10 cara mendapatkan penghasilan tambahan

Di jaman yang susah ini kita harus pandai-pandai mencari penghasilan tambahan. Ada banyak cara yang bisa anda coba untuk memperoleh penghasilan tambahan. Berikut 10 cara yang bisa anda coba:

  1. Jika mempunyai pengalaman unik atau tips-tips yang layak di bagi, anda dapat memcoba membuat blog dan di blog itu bisa di pasangkan iklan. Yang harus di pikirkan adalah bagaimana menulis yang menarik dan memasarkan blog tersebut sehingga banyak orang yang membacanya. Jika blog sudah ramai (pengunjung diatas 1000 orang per bulan) anda dapat mencoba menjual space iklan. Kuncinya adalah memiliki blog yang ramai oleh pengunjung.
  2. Jika ada space kosong di rumah, cobalah mencoba membuka warung kecil-kecilan yang menjual barang-barang kebutuhan sehari-hari. Jika istri tidak bekerja anda bisa memintanya untuk menjaga warung sambil mengurus anak. Siapa tahu nanti warungnya bisa dikembangkan menjadi besar.
  3. Jika mempunyai uang berlebih, bisa di investasikan pada reksadana. Sebagai pemula kita sebaiknya memilih reksadana dengan tingkat resiko yang rendah yaitu reksadana pendapatan tetap. Saat ini kita dapat memperoleh sekitar 0.5-1% per bulan dari reksadana pendapatan tetap. Untuk mengetahui lebih lanjut dapat di sini.
  4. Jual keahlian yang dimiliki, misalnya jika jago bahasa Inggris bisa memulai bisnis jasa menterjemahkan dokumen. Jika jago mengajar anda bisa memberikan kursus pada malam hari. Atau jika mempunyai keahlian dalam design, cobalah menjual jasa design logo atau brosur.
  5. Menjadi makelar merupakan cara yang mudah untuk mencari penghasilan tambahan. Mungkin ada teman yang ingin menjual rumah atau mobil dan kita kenal dengan orang yang ingin membelinya, anda pertemukan mereka dan mendapatkan komisi. Menjadi agen asuransi part-time juga patut dicoba.
  6. Barang-barang yang bekas yang tidak berguna lagi dapat dijual untuk memperoleh penghasilan tambahan. Misalnya bagi para wanita setelah berkeluarga, mereka dapat menjual sepatu atau tas yang tidak terpakai lagi atau menjual baju yang kesempitan.
  7. Jika suka menulis dan ingin berbagi pengalaman, cobalah menulis suatu artikel dan mengirimkannya ke koran atau majalah. Anda bisa mendapatkan Rp 500.000,- atau lebih untuk satu artikel yang dimuat. Contoh artikel yang populer di tulis antara lain yang mengenai keuangan, kesehatan, hukum, social dan travelling.
  8. Apabila hobi masak, maka itu juga dapat dijadikan bisnis. Anda bisa membuka warung kecil dan menjual aneka macam kue, atau dapat juga membuka usaha katering. Yang sedang popular saat ini adalah bisnis menyediakan sarapan dan makanan bayi.
  9. Membuka toko online bisa juga menjadi sumber penghasilan tambahan. Saat ini ada sudah bisa membuat toko online dengan Rp 500.000,-. Caranya dengan membeli barang secara offline dan menjualnya ke luar daerah atau memakai sistem dropship, dimana pesanan dari customer langsung di oper ke supplier yang akan langsung mengirimkannya ke customer. Jadi anda hanya menerima pembayaran dan uangnya langsung di bayarkan ke supplier.
  10. Jika ada mobil nganggur, anda dapat mencoba menyewakannya. Tapi hati-hati jangan sampai mobilnya hilang. Pertimbangkan untuk membeli GPS tracker untuk mobil yang disewakan sehingga mempermudah pelacakan.

Satu cara lagi yang ampuh untuk memperoleh penghasilan tambahan adalah dengan cara berhemat. Pertama-tama tulislah daftar pengeluaran bulanan anda. Jika belum punya, cobalah membuatnya mulai bulan ini. Berdasarkan daftar pengeluaran tersebut, kita dapat mengambil keputusan untuk mengurangi beberapa pengeluaran tersebut yang sesungguhnya tidak perlu. Misalnya dari pada makan diluar tiap minggu, kita bisa mencoba untuk memasak dirumah sesekali. Jangan lupa penghematan adalah penghasilan tambahan.

Leave a Reply