10 Bisnis Kecil Untuk Mahasiswa

Usaha sampingan sudah banyak diminati dan dilakoni oleh mahasiswa sekarang ini. Menjalankan usaha tidak perlu menunggu pendidikan selesai. Kata-kata ini sangat cocok sekali untuk mahasiswa yang ingin berbisnis. Selain untuk mendapatkan uang saku tambahan, banyak mahasiswa yang melakoni usaha sampingan karena ingin belajar memulai bisnis dan mendapatkan pengalaman.

Sebenarnya bisnis dapat dilakukan siapa saja dan dimana saja, asalkan saja dengan sedikit kreatifitas untuk membaca dan mencari peluang. Namun tentunya, kita juga harus berani mengambil resiko untuk berani memulai usaha jika telah mendapatkan peluang. Dari sekian banyak bisnis, ada beberapa bisnis yang tidak membutuhkan modal terlalu besar. Bahkan ternyata, ada bisnis yang tidak perlu mengeluarkan modal. Sehingga mahasiswa tidak terbebani dengan modal untuk memulai usaha.

Bisnis untuk mahasiswa ini dapat dilakukan secara online maupun melakukannya secara langsung. Bagi mahasiswa yang lebih menyukai tantangan, bisa melakukan bisnis secara langsung. Berikut ini ada beberapa contoh bisnis yang cocok untuk mahasiswa dengan modal kecil dengan untung yang terbilang lumayan dan dapat dikerjakan di waktu senggang. Bisnis yang dapat dilakukan secara online diantaranya:

  1. Jasa Pembuatan Website

Jika anda adalah mahasiswa yang memiliki keahlian dalam membuat website, bisnis ini sangat cocok. Apalagi di era sekarang, banyak orang yang lebih memilih menggunakan website untuk menawarkan jasanya melalui website. Bahkan, tak jarang penggunaan website hanya untuk konsumsi pribadi. Maka hal ini dapat anda manfaatkan untuk menjual jasa pembuatan website dengan kualitas website yang anda tawarkan mempunyai daya tarik yang tinggi.

  1. Bisnis Online Shop

Perkembangan dunia internet semakin hari semakin berkembang, dan internet pun sudah menjadi menu wajib bagi semua kalangan. Ini merupakan kesempatan yang baik untuk memulai usaha dengan memanfaatkan internet. Banyak hal yang dapat dilakukan dengan internet, contohnya berjualan online dengan menjadi reseller/dropship dari distributor terpercaya. Dengan menjadi reseller/dropship, mahasiswa tidak perlu mengeluarkan modal banyak, hanya menyediakan media sosial sebagai media promosi. Bahkan, menjadi dropship dari supplier anda tidak perlu menyediakan tempat untuk barang yang anda pesan dari pelanggan.

  1. Jasa Penerjemah

Mengingat pertumbuhan usaha yang semakin global dan juga para usaha lintas negara, benua yang membutuhkan jasa penerjemahan kedalam bahasa asing, baik itu penerjemah secara langsung/lisan dan dokumen. Peluang usaha ini menjanjikan dan dapat dijalankan untuk mahasiswa jika jeli melihatnya. Jika mempunyai keahlian bahasa asing, mungkin cocok dengan peluang ini. Sekarang ini sangat banyak yang membutuhkan jasa penerjemahan, apalagi tahun 2015 ini adalah pasar bebas. Untuk tarif jasa penerjemah pun bervariatif, sesuai dengan kebutuhan.

  1. Bisnis Desain

Ada beberapa macam bisnis desain yang dapat dilakukan, yaitu diantaranya adalah desain logo, desain kemasan, dan desain brosur. Ide-ide kreatif mahasiswa pun bisa dituangkan menjadi sebuah desain yang kreatif kemudian dijual. Untuk memulai bisnis ini, mahasiswa bisa membuat karyanya dan kemudian di upload ke medsos. Bisnis desain dapat dilakukan di waktu-waktu senggang, apalagi saat-saat liburan semester. Pendapatan yang dihasilkan juga terbilang cukup tinggi, tergantung tingkat kesulitan sebuah desain itu sendiri.

  1. Penulis Lepas Online

Bisnis menjadi penulis lepas online banyak diminati di berbagai kalangan, asalkan mempunyai kemampuan untuk mengolah kata-kata menjadi sebuah artikel yang baik. Apalagi seorang mahasiswa, tentunya mempunyai kemampuan mengolah kata-kata yang baik dan enak dibaca agar mendapatkan penghasilan. Banyak sekali keuntungan dalam menjalankan bisnis ini, yaitu bisa bekerja sambil belajar, menambah pengetahuan, waktu kerja tidak ditetapkan, dan tentunya mendapat penghasilan yang cukup lumayan.

Selain bisnis diatas, ada beberapa bisnis yang dapat dilakukan secara langsung. Berikut beberapa contohnya:

  1. Bisnis Pulsa Elektrik

Hampir semua orang mempunyai ponsel dan zaman sekarang ponsel bukan lagi barang mewah, melainkan kebutuhan setiap individu untuk memilikinya. Apalagi sekarang sudah banyak kalangan yang menggunakan smartphone yang membutuhkan koneksi data, sehingga sangat mungkin untuk membeli pulsa dalam bentuk paket data. Kesempatan ini bisa dijadikan peluang usaha, yaitu berjualan pulsa elektrik. Bisnis jual pulsa ini tentunya tidak mengganggu aktifitas perkuliahan dan banyak sekali keuntungannya. Untuk memulainya pun tidak sulit, cukup mendaftar menjadi agen pulsa di distributor dan akan diberikan informasi tentang proses penjualannya.

  1. Menjadi Guru Privat

Bagi mahasiswa yang ingin melatih kemampuan bicara di depan publik, usaha ini dapat menjadi alternatif. Selain melatih diri dalam menyampaikan dan menguasai pendengar/orang lain, usaha ini juga dapat meraup penghasilan yang menguntungkan karena kita tidak perlu mengeluarkan modal yang besar untuk memulainya. Hanya perlu mengandalkan ilmu pengetahuan yang kita miliki. Agar usaha ini lancar, kita tidak boleh menutup diri untuk infomasi-informasi yang kita perlukan. Dalam memulai bisnis ini ada baiknya kita mengajar sesuai dengan ilmu yang kita pahami dengan baik.

  1. Jasa Pengetikan

Jasa pengetikan merupakan usaha dalam memanfaatkan penggunaan teknologi. Jika banyak dari mahasiswa yang memiliki laptop atau komputer pribadi dan ingin mendapatkan penghasilan tambahan, usaha jasa pengetikan ini bisa menjadi salah satu pilihan. Keahlian utama dari usaha ini adalah menguasai tata cara penulisan yang baik dan benar. Selain tu, pastikan pengerjaannya tidak mengganggu jadwal kuliah. Lapto atau kompter yang digunakan, tidak harus yang mahal atau bermerek, karena yang dibutuhkan hanyalah untuk mengetik. Beberapa fasilitas tambahan mungkin diperlukan, contohnya seperti internet, software tertentu, dan penyimpanan data.

  1. Bisnis Kerajinan/Handmade

Bisnis kerajinan atau handmade membutuhkan keterampilan dan ketelitian. Selain itu, kesabaran dalam melakukan finishing juga menjadi satu faktor utamamenariknya sebuah karya. Bagi mahasiswa, bisnis ini sangat asyik jika dilakukan secara kelompok, misalnya dengan teman organisasi atau teman satu kelas. Tak hanya itu, bisnis handmadebisa mnjadi kegiatan positif saat berkumpul dengan teman-teman. Lebih jauh, jika produk-produk handmade terjual laris di pasaran dan mendapatkan pemintaan yang begitu banyak, peluang untuk membangun perusahaan di bidang kerajinan akan lebih besar palagi bersama teman-teman semasa kuliah.

  1. Bisnis makanan ringan

Usaha makanan ringan bisa menjadi favorit bagi mahasiswa Karena pengolahan dan penjualanya yang tidak terlalu sulit. banyak pilihan makanan ringan yang bisa dipelajari proses pembuatanya, atau mahasiswa bisa mencoba menjadi reseller produk makanan ringan tertentu. Beberapa usaha makanan ringan yang banyak diminati biasanya makanan yang berasal dari daerah-daerah tertentu, hal tersebut karena tidak banyak konsumen yang mengetahuinya. Penjualan produk makanan ringan tidaklah terlalu sulit. Karena usaha ini dapat dimulai dengan menjual produk ke teman sekampus atau lingkungan tempat tinggal. Untuk meningkatkan pendapatan dan konsumen, ada beberapa hal yang harus dilakukan, yaitu desain dan kemasan yang baik, agar produk yang di tawarkan lebih menarik banyak konsumen. Selain itu, proses pembuatan yang bersih dan lokasi strategis dapat membuat usaha ini lebih dikenal dan di jangkau oleh konsumen.

Artikel Terkait