Tips Berdagang untuk Pemula

Untuk mendapatkan penghasilan tambahan paling mudah adalah berdagang kecil-kecilan dengan modal sedikit ataupun berhutang dari bank atau kerabat. Paling sederhana dan tidak menghabiskan waktu adalah berdagang dengan menitipkan barang dagangan kita di toko orang atau tempat umum lainnya.

Untuk memulai usaha dagang sederhana langkah yang harus dilakukan adalah:
1. Tentukan konsumen yang akan kita jangkau. Hal ini sangat penting, karena kalau tidak punya sasaran yang sempit kita akan bingung menentukan barang yang akan dijual.

2. Tentukan jenis barang apa yang kira-kira laku di komunitas tertentu, sehingga usaha yang kita lakukan tidaklah sia-sia.

3. Hitung modal yang diperlukan, kalau uang tabungan kita masih kurang untuk berdagang, kita dapat meminjam uang dari keluarga, teman atau kerabat lainnya. Kenapa tidak dengan Bank? Karena jangka waktu untuk pembayaran dari keluarga, teman atau kerabat lainnya masih bisa dikompromikan, hal ini dilakukan untuk berjaga-jaga apabila usaha dagang kita tidak lancar.

4. Tentukan tempat berdagang dilakukan. Masalah tempat “menggelar” barang dagangan jangan pikirkan secara sempit di jaman sekarang. Sekarang ini, kita dapat menggelar barang dagangan kita di dunia maya juga, jadi jangan lupakan hal ini. Bila dibuat daftarnya kira-kira tempat berdagang yang dapat dipilih adalah:
• Berjualan di rumah sendiri. Tanpa modal sewa dan gunakan peralatan-peralatan yang ada. Untuk tenaga kerja bisa minta tolong suami/istri atau sanak keluarga yang tinggal di rumah dan tidak bekerja untuk melayani pembeli. Contoh usaha yang cocok dengan tempat ini adalah rumah makan, warung, kedai jus, toko aksesoris wanita, toko baju, jualan voucher, dsb.
• Menitip di toko/warung tetangga atau orang lain, biasanya disebut dengan konsinyasi. Jadi kita tidak perlu menyewa toko, meluangkan waktu melayani pembeli, dan menyediakan peralatan sendiri. Dalam hal ini kita hanya memberikan komisi atau pemilik toko/warung menjual dengan harga yang lebih tinggi dari kita kasih, sehingga pemilik toko/warung dapat untung dari selisih harganya. Contoh dagangan yang cocok dengan tempat ini adalah makanan kecil / snack, baju, minuman, aksesoris wanita, voucher, dsb.
• Membawa barang dagangan ke tempat kita bekerja. Hal ini dapat dilakukan apabila tidak ada aturan resmi yang membatasi karyawan untuk melakukan jual beli di luar konteks dari kantor. Cara ini biasanya dilakukan dengan cara promosi dari mulut ke mulut. Pembeli akan langsung datang ke kita apabila tertarik. Contoh barang dagangan yang cocok di tempat ini adalah makanan, baju, aksesoris wanita, parfum, voucher, dsb.
• Menggunakan media internet. Cara ini paling mudah untuk menjangkau orang di luar lingkungan kita, karena internet itu bersifat umum dan semua orang darimana pun bisa menggunakannya. Bagi orang awam yang tidak bisa mendesign web sederhana, dapat melakukannya dengan menawarkan barang dagangan di website-website komunitas. Contohnya friendster, multiply, facebook, yahoo groups, dsb. Caranya mudah, yaitu masukkan foto-foto produk kita, dan jangan lupa buat kalimat penawaran di profil kita di website komunitas tersebut. Bagi seorang yang professional dalam membuat web sederhana, maka dapat membuat web yang berisi penawaran kita kepada konsumen beserta foto contoh produknya. Kemudian web kita dapat diluncurkan di host server  (penyedia tempat web) yang gratis, seperti Google, dan penyedia Blog gratis. Dengan media internet tentunya jangan lupa cantumkan Contact Person, Alamat dan Telepon yang bisa dihubungi, dan juga Area/Daerah/Kota yang kita dapat layani.

Dengan langkah-langkah ini, tentunya kita dapat memanfaatkan sumber daya (modal, tenaga, pikiran, media) semaksimal mungkin, sehingga pengeluaran-pengeluaran yang besar untuk sewa tempat, rekrut karyawan dapat dikurangi. Bagi pemula yang bekerja di perusahaan mungkin kalau berhenti bekerja dan langsung berdagang tentunya tidak bisa langsung berhasil. Oleh karena itu dengan bekerja di tempat bekerja sekarang dan berdagang kecil-kecilan bisa menghasilkan pendapatan yang lebih besar dari biasanya.

Dengan tips ini diharapkan para pembaca bisa tetap bekerja di pekerjaannya masing-masing sambil berjualan kecil-kecilan, karena waktu untuk berjualan diserahkan kepada orang lain, dan kita hanya menerima hasilnya saja. Selamat mencoba! (Hans Christopher G)

Leave a Reply