Prospek Investasi Emas Tahun 2013

Goldman Sachs Group Inc. menurunkan prakiraan harga emas akan menurun di tahun 2014 karena adanya aksi penjualan yang dipercepat sehingga harga pembelian asset dikurangi oleh Federal Reserve AS.

Bank memangkas target akhir tahun 2013 ini menjadi 1.300 US Dollar per ons dari sebelumnya yaitu 1.435 US Dollar, dan juga menurunkan prediksi harganya akan menurun di akhir tahun 2014. Asumsi investor sebelumnya semakin dipertajam karena adanya pelonggaran kuantitaif dan dana Fed meningkat lebih cepat dari perkiraan ekonom bank, menurut analis Damien Courvalin dan Jeffrey Currie dalam sebuah laporan yang lalu.

Harga emas juga telah terlihat menurun tajam di awal bulan Juli ini dari tingkat tertingginya. Para pedagang emas spekulatif telah mengalami kekecewaan terhadap menurunnya harga emas ini. Emas telah menukik tajam ke bawah sebanyak 23 persen pada tahun ini, hampir dikatakan serupa dengan penurunan emas terbesar di tahun 1981. Harga ini mulai merosot ke angka terendah sejak September 2010 sampai pekan lalu setelah ketua Federal Reserve, Ben S. Bernanke mengatakan bahwa bank sentral bisa memperlambat program pembelian obligasinya jika ekonomi AS terus mengalami perbaikan.

Dalam laporan yang berjudul β€œIn Gold We Trust 2013”, dikatakan bahwa sebelumnya tidak pernah ada eksperimen kebijakan moneter sebesar ini yang melanda seluruh dunia. Jika pernah ada suatu kebutuhan akan asuransi moneter, sekaranglah saatnya. Dalam laporan ini juga diungkapkan bahwa suku bunga negatif masih akan diantisipasi dalam waktu dekat. Laporan ini memprediksikan Federal Reserve, Bank of Japan, Bank of England dan European Central Bank akan tetap mempertahankan suku bunga pada tingkat terendah – dan secara historis, ada ikatan kuat antara rata-rata suku bunga negatif dan harga emas.

Pada bulan April, ketika emas memasuki pasar terbesar, sebuah kegilaan pembelian dari Cina ke India, dan AS mengikuti penurunan harga terbesar dalam 30 tahun, mendorong harga naik lebih dari $ 150 per ons. Rusia dan Korea Selatan termasuk di antara negara-negara yang menambahkan emas untuk cadangan tahun ini, setelah bank-bank sentral di seluruh dunia membeli 534,6 ton tahun lalu, terbesar sejak 1964, menurut perkiraan Gold Council Dunia.

“Kami terus berharap bahwa terus membeli emas bank sentral tidak akan cukup untuk mengimbangi penurunan harga ini,” kata para analis. “Selanjutnya, kami harapkan penurunan ini harga bertepatan dengan meningkatnya permintaan perhiasan, yang kita anggap sebagai harga responsif dan bukan pengaturan harga.”

Emas BUKANLAH tempat yang aman dari apa pun. Telah kita saksikan penurunan harga emas sebesar 45% tahun ini. Keuntungan Anda dalam spekulasi emas hanya didasarkan pada berapa banyak Anda membayar dan berapa harga yang Anda jual. Dengan kata lain, emas adalah kategori investasi lain. Yang tidak untuk membeli dan disimpan oleh para investor karena komoditas ini secara berkala melonjak dan kemudian jatuh. Emas terutama bagi para pedagang.

 

Leave a Reply