Usaha Dengan Modal di Bawah Satu Juta Rupiah

Di jaman sekarang di mana harga yang selalu naik dan berubah-ubah hampir setiap hari, siapa yang tidak ingin berusaha? Untuk menyiasati keadaan seperti sekarang ini alangkah baiknya tidak hanya mengandalkan penghasilan dari satu sumber saja, mengingat kebutuhan tidak hanya untuk sehari-hari saja.

Memang untuk saat ini untuk berusaha selalu dibutuhkan uang yang lebih untuk menjalankan suatu usaha, tetapi juga perlu diingat, bahwa modal terutama dalam bentuk uang bukan syarat utama untuk menjalankannya. Keterampilan yang Anda miliki serta semangatyang tinggi untuk berusaha saja sudah merupakan modal yang sangat penting. Pada prinsipnya, dalam berusaha adalah bagaimana cara Anda untuk menggandakan modal awal yang dimiliki.

Untuk usaha di bawah Rp. 1 juta, ada beberapa yang bisa dilakukan. Baik barang maupun jasa. Untuk usaha di bidang jasa antara lain kursus musik, penitipan anak, bimbingan belajar. Sedangkan untuk usaha dalam bentuk barang bisa saja Anda menjual produk pangan seperti gorengan, kerupuk dari produsen dalam bentuk setengah jadi dan Anda tinggal menggoreng, atau dengan menjual pulsa elektronik.

Usaha yang menggunakan modal yang terbatas bisa dilakukan oleh semua orang, asalkan ada kemauan dan semangat yang tinggi untuk menjalankannya. Usaha seperti ini sebaiknya dilakukan di rumah. Anda tinggal melihat saja apa yang dibutuhkan untuk menjalankannya karena biaya bisa lebih ditekan. Untuk usaha dalam bidang barang, yang lebih diperlukan adalah kejelian dalam mengatur modal, sebab Anda dituntut bagaimana modal yang digunakan bisa berputar dan kembali dalam jangka waktu tertentu.

Sedangkan untuk bidang jasa yang diperlukan adalah keterampilan yang Anda miliki. Seperti penitipan anak, Anda harus mengetahui cara momong anak dan juga merawat anak. Sebab penitipan anak tidak hanya 1 atau 2 jam, melainkan sejak anak pulang sekolah hingga orang tua pulang kerja. Selain itu yang perlu diingat untuk bidang usaha jasa, Anda mesti bisa membangun jaringan agar usaha yang Anda jalankan cepat dikenal.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk memulai usaha dengan modal di bawah Rp. 1 juta:
1. Hindari sewa tempat.
Usaha yang baru berjalan masih membutuhkan beberapa pembenahan terutama untuk promosi. Dengan modal yang terbatas, alangkah baiknya Anda menggunakan sarana yang telah dimiliki. Contohnya jual gorengan, Anda bisa menggunakan rumah sebagai tempat jualan. Selain itu Anda juga tidak perlu membeli peralatan masak lagi, karena Anda bisa menggunakan yang sudah ada di rumah. Jadi pengeluaran bisa dihemat.
2. Utamakan kerja sama daripada menggaji karyawan
Maksudnya Anda tidak perlu menggunakan jasa orang lain dulu. Bila tempat usaha di rumah, Anda bisa meminta bantuan anggota keluarga seperti anak. Apabila memang harus menggaji mereka dengan menggunakan modal yang ada, tetapi dengan system bagi hasil. Hal ini baik untuk usaha di bidang jasa, karena yang lebih diutamakan adalah kerja sama.
3. Pilih konsep waktu yang tepat untuk usaha
Waktu yang dimaksud adalah usaha yang Anda jalankan di saat apa. Seperti usaha penitipan anak. Berarti waktunya adalah pada saat orang sedang ke kantor. Untuk usaha jual gorengan atau makanan, siang atau sore. Bila usaha dilakukan di rumah, biasanya antara pagi atau sore.

Dengan modal yang terbatas, Anda tidak musti harus menjadi pelaku usaha. Anda juga bisa menjadi perantara untuk usaha orang lain. Seperti yang dijelaskan di atas, untuk usaha di bidang jasa yang lebih diperlukan adalah kerja sama.

Perhitungan modal. Yang harus diperhatikan dalam usaha yang bergerak di bidang barang adalah bahan baku dan biaya transportasi pada saat pembelian. Apabila ANda sudah bisa mengkalkulasi besarnya biaya yang dibutuhkan untuk produksi satu hari, Anda harus mempersiapkan dana untuk produksi selanjutnya sebanyak enam kali lipat. Saat pertama kali Anda memproduksi barang, pilihlah produk yang paling dicari konsumen. Dan jumlah variasi tidak usah terlalu banyak agar biaya bahan baku tidak terlalu besar. Selamat mencoba! ( Sandra Metta HS)

Leave a Reply