10 Bisnis Kecil untuk Mahasiswa

Begitu banyak pengusaha besar yang anda lihat saat ini adalah mereka yang mulai merintis usahanya sejak dalam usia yang masih sangat muda. Mereka bersekolah sambil menjalankan bisnis yang hingga kini membesarkan nama mereka. Kali ini kami akan membagi ide bisnis kecil untuk mahasiswa yang bisa menjadi inspirasimu untuk membuka bisnis yang kelak akan anda jadikan ladang emas yang tak akan habis. Namun sebelumnya, ada beberapa prinsip yang perlu anda pegang dahulu supaya anda punya arah dalam tiap keputusan bisnis anda.

Pertama, pilih yang membutuhkan dana awal paling minimal. Ketika sedang awal sekali merintis usaha anda, lebih baik anda mulai dengan dana yang ada (meski bukan seadanya!) dan jangan dulu berpikir untuk utang. Kedua, anda disarankan untuk tetap memberikan prioritas anda pada kehidupan studi anda. Ide-ide bisnis yang berdatangan coba anda pilah dan pilih, mana yang kira-kira mengembangkan diri dan keuangan anda tanpa harus mengorbankan sebagian besar waktu studi anda untuk berbisnis.

Ketiga, meskipun masih bisnis pemula, anda tetap harus mengutamakan kualitas dan pelayanan produk anda. Buatlah pelanggan merasa sepadan mengeluarkan sejumlah dan untuk membeli produk atau jasa yang anda tawarkan. Hal ini penting untuk tetap menjaga pelanggan, bahkan hingga nanti anda sudah lulus. Keempat, sebelum anda terjun ke dalam bisnis tersebut, pastikan dulu anda telah melakukan riset pasar. Tidak harus dengan cara yang rigid dan berskala besar, tapi pastikan dulu bisnis yang anda buat ini memang dibutuhkan oleh pasar dan memiliki pasar yang spesifik. Perencanaan, bagaimanapun, adalah tahapan penting yang jangan pernah satu kali pun dilompati.

Baca Juga:

Demikian beberapa prinsip yang bisa kami bagi untuk bisa anda pegang sebagai penunjuk arah anda. Kini saatnya kami membagi beberapa ide bisnis kecil untuk mahasiswa yang barangkali bisa anda mulai rencanakan segera setelah membaca artikel ini.

Melakukan Pengajaran

Anda pasti pernah mendengar kata-kata dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Anies Baswedan ?ugas setiap orang terdidik adalah mendidik.?Kata-kata itu memang muncul dalam gerakan Indonesia Mengajar yang dia inisiasi dengan menyebar para sarjana ke pelosok Indonesia untuk berbagi inspirasi. Semangat tersebut barangkali bisa anda jadikan dasar untuk bisnis kecil yang sedang anda bangun sebagai mahasiswa. Ada banyak pilihan mengajar yang bisa anda pilih, misalnya, anda bisa menawarkan diri anda sendiri secara langsung, ataukah anda bergabung dengan perusahaan. Biasanya bidang studi yang anda ajarkan sesuai dengan jurusan kuliah yang anda ambil saat ini. Selain anda bisa menjajal pengetahuan paling dasar yang anda punya, anda juga memiliki kredibilitas di mata adik-adik usia sekolah karena mendalami ilmu yang anda ajarkan kepada mereka.

Menjadi Penulis Lepas

Dengan berkembangnya produk-produk di internet, para pengelola website akan membutuhkan orang untuk mengisi website mereka dengan tulisan-tulisan yang fresh, terbaru, dan bukan sekadar copy paste dari website yang lain. Nah, anda bisa menawarkan jasa anda sebagai penulis lepas untuk mengisi konten website ini dengan tulisan yang sesuai dengan tema website tersebut. Anda hampir tidak membutuhkan modal tambahan untuk memulai bisnis ini. Mengapa? Karena modal yang anda butuhkan adalah komputer dan jaringan internet untuk mengunggah tulisan anda dalam website. Kedua hal ini sekarang seakan sudah menjadi senjata wajib yang dimiliki oleh mahasiswa untuk bertahan di tengah-tengah tugas kuliah yang anda jalani. Pastikan anda memiliki minat yang besar terhadap dunia tulis menulis, serta memiliki waktu yang cukup luang untuk menambah pengetahuan dengan membaca.

Membuat Majalah

Meskipun kini sudah begitu banyak artikel yang dapat diakses melalui gadget yang makin beragam, orang-orang tetap membutuhkan dan merindukan bentuk fisik dari informasi yang akan mereka pilih. Maka selain menjadi penulis lepas pada website tertentu, anda bisa juga membangun sebuah majalah yang menarik untuk dibaca. Contoh paling konkrit yang bisa anda jadikan ide bisnis adalah majalah (atau buletin kecil) mengenai suatu hal yang spesifik, misalnya, tentang tempat-tempat pariwisata di kota tempat anda tinggal. Untuk dapat menulis dengan baik, anda perlu bekerja sama dengan teman-teman anda yang suka traveling, atau langsung saja bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan jasa wisata untuk mendapatkan data. Majalah anda tersebut nanti bisa dipasarkan melalui jasa wisata tersebut. Pastikan ulasan dan panduan wisata yang anda tulis ini mengandung informasi yang sangat dibutuhkan oleh para wisatawan.

Membangun Website

Bagi anda yang jago dalam urusan koding mengkoding dalam bahasa pemrograman, anda bisa menawarkan jasa membangun desain sebuah website bagi perusahaan-perusahaan yang sedang merintis usahanya. Peluang ini cukup besar karena beberapa hal. Pertama, seakan sudah menjadi patokan bahwa tiap perusahaan saat ini bisa dinyatakan sahih kalau sudah memiliki website. Kedua, seringkali kualitas disain dan isi website menjadi salah satu komponen tolok ukur kualitas perusahaan anda. Nah, maka akan dibutuhkan orang-orang yang mampu membangun disain website yang rapi, mudah diakses, dan memungkinkan pengunjung untuk berinteraksi dengan mudah di dalamnya.

Menjual Produk Bekas

Ini adalah peluang bisnis kecil untuk mahasiswa yang paling banyak dilakukan oleh perempuan. Biasanya yang dijual adalah pakaian-pakaian bekas yang masih sangat pantas untuk dikenakan, tentu yang didapatkan dengan harga sangat miring. Bisnis ini sempat terpuruk beberapa tahun lalu karena isu bahwa pakaian bekas yang didatangkan dari negara tetangga ini bisa jadi mengandung bakteri dan virus berbahaya bagi kesehatan kita. Untuk itu ada beberapa tips yang bisa anda pegang sebelum terjun dalam bisnis ini. Pertama, pastikan anda sudah mensterilkan pakaian bekas yang anda jual itu dengan dicuci dalam air panas, menggunakan sabun khusus untuk steril, dan sebagainya. Kedua, anda bisa mengemas dan menentukan produk pakaian bekas seperti apa yang anda jual. Pedagang besar biasanya akan pukul rata, sedangkan anda bisa secara spesifik, misalnya, hanya menjual pakaian bekas dengan merek-merek berkelas saja.

Membangun Event Organizer

Bagi anda yang sangat aktif, haus berorganisasi, dan memiliki akses pergaulan yang luas, anda bisa berpikir untuk membangun perusahaan event organizer. Tugas anda sebagai event organizer adalah mengorganisasikan seluruh rangkaian acara mulai dari perencanaan, persiapan, eksekusi hingga evaluasi dalam rangka mewujudkan tujuan yang diharapkan klien untuk acara. Nah, bagaimana prospek bisnis ini? Relatif besar, terutama ketika anda tinggal di kota yang memiliki instansi-instansi yang memiliki keterbatasan SDM dalam mengadakan suatu acara dalam instansi mereka. Posisi event organizer ini adalah sebagai solusi business partner, bukanlah pelayan, seperti yang selama ini banyak dipahami oleh orang-orang di luar. Maka fungsinya adalah membantu memikirkan keputusan yang terbaik bagi event yang sedang dijalankan klien.

Membuat Kreasi Kerajinan Tangan

Kritik dari industri pabrikan saat ini adalah mematikan kreativitas. Mengapa? Barang yang sama dibuat dan direproduksi hingga ratusan atau bahkan ribuan kali. Demi menghemat pengeluaran juga suatu barang itu diproduksi dengan varian warna yang terbatas, pokoknya jadi dengan baik dan laris di pasaran. Akibatnya, sebuah barang tidak memiliki nilai seni dan kekhasan tersendiri. Bagi anda yang memiliki kreativitas tinggi, jiwa seni yang hidup, kemampuan disain yang melebihi rata-rata, serta tangan yang terampil, tidak ada salahnya untuk mencoba peluang ini. Anda bisa memproduksi berbagai macam produk kerajinan tangan seperti dompet, boneka, tas kecil, gantungan kunci, atau apapun yang bisa anda produksi, minimal dalam bentuk disain.

Menawarkan Jasa Fotografer-Videografer

Meskipun harga kamera pocket maupun profesional sudah makin terjangkau, tidak setiap orang bisa menghasilkan kualitas foto yang baik. Foto yang baik tidak hanya dihasilkan dari kamera yang baik, tetapi juga dari kemampuan fotografer untuk membentuk komposisi gambar yang cerdas, sudut pengambilan yang tepat, dan momen yang pas. Anda yang sudah memiliki kemampuan fotografi bisa menawarkan jasa anda untuk menjadi fotografer dan videografer dalam acara-acara seperti seminar, wisuda, pertemuan atau rapat, hingga pernikahan. Modal yang anda butuhkan bisa jadi nol sama sekali, karena saat ini jasa sewa kamera sudah marak ditemukan di mana-mana.

Sablon Kaos

Untuk bisnis yang satu ini, banyak mahasiswa yang sudah sangat mengenal bagaimana cara kerjanya. Bisnis ini sudah banyak dilakukan oleh mahasiswa sejak bertahun-tahun lalu. Mengapa? Karena peminat masih tinggi. Pertama, mahasiswa pasti membutuhkan kaos sebagai pakaian sehari-hari. Kedua, mahasiswa bagaimanapun senang untuk menunjukkan identitas mereka; apakah itu sebagai mahasiswa kampus tertentu atau tentang organisasi yang mereka dukung/ikuti. Pastikan sebelum anda memulai bisnis ini, anda menemukan tempat yang pas untuk berbelanja kaos polos yang mungkin anda butuhkan dalam jumlah besar. Kedua, pastikan sablonan anda memuaskan, tidak lengket, dan tidak mudah hancur ketika dicuci berkali-kali.

Menjadi Reseller Produk

Media sosial bukanlah tempat untuk mencurahkan hati saja. Sebagai mahasiswa, perilaku yang demikian sudah layak berhenti semenjak masa remaja tanggung anda berakhir. Selain bisa digunakan untuk membagi informasi yang berguna, media sosial juga bisa anda gunakan sebagai warung anda untuk menjual berbagai macam produk. Anda tidak perlu memiliki produk itu secara langsung, bisa jadi itu produk milik orang lain, tetapi anda yang menjualkannya. Maka modal yang dibutuhkan adalah gadget dan jaringan internet, seperti yang selama ini telah ada. Satu hal yang perlu anda perhatikan adalah jaga kesopanan dalam dunia maya ketika anda hendak menawarkan produk tersebut. Hal ini seringkali dikritik oleh para pemilik akun jejaring sosial yang merasa terganggu oleh frekuensi penawaran yang terlalu sering.

Nah, itu tadi beberapa ide bisnis kecil untuk mahasiswa yang bisa anda jadikan inspirasi. Hampir semua bisa dilakukan setelah anda selesai membaca artikel ini. Maka selamat merencanakan dengan matang dan segera mengeksekusi ide bisnis anda.