam adalah salah satu daun yang lalu juga dibuat keripik untuk dipasarkan di warung-warung kecil maupun warung oleh-oleh yang besar di pinggir jalan raya. Cara membuatnya sama dengan keripik daun singkong, hanya saja anda mesti melakukan beberapa kali percobaan untuk menemukan komposisi yang pas untuk membuatnya. Karakter daun yang berbeda tentu membutuhkan komposisi tepung, air, telur, dan bumbu-bumbu yang berbeda.

Keripik Bonggol Pisang

Nah, varian terakhir keripik yang kami bagi di sini adalah keripik bonggol pisang. Mengapa ini menjadi istimewa? Karena makanan ini adalah pemanfaatan bagian dari pohon pisang yang biasanya dibuang begitu saja. Kebanyakan yang dimanfaatkan dari pohon pisang adalah buah untuk dikonsumsi, jantung pisang untuk dikonsumsi, dan daun pisang untuk dijadikan bungkus makanan. Ketika pohon pisang ditebang, biasanya bagian bawah (bonggol) ditinggal begitu saja. Padahal bagian ini bisa dibuat keripik yang menghasilkan nilai ekonomi cukup tinggi. Anda tinggal perlu mencari bonggol dari pisang yang berbuah, potong tipis-tipis, hilangkan getah dengan cara direndam dalam larutan kapur sirih/baking powder, masukkan dalam adonan, lalu digoreng. Cukup sederhana untuk dilakukan, tetapi juga membutuhkan banyak pohon pisang untuk mencari bahan bakunya.

Abon Bonggol Pisang

Selain dibuat keripik, ternyata bonggol pisang dapat juga dibuat abon! Padahal biasanya abon terbuat dari daging bukan? Cara membuatnya hampir sama, pastikan bahwa kita menghilangkan getahnya dulu dengan cara direndam dalam larutan kapur sirih/baking soda. Bedanya, kalau keripik tadi diiris tipis atau diparut tipis, untuk abon ini diparut sampai lembut, baru dimasukkan bumbu-bumbu yang diperlukan. Setelah itu baru digoreng dan perlu ditiriskan minyaknya hingga benar-benar kering.

Sate/ Tongseng Jamur

Biasanya asosiasi dari kata sate atau tongseng adalah daging-daging yang diolah dengan bumbu yang sedap dan dinikmati dengan sepiring nasi panas. Namun, seiring hari kita tahu bahwa terlalu banyak makan daging juga tidak baik untuk kesehatan kita. Lalu bagaimana juga dengan kaum vegetarian yang tidak makan daging, apakah mereka tidak bisa makan sate dan tongseng? Jamur adalah alternatif bahan yang luar biasa nikmat untuk diolah menjadi sate atau tongseng. Biasanya jamur yang diolah menjadi sate adalah jamur tiram, sedangkan yang diolah menjadi tongseng adalah jamur merang. Kedua jamur ini relatif mudah diperoleh di pasaran. Cara membuatnya juga dikabarkan sama persis seperti membuat masakan berbahan dasar daging. Jadi, siapkah anda untuk menawari pelanggan dengan makanan sehat yang lezat?

Donat Ubi Jalar

Biasanya, apa bahan basar dari donat? Jika anda berpikir terigu, maka jawaban anda tepat. Tapi tahukah anda kalau Indonesia masih mengimpor terigu dan gandum dalam jumlah yang amat besar? Padahal kita tahu sendiri makanan pokok sebagian besar dari kita bukanlah roti atau olahan kedua bahan itu. Hal ini diatasi dengan melihat potensi besar yang dimiliki, misalnya di Kabupaten Gunung Kidul, Yogyakarta. Di sana banyak ditemukan ubi jalar, singkong, dan umbi-umbian lain yang paling banyak diolah menjadi gaplek saja. Padahal jika anda mau serius untuk membuatnya, ubi jalar tadi bisa anda olah dulu menjadi tepung, lalu dibuat menjadi kue donat. Hal yang anda lakukan ini benar-benar menaikkan harga jual dari ubi, serta memberikan keuntungan yang menarik bagi anda.

Kue Biji Melinjo

Pohon melinjo banyak ditemukan di pedesaan. Biji-biji yang jatuh biasanya diolah dalam sayur lodeh atau sebagian dibuat menjadi makanan ringan yang disebut emping. Bentuknya tidak besar, renyah, dan rasanya memang khas: sedikit pait tetapi pantang berhenti untuk mengunyahnya. Nah, ternyata selain dibuat emping, melinjo juga bisa diolah menjadi makanan lain yang lebih bermassa dan dapat dijadikan sebagai peluang bisnis anda. Misalnya, anda bisa membuat kastengel meinjo. Sebenarnya tidak hanya kastengel saja, tetapi kue-kue kecil lain juga bisa anda kombinasikan dengan melinjo. Dengan komposisi yang pas, serta packaging yang menarik, kue melinjo ini adalah peluang bisnis yang tepat karena dijadikan untuk oleh-oleh atau penghidang makanan di ruang tamu.

Pancake Durian

Buah berduri yang punya bau wangi menyengat? Apalagi kalau bukan duren. Tidak semua orang bisa menikmati bau duren, sedangkan banyak orang lain yang sungguh menggilai aroma dan rasa duren yang manis dan legit. Selain dimakan langsung dan dibuat minuman segar, duren rupa-rupanya juga bisa diolah menjadi pancake. Cara membuatnya juga tergolong mudah, sama seperti yang perlu dilakukan ketika membuat pancake. Beberapa produsen juga menambahkan rasa atau aroma lain selain durian, seperti vanili, tetapi duren saja juga biasanya cukup. Tips yang perlu anda pegang adalah pilihlah daging durian yang tidak terlalu lembek, sehingga nanti dapat tercampur dengan rata dengan adonan yang telah dibuat.

Dekorasi Kue

Seperti yang diungkapkan di atas, bisnis makanan adalah bukan hanya soal rasa. Bagi anda yang kreatif dan memiliki keterampilan untuk menghias, kue yang rasanya enak dan cenderung biasa saja bisa menjadi produk yang luar biasa ketika dihias dengan menarik. Artinya anda harus menemukan bahan yang tepat untuk menghias, mengeksplorasi tema-tema yang mungkin bisa dibentuk, serta tentu saja mengembangkan berbagai jenis olahan kue yang berpotensi dihias. Untuk yang satu ini anda harus memotret dengan jelas, atau minimal menggambar rancangan dekorasi anda, untuk ditawarkan kepada calon pelanggan.

Jelly Art

Nah, ini yang termasuk baru di Indonesia. Jelly art dibuat dengan cara yang biasa (pilih jelly yang transparan), tetapi kemudian dengan menggunakan semacam alat injeksi dimasukkan jelly cair yang berwarna. Dengan teknik tertentu, alat tersebut digerakkan secara manual hingga membentuk bentuk-bentuk yang mirip dengan kelopak bunga. Kombinasikan dengan warna-warna lain, maka di dalam jelly yang bening tersebut seperti tersimpan bunga yang sangat indah.

Demikian ide bisnis makanan unik yang dapat kami bagi. Di luar sana masih banyak ide yang dapat anda jadikan inspirasi. Atau anda punya ide lain yang dapat dibagi di sini? Silakan berkomentar.